Review Film Escape from Mogadishu yang Mencuri Banyak Perhatian

DANG MERDU – Escape from Mogadishu merupakan film drama aksi dari Korea Selatan yang menjadi film yang paling banyak ditonton pada tahun 2021 di negara tersebut. Sinema aksi ini disutradarai oleh Ryoo Seung-wan yang sebelumnya memproduksi film “EXIT” dan drama “Star Up”. Film ini mampu mencapai 300 juta penonton kumulatif. Angka tersebut menjadi yang paling banyak di antara semua film yang rilis pada 2021, yang mampu melebihi jumlah penonton Black Widow, 2,96 juta. Film ini menjadi film Korea Selatan pertama yang mampu melebihi ambang batas tiga juta sejak film Train To Busan Presents Peninsula rilis di musim panas lalu.

Ada beberapa aktor dan aktris ternama dalam film Escape from Mogadishu, di antaranya Kim Yun Seok yang berperan sebagai Han Shin-Sung, Jo In Sung sebagai Kang Dae-Jin, Jeong Man Sik berperan sebagai Gong Soo-Cheol, Heo Jun Ho sebagai Rim Yong-SooPark Kyung Hye berperan sebagai Park Ji-Eun, Kim Jae Hwa berperan sebagai Jo Soo-Jin dan juga Koo Gyo Hwan berperan sebagai Tae Joon-Ki.

Film ini diperkirakan menghabiskan biaya produksi sebesar 24 miliar yang sebenarnya diperkirakan akan dirilis di musim panas tahun 2020 lalu. Namun perilisannya ditunda sebab terjadinya pandemi Covid-19.  Escape from Mogadishu akhirnya dijadwalkan tayang pada 28 Juli 2021 lalu di Korea Selatan.

Film dengan durasi tiga jam ini diambil dari sebuah kisah nyata tentang kekosongan pemerintahan Somalia saat lengsernya Presiden Siad Barre pada tahun 1991. Film Escape from Mogadishu berlatar di masa perang saudara di Somalia. Pada saat itu, para pekerja di Kedutaan Besar Korea Utara dan Korea Selatan untuk Somalia melakukan kerja sama untuk menyelamatkan diri dari konflik perang yang terjadi.

Tempat shooting drama ini dilakukan di Morocco dengan latar belakang terjadinya perang saudara di Somalia. Shooting film ini sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2019. Mayoritas penduduk Somalia memang mayoritas, jadi di dalam film ini terdapat unsur-unsur Islami pada adegan-adegannya. Beberapa di antaranya, dari trailer Escape from Mogadishu terdengar suara azan dan Jo In Sung yang mengucapkan salam Assalamuailakum. Hal ini lah yang membuat film ini mampu mencuri banyak perhatian masyarakat.

Baca Juga: Review Film Hard Hit yang Seru dari Awal Sampai Akhir

Dalam film ini dikisahkan ada seorang duta besar di Kedutaan Korea Selatan Han Shin-Sung (Kim Yun Seok) dan istrinya Han Shin Sung (Kim Yun Seok) dan beberapa pejabat lainnya yang tengah terjebak di gedung kedutaan ketika sedang terjadinya perang saudara di Mogadishu, Somalia. Kang Dae-Jin (Jo In-Sung) yang bekerja sebagai anggota dewan di Kedutaan Besar Korea Utara di Mogadishu juga menjadi salah satu orang yang terjebak di gedung tersebut. Ia juga menjadi salah satu orang yang terjebak ketika terjadinya perang saudara tersebut.

Ancaman kekerasan ditujukan kepada Kedutaan Korea Selatan. Hal ini menyebabakan terjadinya baku hantam antar tentara serta warga sipil yang tak terelakkan. Penyerangan kekerasan yang dilakukan terus menerus tersebut, membuat mereka yang terjebak di Gedung kedutaan berusaha untuk menyelamatkan diri dengan cara melarikan diri dari tempat kejadian.

Bukan hanya itu, keadaan menjadi semakin kacau sampai Kedubes Korea Utara juga mendapatkan ancaman kekerasan sama seperti yang dialami oleh para Kedutaan Besar Korea Selatan. Dalam upaya menyelamatkan diri tersebut, Han Shin-Sung serta Kang Dae-Jin bekerja sama untuk mencoba mengeluarkan orang-orang dari kedua kedutaan dari Somalia. Bagaimana apakah kamu penasaran dengan kelanjutan kisahnya? Segera saksikan versi lengkap dari film ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here