Menegangkannya Film Horor Indo Ini, Review Film Affliction (Pulang)

DANG MERDU – Salah satu film horor terbaru Indonesia yang harus Anda tonton adalah Affliction. Film horor ini disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja. Karya Teddy Soeriaatmadja memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Ia merupakan salah satu sutradara terbaik didalam industri perfilman lokal. Film yang pernah ia hasilkan sebelumnya seperti Lovely Man (2011) dan juga About a Woman (2014) tidak dapat dipungkiri lagi kualitasnya di deretan film terbaik Indonesia.

Film Affliction juga dikenal dengan judul Pulang. Untuk pemeran utamanya, film ini menghadirkan aktris pemenang Piala Citra, Raihaanun dan juga aktor Ibnu Jamil. Teddy Soe untuk pertama kalinya menggarap sebuah film bergenre horor dengan unsur psikologis. Sang istri Raihaanun juga diajak untuk membintangi film arahannya tersebut.

Melalui film Affliction, Soeriaatmadja tampak lebih tertarik mengeksplorasi unsur horor melalui permasalahan ataupun interaksi yang tengah dihadapi oleh para karakter didalam satu keluarga. Kondisi tersebut menjadi pusat pengisahan daripada menghadirkan rasa kengerian lewat adegan-adegan yang berfokus untuk mengagetkan penonton.

Film ini memperoleh dukungan kualitas yang baik dari para tokohnya. Walaupun bukan salah satu penampilan terbaiknya, Raihaanun mampu menunjukkan akting yang mampu membuat karakternya begitu menarik untuk diikuti perjalanan ceritanya. Begitu pula dengan penampilan Jamil, walalupun ia tampil sebagai  karakter yang tidak tergali dengan begitu baik dalam film ini.

Namun untuk karakter yang diperankan oleh Kirana sebenarnya memang bernasib sedikit lebih baik. Kirana bisa memberikan penampilan akting yang begitu meyakinkan yang dapat mencuri perhatian penonton dalam setiap adegan di film ini. Selain itu, penampilan dari Dea Panendra hadir dengan kapasitas yang singkat sebab porsi pengisahan karakternya memang sangat terbatas. Disamping itu, ada pula penampilan dari 2 pemeran muda, yakni Putri dan Barakbah, yang cukup bisa memperkuat dinamika kualitas akting untuk film ini secara keseluruhan. Yuk simak sinopsis film Affliction yang dibintangi Raihaanun dan Ibnu Jamil berikut ini.

Baca Juga: Penasaran dengan Film Stillwater (2021)? Ini Dia Reviewnya

Nina (diperankan oleh Raihaanun) menjalani kehidupan yang bahagia dengan suaminya, Hasan (diperankan oleh Ibnu Jamil). Dalam film ini Hasan berprofesi sebagai psikolog. Dari pernikahan tersebut mereka memiliki dua orang anak bernama Ryan dan Tasha.

Film ini menceritakan kisah Nina dan Hasan yang memutuskan untuk kembali ke kampung halaman sesudah mendengar kondisi mertuanya, Bunda (diperankan oleh Tutie Kirana) yang memburuk.

Suatu ketika Nina diminta untuk merawat Bunda. Nina sebelumnya mengetahui bahwa Hasan sudah tidak mempunyai orang tua. Hubungan Hasan dengan Bunda memang tidak dekat, hal tersebutlah yang membuat Nina enggan untuk pulang kampung.

Tapi walaupun demikian, mereka tetap memutuskan untuk pulang kampung. Di kampung ia menemukan sang ibu yang sudah mulai pikun dan juga linglung. Di desanya, Bunda dijauhi oleh warga sekitar sebab ia dianggap gila.

Berdasarkan penuturan dari asisten rumah tangganya, Bunda dapat melihat sesuatu yang kasat mata atau yang tidak bisa dilihat orang lain. Nina kemudian bertekad untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan Bunda sebab kondisinya mulai melemah. Selain kondisi Bunda yang semakin melemah dan memburuk, mereka juga memperoleh teror dari sesuatu yang tidak terlihat. Perlahan Nina juga mulai menguak misteri masa lalu yang telah dirahasiakan oleh Bunda.

Apakah Nina akan berhasil mengetahui rahasia apa yang telah disembunyikan oleh mertuanya? Apakah rahasia tersebut ada kaitannya dengan kondisi yang dialami oleh mertuanya saat ini? Bagi kamu yang sudah penasaran, segera tonton filmnya hari ini. Filmnya sudah tayang di Netflix.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here