Cara Merawat Honda Smart Key System Agar Teteap Awet
Cara Merawat Honda Smart Key System Agar Teteap Awet

Semakin berkembangnya teknologi, keyless atau anak kunci tak lagi dipakai oleh beberapa sepeda motor. Honda sendiri menyebutnya dengan Smart Key, fitur tersebut memberikan kemudahan bagi para pencintanya.

Ada beberapa tips yang harus anda ketahui bagaimana cara merawat dan menggunakan Smart Key ini agar tetap awet dan dapat digunakan lebih optimal lagi, sehingga dapat mendukung kegiatan berkendara.

  1. Astra Honda Motor (AHM) memproduksi motor petamanya yaitu Honda PCX dengan menggunakan Honda Smart Key System ke pasar domestic, lalu diikuti oleh model lainnya. Motor Honda yang laris dipasaran pun mengandalkan Honda Smart Key Sistem sebagai salah satu keunggulannya. Fitur canggih tersebut dapat kita temukan pada Honda Vario 150, ADV150, PCX160, Scoopy, sepeda motor hybrid, skutik listrik, Honda PCX e:HEV, Honda PCX Electric, juga skutik pemium yang turut dipasarkan di Indonesia seperti Forza, Big Bike Honda hingga motor premium retro Honda Super Club 125, X-ADV,Honda Goldwing dan CBR1000RR-R Firebland.

Dilengkapi dengan fitur yang canggih Smart Key System sangat membantu konsumen untuk mengoprasikan sepeda motor tanpa menggunakan anak kunci lagi, seperti fitur answer back system dan juga anti thief alarm. Answer back system itu merupakan fitur untuk menemukan posisi speda motor tersebut dan memberitahu kalau fungsi immobilizer yang ada pada system Honda Smart Key tersebut telah aktif. Sedangkan untuk fitur anti thief berfungsi untuk mengantisipasi apabila terjadi pencurian. Jika system tersebut sudah aktif kemudian sensor mendeteksi ada suatu gerakan atau getaran pada sepeda motor, maka alaram berbunyi disertai dengan lampu sein yang berkedip.

Baca juga : Pilihan Mobil Bekas Terbaik Dengan Harga Rp. 60 Jutaan

Disematkannya fitur canggih tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman terhadap pengguna sepeda motor pastinya. Yang perlu diketahui oleh para pengenda adalah, bagaimana cara penggunaan dan perawatan yang tepat agar penggunaanya dapat optimal.

Berikut adalah tips bagaimana menggunakan dan merawat Honda Smart Key dengan baik :

Hindari Dari Tekanan Berlebihi

Tekanan yang berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada remot smart key. Saat mnggunakan remot tersebut tekanlah tombol dengan sewajarnya  dan juga hindari remot tersebut dari benturan yang keras.

Pastikan Tetap Kering

Apabila remot basah atau terkena air, pastikan dikeringkan segera sebelum digunakan kembali. Sebab, air yang masuk kedalam sela-sela remot tersebut dapat menimbulkan kerusakan aikibat hubungan arus pendek listrik. Dan pastikan pula saat mengeringkannya, jangn terelalu lama terpapar oleh sinar mata hari karena dapat merusak komponen tersebut.

Jangan Meletakkan Remot di Bagasi

Pastikan remot selalu melekat pada diri anda, jangan pernah tinggalkan remot di bagasi motor atau disembarang tempat yang dapat tertinggal sehingga motor dapat dioperasikan oleh orang lain. Biasakan untuk meletakkannya didalam tas atau saku agar mengurangi resiko hilangnya remot dari jangkauan.

Jauhkan Dari Radiasi Elektromagnet

Benda-benda seperti TV, Radio, Komputer/Laptop dan Handpone dapat memancarkan gelombang yang bisa berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remot Smart Key System, untuk antisipasi sebaiknya dijauhkan.

Simpan dan Rahasiakan ID Tag

Fungsi dari ID tag untuk mengoperasikan sepeda motor dalam keadaan darurat jadi, simpanlah ID Tag tersebut dengan baik dan jangan memberikan kode ID tersebut kepada orang lain. Apabila Honda Smart Key Sistem hilang dibutuhkan registrasi tambahan begitupun jika Smart Control Unit diganti dan meregistrasi immobilizer ID.

Smart Key Cadangan Simpan Saja di Rumah

Cukup bawa satu Smart Key Saja saat berkendara, mengapa? Jika smart key tersebut hilang, masih ada cadangannya dirumah.

Pastikan Posisi Remote Off Saat Tidak Digunakan

Agar sinyal yang terhubung antara Smart Key terputus, pastikan jika sudah sampai tujuan speda motor di kunci setang dan remot posisi dalam keadaan off.

Tetap pastikan selalu saat menggunakan Honda Smart Key System dengan benar, sehingga keamanan dan kenyamanan tetap terjaga saat anda berkendara. Dan apabila terdapat kendala dalam mengoprasikan Smart Key System, disarankan untuk segeralah kunjungi bengkel resmi  AHASS terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here