Review dan Sinopsis Film Perempuan Tanah Jahanam

DANG MERDU – Perempuan Tanah Jahanam adalah salah satu film bergenre horor terbaik Indonesia. Selain menyajikan kisah horor, film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini juga memberikan unsur-unsur budaya Indonesia didalamnya. Nilai-nilai kebudayaan dalam film ini bisa dilihat terlihat dari tutur bahasa para pemainnya. Disamping itu, rumah-rumah yang menjadi setting tempat di film ini juga menjadi ikon yang menunjukkan budaya Indonesia.

Bukan hanya sebagai sutradara, Joko Anwar juga merupakan penulis naskah Perempuan Tanah Jahanam. Selain sebagai sutradara handal, ia juga dikenal sebagai seorang penulis berbakat. Ada beberapa tulisannya yang pernah diubah menjadi film. Misalnya, film Orang Kaya Baru, Stip dan Pensil, Jakarta Undercover, Quickie Express, Fiksi, sampai dengan Arisan, semua naskahnya ditulis oleh sang sutradara.

Film ini juga diproduksi oleh CJ EnM. CJ EnM adalah sebuah perusahaan media massa dan hiburan yang berasal dari Korea Selatan milik CJ Group. Sebelumnya, perusahaan ini juga pernah membantu Joko Anwar dalam pendistribusian film Pengabdi Setan.

Perempuan Tanah Jahanam juga berhasil mendapatkan sejumlah prestasi. Film ini telah berhasil memenangkan Piala Citra untuk kategori Film Terbaik.
dalam Festival Film Indonesia 2020. Joko Anwar juga memperoleh penghargaan sebagai sutradara terbaik melaui film tersebut. Film horor ini juga berhasil menjadi pemenang Film AsiTerbaik kategori Méliès International Festivals Federation (MIFF). Dari pada penasaran yuk simak sinopsisnya berikut ini:

Perempuan Tanah Jahanam berisi kisah perjuang hidup yang dilakukan oleh Maya dan Dini. Dua orang sahabat ini mecoba bertahan hidup di kota dengan bekerja petugas gerbang tol. Mereka berdua hanya mempunyai satu sama lain. Kehidupan yang mereka jalani memang tidak pernah mudah serta selalu menghadapi kegagalan. Disisi lain, insiden penyerangan yang telah dialami Maya ketika bekerja ternyata membawanya ke sesi baru kehidupannya.

Baca Juga: Simak dengan Baik Review Serial You Season 3 Ini!

Ia memperoleh informasi bahwa mungkin ia mempunyai warisan yang ditinggalkan oleh keluarga di kampung asalnya. Setelah mendengar hal tersebut, Maya dan Dini kemudian bertekad untuk datang ke kampung tempat asalnya dulu, yakni Desa Harjosari. Sesampainya di sana, Maya dan Dini hanya menemukan sebuah rumah kosong dengan ukuran besar dan tampak menyeramkan. Selain itu, desa itu pun juga terlihat aneh dan tidak wajar, sebab disana ada begitu banyak makam anak-anak. Warga desa juga terlihat tidak senang dengan kehadiran Maya dan Dini.

Suatu ketika saat Maya ingin mencari makan, dua warga suruhan Ki Saptadi mendatangi Dini. Ia adalah kepala desa sekaligus dalang yang terkenal di desa tersebut. Mereka kemudian mengatakan bahwa rumah besar yang ditempati tersebut merupakan milik pewaris yang bernama Rahayu.

Tanpa berfikir panjang, Dini akhirnya mengaku bahwa dirinya adalah Rahayu. Tapi sayangnya, sebenarnya mereka telah menjebak Dini dan kemudian ia malah dibunuh secara kejam oleh Nyi Misni (ibu dari Ki Saptadi). Dini dibunuh dengan cara yang sadis kemudian tubuhnya dikuliti dan kulitnya tersebut dijadikan sebagai wayang kulit. Pembunuhan tersebut dilakukan sebagai bentuk ritual untuk menghilangkan kutukan yang menimpa desa tersebut.

Ternyata, Rahayu yang dimaksud sebenarnya adalah Maya. Ia merasa sangat marah, tapi ia juga tidak bisa berbuat banyak terlebih sesduah mengetahui bahwa Dini telah dibunuh sebab mengaku sebagai dirinya.

Apakah Maya bisa melarikan diri dari desa Jahanam tersebut? Apakah ia akan berhasil melawan kegilaan Nyi Misni yang sebenarnya adalah neneknya? Saksikan kelanjutan kisah Perempuan Tanah Jahanam Tayang di Netflix 1 Oktober 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here