Dangmerdu – Pembersihan drainase di Jalan Soebrantas akan terus dilakukan oleh pasukan kuning Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setiap harinya. Pembersihan ini rutin dilakukan dikarenakan daerah ini selalu menjadi langganan banjir saat hujan datang dengan intensitas yang tinggi.

Hal ini juga diungkapkan Kepala Dinas PUPR Pekanbaru oleh Bapak Indra Pomi Nasution, pada Jumat (24/9).

“Tak hanya sampah, rumput liar dan lumpur yang juga menjadi salah satu penyebabnya tersumbat saluran air tersebut. Dengan dilakukan pembersihan ini kami harapkan agar dapat memperlancar jalur air sehingga dapat meminimalisir genangan air saat hujan tiba,” katanya.

Baca juga: Dishub Kota Pekanbaru Sebut Pihak Ketiga Sudah Penuhi Target Pendapatan Parkir

Pembersihan drainase ini dilakukan sejak awal pekan depan. Pembersihan terhadap drainase ini dilakukan hingga akhir pekan.

Sebagaimana diketahui bersama, Jalan HR. Soebrantas merupakan salah satu titik kawasan banjir. Sejak masterplan (rencana induk) dalam penanganan banjir ini disahkan pada akhir 2020, Dinas PUPR juga fokus dalam membersihkan dan memperbaiki drainase di daerah ini.

“Dalam masterplannya, ada 375 titik banjir di wilayah Pekanbaru. Titik banjir ini juga sudah kami inventarisir pada seluruh kecamatan yang ada,” ungkap Bapak Indra Pomi.

Dalam inventarisir terhadap titik banjir itu, Dinas PUPR Pekanbaru saat ini sudah mencatat diameter dari saluran yang tersumbat. Kemudian, diambil langkah-langkah tindakan cepat dan akan segera diambil tindakan yang sudah ditentukan.

“Sudah ada list catatannya semua di masterplan tersebut. Setiap harinya, ada 10 grup di Bidang Bina Marga dan 5 grup lagi di Sumber Daya Air (SDA). Mereka semua membersihkan hambatan-hambatan yang ada terhadap saluran air setiap harinya,” ungkap Bapak Indra Pomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here