Dangmerdu – Relokasi bagi pedagang yang berada di badan Jalan Agus Salim sudah sejak 2 tahun yang lalu direncanakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Dalam tahun ini juga pemerintah sudah lakukan sosialisasi kepada pedagang agar mengosongkan tempat itu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Bapak Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan langsung, mulai sejak Agustus yang lalu, Disperindag juga intens selalu lakukan sosialisasi.

“Sejak 2 tahun yang lalu sudah kami berikan peringatan kepada para pedagang agar segera pindah ke tempat yang telah kami siapkan. Kita juga beri himbauan, mulai dari Agustus kita intens melakukan sosialisasi agar seger berpindah,” kata Ingot, pada Jumat (19/11).

Beberapa minggu yang lalu Disperindag juga sudah langsung mengedarkan surat untuk verifikasi ke pedagang Agus Salim. Instansi itu juga meminta pedagang untuk mendaftar dan kembalikan kembali ke disperindag agar tau berapa jumlah dari pedagang.

Baca juga: Walikota Tinjau Langsung Progres Pembangunan Masjid Islamic Center di Tenayan Raya

“Tapi ternyata yang mengembalikan itu sedikit. Sebelum hari penertiban itu tiba, jumlahnya masih tertampung didalam pasar rakyat. Soal penertiban ini, sudah ada peringatan satu, dua dan tiga kali hingga perintah dapat membongkar secara mandiri lapak,” jelasnya.

Hari ini, kata dia, sudah ramai para pedagang yang datang ke posko untuk minta ditempatkan. “Hari ini juga kita intens verifikasi untuk penempatan para pedagan. Kami tegaskan kembali ke pedagang dan sudah tau soal penertiban ini,” tegasnya.

Lanjutnya, Disperindag saat ini masih membuka posko agar seluruh pedagang yang ada bisa menempati lapak yang sudah disediakan. Di pasar rakyat, diakuinya saat ini memang sudah tidak tertampung lagi. Namun, masih ada opsi yang lain sebagai solusi bagi para pedagang.

“Ada, saat ini kami masih membuka posko bagi penempatan para pedagang. Kalaupun saat nanti ada yang tidak tertampung, kita akan relokasi mereka ke lokasi setelah Jalan Cengkeh arah Ahmad Yani. Pak wali juga menyampaikan tidak ingin ada pedagang yang tidak bisa berjualan,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here