Mitos Amerika yang Menyeramkan, Review Film Candyman (2021)

DANG MERDU – Berbicara tentang legenda urban, nama Candyman tentu menjadi salah satu kisah yang cukup terkenal dan terus diceritakan. Berdasarkan cerita tersebut legenda, apabila kita melihat ke cermin dan menyebut nama “Candyman” sebanyak 5 kali, maka ia akan muncul di belakang kita dan membunuh dengan menggunakan pengaitnya. Menurut cerita Candyman sendiri dikenal sebagai seorang pembunuh yang kejam dengan kait berlumuran darah di tangannya. Ia bisa muncul dari cermin dengan wujud yang mengerikan berlumur darah dan ada banyak lebah-lebah. Ia memiliki keinginan untuk membunuh.

Cerita tersebut kemudian dibuat menjadi sebuah film. Versi pertama dari film ini rilis pada tahun 1992 dengan nama yang sama. Kemudian di tahun 2021, film keempat dalam seri film Candyman hadir berdasarkan cerita pendek ”The Forbidden” oleh Clive Barker. Candyman adalah salah satu film horor yang telah berhasil masuk box office Amerika di akhir Agustus 2021 lalu.

Film ini disutradarai oleh Nia DaCosta. Sedangan naskahnya ditulis oleh Win Rosenfeld, Jordan Peele dan juga DaCosta. Beberapa pemain seperti Vanessa Williams, Tony Todd, dan Virginia Madsen hadir untuk mengulang peran mereka dari film aslinya. Beberapa aktor dan aktris lain yang membintangi film ini diantaranya adalah Yahya Abdul-Mateen II, Nathan Stewart-Jarrett, Teyonah Parris dan Colman Domingo.

Pada tanggal 27 Agustus 2021, Universal Pictures merilis film ini secara teatrikal di Amerika Serikat. Tanggal rilisnya telah ditunda hingga tiga kali dari tanggal awal yakni Juni 2020 sebab kekhawatiran mengenai pandemi COVID-19. Para kritikus memberikan ulasan yang positif terhadap film ini. Banyak yang memuji arahan dari DaCosta degan perpaduan komentar sosial dan juga horor. Jika kamu sudah penasaran, yuk simak sinopsisnya berikut ini:

Film Candyman adalah sebuah film horor yang mengisahkan cerita tentang seorang gadis yang bernama Helen Lyle. Helen Lyle adalah seorang mahasiswa yang ingin menulis tesis mengenai legenda dan juga mitos lokal. Kemudian dia mengunjungi bagian kota, di mana dia belajar mengenai legenda Candyman.

Candyman merupakan kisah legenda tentang seorang pria berlengan satu yang muncul saat seseorang menyebut namanya sebanyak 5 kali di depan cermin. Namun  Helen tidak percaya terhadap  legenda kisah Candyman tersebut. Tetapi orang-orang di daerah tersebut benar-benar takut akan kisah horor tersebut.

Baca Juga: Review dan Sinopsis Film Sweet Girl yang Harus Anda Tonton

Orang-orang yang tinggal di sekitar kota tersebut mempercayai bahwa legenda Candyman tersebut memang benar-benar nyata. Orang – orang sekitar sudah memberikan peringatan terhadap Helen Lyle. Namun dia yang memang dari awal sudah tidak mempercayai hal tersebut memilih untuk mengabaikannya.

Dia memilih untuk fokus dan memulai untuk melakukan penyelidikannya di tempat-tempat yang dikabarkan Candyman akan muncul. Setelah itu, serangkaian pembunuhan yang mengerikan pun dimulai.

Film Candyman ini juga melakukan perbaikan di beberapa hal yang terdapat pada film originalnya. Film ini masih menghadirkan pembunuhan sadis, namun kali ini, nuansa film tampak mewah dan juga stylish dengan gaya bercerita dan gaya pada adegan pembunuhan yang mampu membuat film ini tambah lebih menantang jika dibandingkan dengan horor pembunuh-hantu pada umumnya.

Cerita yang dihadirkan berhasil menyambungkan dengan film pertama sebagai landasannya. Namun juga tetap dilakukan beberapa penyesuaian. Mitologi dari sosok ikoniknya juga sedikit diperbaiki agar sesuai dengan narasi yang sudah diagendakan. Film Candyman terbaru ini menjadi salah satu film horor terbaik sebab menggunakan alur cerita yang apik didukung dengan suasana yang menegangkan dan menyeramkan. Bagaimana apakah kamu tertarik dengan kelanjutan kisahnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here