Dangmerdu – Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru guna memutus sebaran dari wabah Covid-19, saat ini terus menunjukkan hasil. Terbukti, dengan ditetapkannya Ibukota Provinsi Riau masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di level 1.

“Ya, ini merupakan dari hasil evaluasi yang sudah dilakukan oleh Satgas Covid-19 Nasional terhadap pelaksanaan sebelumnya PPKM level 2, Alhamdulillah Kota Pekanbaru sekarang sudah memenuhi kriteria masuk ke kategori PPKM level 1,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Pekanbaru Bapak Drs. H. Syoffaizal, M.Si, pada Selasa (23/11).

Diterangkannya, dalam penetapan status PPKM level 1 bagi wilayah Kota Bertuah itu sudah sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 61 Tahun 2021 tentang PPKM level 3, level 2 dan level 1 juga mengoptimalkan posko dari penanganan Covid-19 yang ada di tingkat desa dan kelurahan dalam pengendalian penyebaran wabah Covid-19 yang ada di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

“Berdasarkan Inmendagri ini, ada dua wilayah daerah yang ada di Riau yang saat ini mendapatkan status PPKM level 1 yaitu Kota Pekanbaru dan Kota Dumai,” jelas Syoffaizal.

Sementara itu untuk jadwal dalam penerapan PPKM level 1 ini sendiri, disebutkan oleh pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala BPKAD ini, akan kami umumkan secara resmi langsung oleh Wakil Walikota H. Ayat Cahyadi, S.Si usai dari rapat evaluasi PPKM level 2 pada siang ini.

Baca juga: Pemerintah Kota Pekanbaru Sudah Siap Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru

“Nantinya pak wawa yang akan umumkan jadwal dari perpanjangannya,” ucap Syoffaizal.

Lebih jauh ini juga disampaikannya, meski saat ini kota Pekanbaru telah berstatus level 1, namun pemerintah kota akan terus mengingatkan dan menghimbau kembali warga agar selalu tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk pencegahan Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Kita saat ini tidak boleh lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. Kalau kita sampai lengah, tidak menutup kemungkinan lagi akan terjadinya gelombang lanjutan dari sebaran wabah Covid-19,” ujarnya.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama patuhi protokol kesehatan (prokes) dan ikut menjalani vaksinasi. Karena dengan protokol kesehatan dan vaksinasi adalah merupakan kunci utama yang ada dalam menekan dan memutus rantai dari sebaran wabah Covid-19,” tutup Syoffaizal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here