Dangmerdu – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, saat ini sudah mulai menerapkan penggunaan dari aplikasi PeduliLindungi untuk bisa masuk ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) beserta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Penerapan dari aplikasi PeduliLindungi tersebut juga merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor 21 Tahun 2021 yaitu tentang Penguatan dari Protokol Kesehatan Dalam Tata Kelola Instansi Pemerintah pada Masa Pandemi Covid-19.

“Untuk memastikan agar penerapan protokol kesehatan ini khususnya yang ada di instansi pemerintah agar terus berlanjut dan gunanya untuk mengantisipasi perkembangan covid, makanya kita saat ini juga harus menerapkan itu (PeduliLindungi) di sini (MPP),” ujar dari Sekretaris DPM-PTSP Kota Pekanbaru Bapak F Rudi Misdian, pada Rabu (17/11).

Dengan dilakukannya penerapan aplikasi PeduliLindungi ini, kata dia, setiap warga atau pengunjung yang sudah datang dan berurusan khususnya ke MPP DPM-PTSP akan terdata. Sehingga dapat memudahkan pemerintah kota dalam melakukan upaya pencegahan dan penanganan wabah covid-19 ini.

Baca juga: Delapan Kecamatan Yang Ada di Kota Pekanbaru Sudah Berstatus Zona Hijau

“Jadi siapapun yang sekarang datang ke Mal Pelayanan Publik Pekanbaru, itu semuanya terdata. Minimal terdata guna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Sehingga kalau pengunjung terpapar, itu memudahkan kita dalam melakukan pelacakan kontak karena saat ini kita sudah tau dia berurusan kemana dan dengan siapa,” paparnya.

Meski demikian juga diterangkan Rudi jika dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi ini untuk masuk ke MPP belum bisa diterapkan secara penuh.

“Saat ini kita masih dalam tahap sosialisasi, karena sekarang kita tau bahwa tidak semua orang juga yang sudah melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Lebih jauh juga disampaikan oleh Rudi, guna memudahkan warga dalam pemakaian aplikasi PeduliLindungi ini ada sejumlah petugas yaitu dari personel Satpol PP yang sudah ditempatkan berada di pintu masuk MPP DPM-PTSP dan MPP Disdukcapil.

“Nanti warga atau pengunjung bisa langsung bertanya kepada petugas kami bagaimana cara melakukan scan barcode pada aplikasi PeduliLindungi. Kalau saat itu belum punya, maka mereka bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google PlayStore atau App Store,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here