Resmi Diperkenalkan, New Yamaha TMAX 2021 Dengan Beragam Perubahan
Resmi Diperkenalkan, New Yamaha TMAX 2021 Dengan Beragam Perubahan

Jagoan baru dari Yamaha meluncur dengan model pembaruan terhadap big matik keluarannya, yaitu TMAX Tech dan TMAX 2022. Sayangnya, motor tersebut baru hadir untuk pasar Eropa diketahui pula jika motor tersebut mendapatkan ubahan yang cukup besar pada bagian desainnya, konstruksi pada bagian kaki-kaki, rangka dan beberapa tambahan fitur canggih lainnya.

Dikutib berdasarkan Visordown, dimana kalau Yamaha TMAX terlahir dari tahun 2001 yang lalu kemudian dapat sambutan yang baik oleh konsumen di Eropa, bahkan menjadi skuter sport paling laris sepanjang dua dekade. Pabrikan kemudian melakukan revisi terhadap TMAX menjadi langkah yang tepat dalam memberikan pengalaman yang premium untuk para pecinta motor tersebut.

Baca juga : Hyundai Siap Menyapa Masa Depan Dengan Platform E-GMP

Untuk ubahan terhadap desainnya, secara keseluruhan DNA paa TMAX yang tampak sporty dan juga agresif tetap terlihat. Sebagai bentuk dari pembaruan yang ada, motor tersebut telah di sematkan dengan model lampu yang berbeda dengan tampilan yang atraktif juga tajam. Tersedia pula dua saluran udara yang berada pada bagian bawah lampu depannya sehingga dapat mengurangi tekanan angin ketika melaju dengan kecepatan yang tinggi.

Resmi Diperkenalkan, New Yamaha TMAX 2021 Dengan Beragam Perubahan
Resmi Diperkenalkan, New Yamaha TMAX 2021 Dengan Beragam Perubahan

Untuk bagian sasisnya juga dikatakan telah menggunakan kontruksi yang berbeda dengan bahan aluminium. Dimana akan terasa lebih ringan, dengan menggunakan frame tersebut memiliki efek pada handling motor yang akan semakin lebih baik.

Dikatakan pula jika sasis tersebut juga memperbaiki posisi dalam berkendara yang akan menjadi lebih maju. Hal tersebut yang akan membuat pengendara mendapatkan posisi yang cukup ideal, ergonomis dan menjadi lebih rileks dalan perjalanan ketika melaju dengan kecepatan tinggi atau saat berjalan menikung.

Berikutnya terdapat perbaikan pada bagian windscreen yang letaknya menjadi lebih tegak, sehingga fungsi untuk menghalau angin akan menjadi lebih maksimal yang memberikan kenyamanan saat berkendara menjadi lebih baik.

Kemudian pada bagian kaki-kakinya mendapat perubahan yang sangat signifikan. Dimana Yamaha TMAX 2022 diketahui menggunakan velg Spin Forged dengan ukuran 10 inci yang terasa lebih ringan dengan ban Bridgestone dengan model Battlax SC2, tipe dari ban tersebut memang menjadi standar dari TMAX model terdahulunya.

Untuk urusan suspensi pada bagian depannya masih menggunakan upside down dengan ukuran 41 mm. Dijelaskan pula jika terdapat perubahan terhadap pengaturan suspensi dan berdampak terhadap kegesitan dan juga meningkatkan gaya radam jika berada di berbagai medan jalan. Suspensi pada bagian depan kemudian di kombinasikan dengan suspensi monoshock pada bagian belakang dengan horizontal type linkage.

Mengenai fiturnya sendiri, motor tersebut sudah di sematkan dengan teknologi dan juga fitur yang sangat modern. Dengan dihadrikannya panel instrumen model TFT dengan ukuran 7 inci kemudian dapat dikoneksikan dengan smartphone, tak lupa pula koneksi GPS Garmin via bluetooth, USB dan juga WiFi dimana semuanya dapat dikontrol menggunakan pengaturan joystick pada stang sebelah kiri.

https://dangmerdu.com/2021/11/25/hyundai-siap-menyapa-masa-depan-dengan-platform-e-gmp/
https://dangmerdu.com/2021/11/25/hyundai-siap-menyapa-masa-depan-dengan-platform-e-gmp/

Fitur lainnya masih sama dengan pendahulunya seperti D-Mode dan electric adjustable windcree yang masih tersedia pada edisi terbaru dari Yamaha TMAX.

Mesin Yamaha TMAX 2022

Cukup disayangkan untuk mesin yang disematkan oleh pabrikan yang mana masih menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya. Mesin yang disematkan pada TMAX 2022 jenis DOHC 530 cc dengan 2 silinder menggunakan 8 katup, pendingin cairan serta pengabut injeksi. Berdasarkan pantauan jika tenaga yang dimiliki maksimal mencapai 57 daya kuda dengan torsi puncak mencapai 55,7 Nm.

Untuk edisi terbarunya, terdapat penyegaran pada Yamaha TMAX dengan 3 pilihan warna yaitu Icon Blue, Yellow dan Sword Grey. Untuk TMAX Tech sendiri di hadirkan dengan 2 pilihan kelir yaitu Power Grey dan Dark Petrol.

Untuk saat ini belum dapat dipastikan berapa harga yang di tawarkan oleh Yamaha untuk model terbarunya. Berdadarkan informasi yang didapat, harga dari motor tersebut baru akan di ungkapkan pada pertengahan tahun 2022 yang kabarnya akan di jual terlebih dahulu untuk pasar Eropa. Walau demikian, diperkirakan jika harga yang harus dikeluarkan untuk dapat memiliki motor tersebut sekitar 12 ribu Poundsterling atau sekitar Rp. 229 juta.

Cukup menarik kehadiran dari New Yamaha TMAX edisi terbarunya untuk pasar di Indonesia. Sebagaimana diketahui jika YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing). Yang telah menjadikan TMAC DX530 sebagai motor matic premium dengan kubikasi mesin yang besar hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here