Mini 10th Anniversary Edition Sapa Pengunjung di GIIAS 2021
Mini 10th Anniversary Edition Sapa Pengunjung di GIIAS 2021

Kehadiran Mini Indonesia di ajang GIIAS 2021  menampilkan edisi khusus ulang tahun pada model Mini Cooper. Mini Anniverary Edition sebagai penanda bahwa sudah 10 tahun Mini Indonesia berada di Tanah Air.

Mini Anniversry Edition sendiri adalah wujud penghormatan terhadap mendiang John Cooper yang telah memberikan nilai Motorsport yang sangat kuat pada brand tersebut di era 1960an. Pada edisi khusus terdapat beberapa varian model Mini yaitu Cooper 2-Door, Mini Jhon Cooper Works dan Mini Cooper S 3-Door. Di produksi terbatas hanya 740 unit saja secara global. Dari jumlah unit tersebut mengacu pada nomer 74, dimana saat itu nomer tersebut dikenakan oleh Mini Cooper klasik yang mensukseskan penampilannya pada trek balapan pertamanya. Hanya 15 unit yang akan tersedia di Indonesia dengan 3 varian model dari Mini Anniversary Edition.

Dengan tema #BIGLOVE yang berwarna tema tersebut dihadirkan pada pameran di GIIAS, yang menekankan dinamika yang menarik diberikan oleh merek yang lahir di tahun 1959 tersebut. #BIGLOVE merupakan ekspresi dari keragaman yang menyambut pemikiran dan juga ide-ide segar dari mana pun itu.

Baca juga : Siap Tantang Fortuner Dan Pajero Sport, All New Isuzu mu-X 4×4 Tapil Percaya Diri

Bersama Mini dan Cooper Family nuansa sejarah dapat ditemukan baik itu dari segi eksterior dan  juga interior dari kendaraan tersebut. Warna yang ditawarkan British Racing Green metalic, seperti warna mobil balap yang diciptakan oleh John pertama kali. Sebagai alternatif lain juga ada varian Midnight Black metalic, untuk warna bodi Rebel Green dan Chili Red juga tersedia pada Miini John Cooper Works. Dengan atap semua lapisan cat dipadukan, gagang pintu, penutup kaca spion luar dan ringlight di depan juga belakang dengan warna putih. Elemen trim eksterior yang lainnya juga di berikan di Piano Black high gloss.

Mini 10th Anniversary Edition Sapa Pengunjung di GIIAS 2021
Mini 10th Anniversary Edition Sapa Pengunjung di GIIAS 2021

Fitur eksterior lainnya juga dilengkapi oleh garis-garis kap mesin yang berwarna putih serta garis aksen merah,  serta nomer 74 turut menempel pada kap mesin dan juga pintu sebagai pengingat awal karir dari motorsport yang dimenangkan oleh Mini Cooper klasik pada lintasan balap.

Mini Anniversary Edition telah memadukan John Cooper Works Trim membawa fitur yang eksklusif hingga kesan sporty yang dipadukan dengan sejarahnya. Seperti velg alloy yang ringan, suspensi dengan peredam frequency selective.

Untuk logo “COOPER’ sendiri bisa ditemukan pada trim door sill, pilar C, side scuttles juga pada tengah roda pada kemudi.

Perlengkapan dari interior pada edisi kali ini juga termasuk jok sport John Cooper Works dengan balutan kulit carbon black/dinamica, headliner dengan warna yang antrasit, set pedal yang stainless steel, serta trim interior yang dibalut high gloss Piano Black. Logo asli John Cooper berupa cincin merah turut menghiasi tutup kompartemen pada bagasi dan juga permukaan pada interior bagian sisi penumpang. Pada sisi pengemudi, interior yang ditampilkan adalah tanda tangan John, Charlie Cooper dan Mike. Dimana pada bagian kusen pintu pengendara terdapat lambang beserta tanda tangan John Cooper.

Sebagai standar paket Driving Assistant turut disematkan, dimana paket tersebut juga mencakup sistem yang berbasis kamera yang dapat mengetahui juga melaporkan batas dari kecepatan, agar dapat meningkatkan keselamatan saat berada di jalan raya. Jika bepergian dimalam hari Asisten Digital Hight-Beam juga sangat berguna dengan Adaptive LED Matrix Headlights (tersedia pada varian JCW). Sistem peringatan tabrakan dan juga peringatan pejalan kaki yang memiliki fungsi pengeraman city sehingga pengendara dimudahkan saat melintas dijalanan kota. Parking Assistant juga menawarkan kenyamanan dengan maksimal untuk mencari serta menggunakan tempat parkir dan kamera mundur juga untuk memberikan pandangan yang lebih baik lagi kepada pengendaranya.

Mini 10th Anniversary Edition Sapa Pengunjung di GIIAS 2021
Mini 10th Anniversary Edition Sapa Pengunjung di GIIAS 2021

Inovasi lainnya juga termasuk kontrol kecepatannya serta jarak berbasis kamera (person & Approach Control Warning) yang mana fungsinya untuk membantu pengemudi untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan lain secara otomatis apabila diaktifkannya sistem grafis peringatan dan juga aktivasi pengeraman. Saat berkendara di malam hari lampu depan yang sudah digital memberikan kontribusi pada saat kondisi visual yang optimal. Fungsi dari kamera untuk memindai lalu lintas yang mendekat juga kendaraan yang ada didepannya. Peralihan lampu depan yang secara otomatis meredup untuk menghindari gangguan pengemudi yang lain.

Untuk John Cooper sendiri yang lahir 98 tahun yang lalu dimana namanya telah dikenal dengan kesuksesannya di dunia balap baik Formula 1 sampai dengan Rally. Pada September 1961 Mini Cooper Mk1 diluncurkan yang menghadirkan kemenangan hingga model John Cooper Works saat ini. Dan kini Mini merayakan kebesaran nama tersebut dengan mengenang John yang meninggal pada tahun 2000 kemudian menghadirkan edisi khusus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here