Di Balik Desain All New Xenia Perjuangan Apa Yang Dilakukan Daihatsu Indonesia
Di Balik Desain All New Xenia Perjuangan Apa Yang Dilakukan Daihatsu Indonesia

Seri terbaru dari Daihatsu Xenia terlihat benar-benr berbeda dari pendahulunya. Tak hanya desain yang terlihat lebih menawan mobil tersebut juga dibangun dengan platform yang baru, transmisi CVT dan skema gerak roda depan. Tim Research and Development dari PT Astra Daihatsu Motor yang merancang mobil tersebut pun menjelaskan bagaimana proses pembangunan dari The Next Level kendaraan yang dikenal dengan “mobil sejuta umat.”

Sebagaimana telah kita ketahui dua generasi sebelumnya telah beredar kurang lebih 18 tahun lamanya, dengan konsep yang dibilang uzur. Beberapa perubahan yang dilakukan pun terlihat pada tampilannya saja. Setelah para kompetitor datang seperti Honda Mobilio, Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga dan yang terakhir Mitsubishi Xpander yang menjadikan peralihan selera dari para konsumen. Kemudian Daihatsu merasa tertantang untuk segera menyiapkan desain untuk low MPV yang disesuaikan untuk kebutuhan masyarakat pada masa kini.

Di Balik Desain All New Xenia Perjuangan Apa Yang Dilakukan Daihatsu Indonesia
Di Balik Desain All New Xenia
Perjuangan Apa Yang Dilakukan Daihatsu Indonesia

Proses desain untuk Xenia sendiri sudah dimulai dari tahun 2018 yang lalu, berselang satu tahun sejak Mitsubishi melansir Xpander. Medddy Hamdhani selaku Regional Chief Engineer Daihatsu Motor Corporation menceritakan saat konfrensi pers di acara GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Jika di awal 2018 telah dilakukannya studi pasar agar diketahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dari surver tersebut kemudian tim berangkat menuju Jepang untuk mendevelop mobil tersebut bersama dengan tim yang ada disana.

Konsep dari desain yang di tampilkan memiliki pendekatan yang cukup unik dibandingan seri terdahulunya. Mark Wijaya selaku Styling Desain R&D Center dari PT ADM turut menjelaskan pada kesempatan yang sama, dimana desain Xenia kali ini lebih mengedepankan unsur sleek terhadap bodinya. Tersajinya komposisi mobil yang sangat efisien tanpa harus mengorbankan kenyamanan ruang yang ada. Sehingga dimensi dari mobil akan terlihat lebih panjang, tetapi atap menjadi lebih rendah.

Sempat menuai perdebatan pada ruang diskusi bersama prinsipal. Karena, dari beberapa proposal yang telah diajukan mengenai desain, atap yang lebih tinggi merupakan konsep awal yang diinginkan sebelumnya. Mark menuturkan, jika atap yang terlihat lebih tinggi mobil tak akan terlihat proposional sehingga ban menjadi terlihat lebih kecil walau velg yang digunakan adalah ring 16 inci.

Di Balik Desain All New Xenia Perjuangan Apa Yang Dilakukan Daihatsu Indonesia
Di Balik Desain All New Xenia
Perjuangan Apa Yang Dilakukan Daihatsu Indonesia

Hendrayadi Lestiyoso selaku pihak yang memiliki tugas untuk menjual mobil tersebut juga ikut dilibatkan dalam proses tersebut. Yang juga meragukan desain awal tersebut apabila ditampilkan ke publik.

Desain awal dari Xenia terbaru tersebut dirasa akan sulit untuk dipasarkan, hingga akhirnya DMC dapat menerima masukan yang telah disampaikan. Kemudian bersama tim dari desain ADM dan juga AI-DSO yang mencoba meyakinkan prinsipal sehingga rancangan yang di ajukan tersebut dapat terealisasi.

Melalui proses tersebut maka terlahirlah All New Daihatsu Xenia yang dapat di saksikan saat ini. Memiliki karakter yang jauh lebih kuat dan shoulder line yang tegas dan fascia tampil atraktif. Atapnya pun terlihat lebih pipih dan juga sleek, serta kabin yang terlihat lebih nyaman.

Anjar Rosjadi selaku R&D Product Planning Division Head menjelaskan jika Platform yang diterapkan oleh All New Xenia berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang merupakan platform terbaru dari Daihatsu setelah dikembangkan dengan konsep yang memiliki kualitas tinggi serta harga yang terjangkau, dengan teknologi terkini dan diperhatikannya hingga ke detail yang kecil baik berat, ukuran, harga juga waktu sehingga terciptanya kendaraan yang lebih efisien.

Sesuai dengan tagline dari All New Xenia “Xenia Sahabat Keluarga” menjadi harapan besar untuk dapat diterima oleh keluarga di Indonesia dan dapat meneruskan kesuksesannya sebagai kendaraan low MPV yang menjadi pilihan utama, dan mampu memberikan kontribusi yang positif pula untuk pasar otomotif di Indonesia, Ungkap Anjar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here