Dangmerdu – Akhirnya, yang dinanti-nanti oleh pengusaha otomotif telah datang, pemerintah memberikan relaksasi diskon PPnBM hingga 100 persen sampai bulan Desember 2021.Keputusan perpanjangan ini telah dilakukan kedua kalinya yang diatur dalam PMK 120/PMK 010/2021.

Bagi para agen pemegang merek (APM), wajib merevisi lagi harga jual mobil yang telah naik mengikuti skema 25 persen pada awal September  guna menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah ini.

Bukan hanya itu, pemerintah mewajibkan pajak kepada pengusaha yang telah melakukan pemungutan PPnBM atau PPN atas pembelian mobil pada bulan ini, serta mengembalikan kelebihanya kepada konsumen.

Baca juga: Kebutuhan akan Fotografi dan Videografi terus Meningkat pada Era Digital.

Menjawab relaksasi PPnBM pemerintah ini,  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan memastikan jika harga produknya dikoreksi lagi menuruti diskon 100 persen seperti Agustus yang lalu.

Direktur Marketing & Komunikasi PT. Astra Daihatsu Motor ADM,  Amelia Tjandra mengatakan bahwa “ Harga telah direvisi per hari ini, sesuai dengan diskon PPnBM 100 persen. Pada awal bulan harga kami naikan mengikuti PPnBM yang 25 persen, tapi semua harga akan kami revisi terhitung mulai hari ini ” Jumat (17/9/2021

Kemudian, Hendrayadi Lastiyoso sebagai Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), menyatakan soal harga mobil yang mendapat relaksasi akan kembali lagi seperti Agustus lalu.

Tapi tidak semua harga, sebagai contoh penambahan fitur yang baru di mobil Terios, otomatis banderolnya juga jadi naik.

Selain bagi konsumen yang telah membeli mobil pada awal September skema PPnBM 25 persen, akan diberikan pengembalian dana kelebihannya.

“ Kami akan menjamin pengembaliannya, mengingat selisih yang cukup besar. Contohnya, harga Terios pada skema 0 dan 25 persen senilai sekitar Rp. 12,3 juta. Jadi jangan khawatir atau merasa rugi bagi konsumen yang sudah membayar, kami pasti akan berikan dana kelebihannya” kata Hendrayadi.

Selain itu, PT Honda Prospect Motor (HPM), kepada konsumen yang telah membeli produknya pada awal bulan ini juga dilakukan hal yang sama.

Yusak Billy, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT HPM juga mengatakan hal yang sama menyangkut penyesuain harga terhadap regulasi PPnBN yang berlaku saat ini.

Billy menegaskan bahwa harga mobil tidak semuanya ditentukan dari nilai pajak, tapi ada juga berbagai faktor lain, seperti nilai tukar, material dan lainnya.

“Yang jelas sehubungan dengan regulasi pengurangan kembali PPnBM hingga 100 persen, kami akan memberi refund kepada konsumen yang telah membeli sejak awal bulan hingga relaksasi ini diberlakukan” tegas Billy

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here