Dangmerdu – Bulan lalu, kami melaporkan model Sony PlayStation 5 yang sudah diperbarui, menampilkan beberapa perubahan penting. Perubahan pertama kali terungkap oleh YouTuber Austin Evans, yang memperhatikan perbedaan ukuran heatsink antara model 2020 dan 2021, dan menyimpulkan bahwa model 2021 lebih buruk.

Dalam artikel kami, kami mempertanyakan legitimasi pengujian yang dilakukan Evans dan juga kesimpulan yang diambil darinya. Ternyata, ada alasan bagus untuk melakukannya, karena menurut laporan baru yang diterbitkan bersama oleh Gamers Nexus dan Digital Foundry, tidak ada banyak perbedaan antara model lama dan baru.

Gamer Nexus, yang melakukan sebagian besar pengujian termal pada tiga model PlayStation 5, termasuk edisi standar 2020, edisi digital 2020, dan edisi standar 2021, menyimpulkan bahwa SoC (system-on-chip) model yang lebih baru menjalankan beberapa derajat lebih panas. Sementara secara objektif lebih buruk, GN menyimpulkan perbedaannya terlalu kecil untuk berdampak pada konsol atau pengguna.

Baca juga: Rusia Memutuskan Untuk Tidak Meningkatkan Aliran Gas Ke Eropa, Menaikkan Dengan Harga Lebih Tinggi

Digital Foundry lebih lanjut menguji klaim ini dengan membandingkan keduanya, konsol 2020 dan 2021, dalam beberapa game. Hasil? Kinerja yang identik. Bahkan ketika konsol sengaja dihangatkan dengan menempatkannya di ruang terbatas, hasilnya tetap tidak berubah.

Gamer Nexus juga mencatat bahwa memori dan VRM MOSFET, yang berjalan cukup hangat pada model asli 2020 mereka, kini berjalan sedikit lebih dingin. Mereka menyimpulkan ini lebih karena perubahan desain kipas yang lebih baru daripada perbedaan pada heatsink. Perubahan desain kipas juga menjadi sesuatu yang muncul dalam video Evans.

Secara keseluruhan, tidak banyak yang bisa dikatakan tentang konsol itu sendiri. Heatsink yang lebih kecil dan lebih ringan pada model 2021 tidak mempengaruhi kinerja konsol secara berarti. Konsol tetap harus dijaga dengan tidak memasukkannya ke dalam lemari tertutup dan juga membersihkannya secara teratur. Bahkan jika Anda melakukan hal itu, tidak masalah versi konsol yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here