Dangmerdu Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T., M.T, selalu terus mengingatkan kepada warga agar selalu bisa membuang sampahnya ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) tepat waktu yaitu dimulai dar pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Hal ini disampaikan oleh walikota, dalam menyikapi masih adanya ditemukan tumpukan-tumpukan sampah yang ada di sejumlah TPS.

“Memang saat ini masih ada terjadi penumpukan sampah di TPS yang semestinya itu pada jam tertentu sudah dibersihkan. Tapi karena warga kita yang masih belum disiplin saat ini dalam membuang sampah di TPS, sehingga sampah-sampah yang baru dikeluarkan dari rumah atau dari lingkungan, itu setelah mobil pengangkutan sampah selesai mengangkut,” ucapnya, pada Selasa (16/11).

“Karena itu, kita selalu mengingatkan warga kita untuk bisa membuang sampah tepat waktu. Dikarenakan kendaraan dari angkutan tidak setiap waktu ada,” ulasnya.

Baca juga: Sejumlah PNS dari Pemko Pekanbaru Terima Satyalancana Karya Satya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Di samping itu, walikota juga selalu menghimbau kepada warga untuk selalu memberi informasi jika ada ditemukannya tumpukan sampah di luar TPS dan tidak kunjung diangkut.

“Jadi kalau misalnya ada tumpukan sampah di luar TPS dan itu sudah berhari-hari, foto dan bisa laporkan melalui saluran-saluran medsos pemko agar bisa segera ditindaklanjuti oleh petugas,” tutupnya.

Berdasarkan Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 134 Tahun 2018 dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2014 saat ini tentang Pengelolaan Sampah, saat ini warga hanya diperbolehkan membuang sampah di TPS yaitu mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Kemudian dari itu bagi warga yang kedapatan melanggar, dalam perda yang sudah dimaksud dan disebutkan bisa dikenakan sanksi administrasi yaitu berupa pembayaran denda minimal sejumlah Rp250 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here