Menikmati Keindahan Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri
Menikmati Keindahan Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri

Hal yang akan anda rasakan saat berada didalam sebuah masjid megah yang berada di kawasan meruyung Depok adalah rasa takjuk yang berdecak dalam hati, karena keindahan dan kemegahan yang disajikan oleh bangunan sebuah masjid. Masjid ini berdiri kokoh dengan kubah emas dan halaman taman yang sangat luas, membuat masjid ini terasa berbeda dari dangunan lainnya.

Masyarakat mengenal masjid ini dengan nama Masjid Dian Al Mahri. Untuk luas bangunan masjid ini saja sekitar 800 meter di kelilingi taman yang sangat luas dengan pepohonan. Masjid Dian Al Mahri berdiri kokoh dan megah dalam area dengan luas total sekitar 50 hektar.

Saat pengujung memasuki komplek area Masjid Dian Al Mahri,dari kejauhan terlihat sajian pesona masjid ini dengan warna kuning emas berkilauan pada kubah emasnya. Bangunan masjid memiliki 5 kubah emas yaitu 4 kubah kecil dan 1 kubah utama.Jalan masuk yang harus dilewati pengunjung menuju pintu utama masjid ini begitu indah dengan taman yang ditumbuhi bermacam jenis tanaman.

“Wah,indahnya..” begitulah decak kagum hati anda begitu sampai di depan masjid. Pintu megahnya seolah-olah serasa menyambut anda agar segera masuk kedalam masjid. Ada beberapa anak tangga yang terlebih dahulu harus ditapaki oleh pengunjung untuk bisa sampai ke pintu masuk masjid. Dan setibanya di pintu masuk masjid terlihat ada sebuah ruangan besar dengan sajadah yang melapisinya sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah sholat bagi para pengunjung.

Terlihat di ruangan dalam masjid, sebuah bola lampu dengan bahan kristal bergantung indah di posisi tengah bawah kubah utama masjid, yang konon lampu ini didatangkan jauh-jauh dari Italia lansung. Lampu kristal ini memiliki berat sekitar 8 ton. Pada langit-langit masjid pengunjung akan disajikan pemandangan dengan lukisan banyak awan yang membuat rileks mata memandang. Pengunjung juga dapat melihat sebuah mimbar yang berlapiskan emas.

Pembangunan masjid Dian Al Mahri rampung pada akhir tahun 2006, yang mana awal mulai pembangunannya sejak tahun 2001. Dan pada akhir tahun 2006 masjid ini pemerintah resmi membuka untuk umum. Kapasitas jamaah yang dapat ditampung masjid ini tidaklah tangung-tanggung yaitu sekitar lebih kurang 20.000. Konon masjid ini juga menyandang nama sebagai masjid dengan termegah se Asia Tenggara.

Pada akhir pekan, di Kawasan Meruyung, Depok ini, biasanya sering dipadati oleh bis-bis kunjungan para jamaah yang ingin melihat masjid pertama di Indonesia dengan kubah emas.Jika anda hendak berkunjung ke masjid Dian Al Mahri sebaiknya anda datang di hari-hari kerja saja, karena suasananya yang relatif sepi, sehingga anda bisa puas mengelilingi kawasan masjid dan desainnya yang mewah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here