Asal Pilih Tempat Tambal Ban Mobil, Bisa Berakibat Fatal
Asal Pilih Tempat Tambal Ban Mobil, Bisa Berakibat Fatal

Sebagai bentuk antisipasi khususnya pengendara mobil harus tau seperti apa tempat tambal ban yang baik atau yang tidak baik apabila suatu saat mengalami kebocoran ban di malam hari, dimana jika malam agak sedikit sulit ditemukannya tempat tambal ban tersedia.
Berbeda dengan siang hari, sedikit sulit untuk mengetahui seperti apa tempat tambal ban yang dirasa benar – benar meyakinkan. Sebab, tak sedikit kasus ditemukannya oknum yang mengatas namakan tambal ban yang memanfaatkan situasi melakukan hal yang tidak terpuji atau bahkan sampai melakukan tindak kriminal.
Pastinya kita tidak ingin hal tersebut terjadi. Maka dari itu, jika dalam keadaan yang cukup mendesak kita harus benar-benar paham mana tempat tambal ban yang bisa dipercaya.

Perhatikan Prosedur Tambal Ban Mobil yg Digunakan

Pada umumnya, tempat tambal ban itu sudah memiliki beberapa prosedur tersendiri dalam melakukan penambalan. Biasanya ada tiga metode yang kerap digunakan untuk menambal ban seperti tire seal string, patch dan plug and patch.

Tire Seal String

metode ini adalah metode yang cukup sering kita temui,dengan bentuk menyerupai cacing yang berwarna merah dengan bahan yang mirip karet. Prosedur seperti ini digunakan untuk menambal ban tubeless caranya dengan memasukkan benda seperti jarum kelubang yang bocor kemudian benda yang seperti cacing tadi dimasukkan menggunakan alat yang mirip jarum kemudian dipotong menggunakan gunting apabila karet yang dimasukkan tersebut terlihat lebih panjang dari tapak ban. Tetapi untuk model Tire Seal String sendiri tidak banyak disarankan oleh beberapa produsen ban, dengan alasan dapat merusak ban. Sebab, saat pembesaran lubang kebocoran yang tadinya kecil untuk memasukkan karet tersebut bisa merusak lapisan kawat di bagian tapak ban.
Untuk harga, biasanya dipatok perlubang kebocoran berkisar Rp.20 sampai dengan Rp. 25 ribu.

Baca juga : Begini Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Tetap Awet

Patch

Sama dengan metode sebelumnya, Patch adalah metode yang cukup mudah ditemui di beberapa tempat tambal ban. Mungkin anda pasti sudah pernah melihat proses penambalan menggunakan metode seperti ini (path).
Metode yang satu ini tampak menggunakan karet dengan bentuk layaknya isolasi dengan warna hitam dan umumnya ban yang ditambal menggunakan metode ini masih menggunakan ban dalam.
Dengan cara ban dalam yang harus dikeluarkan sebelumnya, kemudian bagian luar ban dalam yang bocor tersebut ditutup dengan patch tersebut kemudian di lem. Berikutnya ban yang sudah direkatkan oleh patch kemudian dipanaskan hingga beberapa menit.
Prosedur seperti ini sangat mudah ditemui, bahkan hampir disetiap tempat tambal ban pasti menggunakan cara ini untuk menambal ban yang masih menggunakan ban dalam.
Untuk harga, metode ini mematok harga yang terbilang cukup murah berkisar diantara Rp. 15 ribu sampai dengan Rp.25 ribuan perlubang.

Plug and Patch

Berbeda dengan metode sebelumnya, Plug and Patch adalah salah satu cara yang masih terbilang agak langka diterapkan oleh beberapa tempat tambal ban. Seperti contoh, proses penambalan ban tersebut memakai karet yang bentuknya mirip payung. Dimana pada bagian bawah ada pula bagian kawat yg berlapiskan karet, dan bagian atasnya meiliki bentuk yang menyerupai topi yang terbuat dari benda yang mirip dengan karet.
Untuk cara pengaplikasiannya, bagian yang mirip dengan topi cukup ditusukkan ke ban yang bocor, kemudian sebagai tahapan akhir akan diberikan lem yang khusus agar tidak ada lagi kebocoran.
Keunggulan dari prosedur seperti ini (plug and patch) justru diakui lebih banyak disarankan tapi, harga yang dibutuhkan untuk melakukan metode tersebut terbilang cukup mahal dan jarang tempat tambal ban memiliki barang tersebut. Untuk produk tersebut saja dibeberapa toko online dijual dengan harga berkisar Rp. 30 ribu sampai dengan Rp.300 ribuan.

Kiat Memilih Tempat Tambal Ban

Ada bebera tips untuk memilih tempat tambal ban dimalam hari jika keadaan memang mendesak agar tidak menjadi korban dari oknum yang hanya memanfaatkan situasi.

Perhatikan Sekitar Lokasi

Pastikan untuk mencari tempat tambal ban yang disara cukup aman seperti terlihat tidak jauh dari warga sekitar, tempat yang tidak minim cahaya, atau lokasi yang berdekatan dengan toko. Dan jika tidak menemukan lokasi lain yg dirasa aman pastikan untuk menyimpan barang berharga ditempan yang aman agar tidak mengundang kejahatan.

Lihat Cara Menambal

Tidak ada salahnya jika kita ikut memperhatikan saat melakukan penambalan, dengan alasan agar konsumen kembali lagi ada beberapa oknum yang melakukan penambalan dengan sembarang dengan hasil yang tidak meuaskan.
Perhatikan Konsumen yang Datang
Jika dalam waktu yang sangat singkat ada beberapa orang mengalami hal yang sama (bocor ban) maka kita patut curiga pada tempat tersebut, bisa jadi jalanan memang sengaja dipasang ranjau. Secara logika dengan waktu yang singkat sudah berdatangan pengendara dengan kasus yang sama.

Tanya Harga

Tak sedikit orang yang hendak menabal ban menanyakan harga terlebih dahulu, alhasil diwaktu tertentu ada saja oknum yang memamfaatkan situasi dengan menaikkan harga sesukanya.
Sebagai solusi, untuk tidak lupa menyiapkan ban cadangan dimana dalam keadaan mendesak ban tersebut bisa digunakan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here