DangmerduPara pelaku industri usaha saat ini dihimbau agar mendaftarkan merek dagangnya. Agar, merek dagang mereka itu tak dicaplok orang lain di masa yang akan datang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru Ibu Masriah, pada Selasa (16/11), menyampaikan, dalam membangun sebuah merek dagang bagi suatu usaha bukanlah perihal yang cukup mudah, namun dibutuhkan usaha, waktu, dan modal yang juga tidak sedikit. Hal ini dilakukan demi membangun dari citra produk ataupun merek yang kuat di masyarakat umum.

“Akan menjadi tidak adil apabila merek yang sudah dibangun dengan susah payah dapat ditiru oleh pelaku usaha yang sekarang banyak tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Baca juga: Walikota Terus Mengingatkan Agar Warga Buang Sampah Tepat Waktu

Pelaku usaha saat ini membutuhkan perlindungan hukum atas merek yang sudah mereka bangun. Agar, para pelaku usaha ini terhindar dari penggunaan merek tanpa hak yang selalu dapat merugikan dari pemilik sebelumnya.

“Untuk memperoleh hak perlindungan hukum ini, pelaku usaha juga harus mendaftarkan mereknya. Bagi usaha ekonomi kreatif saat ini sudah ada 80 pelaku usaha yang sudah mengurus hak kekayaan intelektual (HKI),” diungkapkan langsung Masriah.

Hal ini dikarenakan prinsip yang sudah digunakan HKI adalah konstitutif. Artinya, dalam perlindungan itu baru bisa diberikan jikalau merek dagang itu sudah di daftarkan di pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here