Dangmerdu – Dalam masa pandemi Covid-19 ini, ada sejumlah negara mulai merelaksasikan regulasi masuk wilayah mereka kepada warga negara asing (WNA) , khususnya warga negera Indonesia. Berikut 5 daftar negara yang membuka pintu masuk bagi WNI :

  1. Amerika Serikat
    AS memberikan kelonggaran aturan masuk negaranya bagi WNI, Hal ini terlihat dari Kedutaan Besar AS – Indonesia yang membuat kebijakan pelayanan aplikasi untuk pembuatan visa masuk ke negaranya, yang dapat diurus di kantor perwakilan Kedubes AS di Jakarta dan Surabaya.
  2. Filipina
    Tanggal 6 September lalu negara tetangga kita Filiipina telah membuka pintu masuk bagi WNI, yang sebelumnya ditutup bagi WNA sejak April 2021
  1. Malaysia
    Hal yang sama dilakukan Malaysia untuk Warga Negara Indonesia, yaitu memberikan izin masuk ke negaranya walaupun dengan persyaratan yang ketat. Izin ini telah diberlakukan sejak 10 September lalu, dan ada 23 negara lainnya yang juga diberikan izin.

    baca juga : Diskon PPnBM diperpanjang sampai Desember 2021

  1. Turiki
    Selain negara tetangga, Turki juga memberikan izin bagi WNI untuk masuk ke negaranya meski masih masa pandemi ini, selama mempunyai visa perjalanan yang berlaku.
  2. Arab Saudi
    Arab Saudi sudah mencabut aturan larangan masuk tenaga kerja asing dari 20 negara di dunia, dan Indonesia salah satunya. Kebijakannya ini telah ditetapkan sejak akhir Agustus lalu, dan dengan syarat semua ekspatariat itu sudah melakukan vaksin covid-19 di negaranya sebelum kembali ke negara mereka.

Sementara itu, Indonesia juga telah melakukan hal yang sama terhadap warga negara asing (WNA) untuk semua negara dan memiliki syarat izin yang berlaku. Kebijakan ini tertuang dalam Permenkum dan HAM No.34 Tahun 2021, mengenai pemberian Visa dan izin menetap keimigrasian dalam waktu penganggulangan penyebaran Covid-19 serta pemuliahan ekonomi nasional.

Kabag Humas – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Arya Pradhana Anggakara mengatakan bahwa :
“ kebijakan dari Permenkumham No.34 Tahun 2021 ialah soal memberi akses masuk kembali ke Indonesia bagi WNA pemegang Visa kunjungan maupun Visa menetap terbatas yang masih berlaku.”

Selain hal itu, WNA juga harus memenuhi syarat izin lain, seperti izin menetap diplomatik, izin tinggal dinas, izin tinggal terbatas dan izin menetap tetap. Bagi pemilik APEC BUSINESS TRAVEL CARD (ABTC) atau kertu perjaanan bisnis, anggota alat angkut bersamaan datang dengan alat angkutnya, dan Pelintas Batas Tradisional.

Setelah dibuka, dilaporkan ada sekitar 974 warga negara asing yang masuk ke Indonesia. Dan juga untuk kegiatan wisata, kemungkinan Satgas Penanggulangan Covid-19 akan membuka pintu masuk untuk turis asing di tahun 2022 nanti.

Wiku Adisasmito , Jubir Satgas Penanganan Covid-19 menuturkan :
“ di tahun depan nanti kemungkinan besar akan kami buka kembali, saat jumlah vaksinasi telah mencapai sekitar 50-70 persen yang dosis kedua”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here