AWAL MULA MUSIK DI RIAU DARI MELAYU HINGGA NEGERI JIRAN TETANGGA
AWAL MULA MUSIK DI RIAU DARI MELAYU HINGGA NEGERI JIRAN TETANGGA

Musik – adalah bahasa universal sehingga Perkembangan musik di Riau dari melayu hingga negeri jiran tetangga, sebagai budaya dan identitas dari suatu bangsa termasuk indonesia yang mempunyai musik dengan aliran tradisional yakni musik melayu yang berawal dari lahirnya di pesisir timur Sumatera,Kalimantan,dan tanjung malaya.

musik yang sering dilatunkan oleh orang – orang dari keturunan suku melayu yang sering juga diikutin dengan tarian khusus dari suku melayu setempat seperti tarian pesembahan dalam hajatan atau acara adat,menyambut tamu penting dalam kegiatan yg bersifat religi.

yang menjadi perhatian dari jenis musik ini adalah tata cara penyusunan lirik dan rangkaian nada yang berisi syair dan dicocokan dengan peristiwa kehidupan keseharian serta penyampaian pesan moral, lalu dinyanyikan oleh vokalis yang bercengkok melayu,dan dengan penyesuaian musik atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposisi musik yang telah ada tapi tidak merubah musiknya yang telah tersusun rapi.

Tapi dengan berjalannya waktu musik melayu mengalami perubahan gaya pada musiknya yang dipadukan dengan aliran musik pop,musik rock dan dangdut.sehingga melahirkan jenis musik baru bergenre pop melayu yang ditemui di negara serumpun sperti Indonesia,malaysia,Brunei darussalam dan Singapura. Oleh karena itu Perkembangan musik di Riau dari melayu hingga ke negeri jiran Tetangga sangat meluas.

Saat mula berkembangnya musik melayu sangat banyak menggunakan alat musik sperti rebana,biola,picitan akordion,pukulan Gong,tiupan serunai dan petikan gambus. yang merupakan sebagian dari musik ini ada disisipkan budaya dari negara Arab dan Eropa lama.

Sejalan dengan berkembangnya teknologi pada masa kini alat yang dulunya sangat tradisional kini digantikan dengan sebuah alat yang canggih dan bisa mewakili semua jenis alat musik biasa dimainkan dengan banyak orang kini hanya satu orang saja memainkannya yakni keyboard.

Meskipun begitu pada waktu tertentu, alat musik tradisional masih tetap digunakan untuk tetap melestarikan warisan budaya melayu di nusantara

Dalam sepak terjangnya Perkembangan Musik di Riau dari melayu hingga sampai di negeri jiran tetangga, musik ini sempat sangat terkenal di tahun ’70-an bahkan melewatin masa “keemasan” sampai di tahun ‘2000-an.sebab ditandai banyak nya grup – grup band Pop melayu, dengan membawakan lagu hits masing – masing grup band tersebut.

Perkembangan Musik melayu di Indonesia di Era '80 sampai '2000 an
Perkembangan Musik melayu di Indonesia di Era ’80 sampai ‘2000 an

Jika melihat masa lalu,pada mulanya musik melayu lahir dari musik Arab,Gujarat dan Persia seperti qasidah yang datang dari penyebaran agama islam di nusantara pada tahun 635 – 1600 SM.
yang awalnya membaca syair kemudian di nyanyikan, syair yang digunakan awalnya dari gurindam yang di lantunkan,secara bertahap lalu digunakan juga untuk mengawali tarian.

Pada saat dibukanya arus perdagangan melalui Terusan Zues menjadikan peredaran migrasi oleh bangsa Arab dan Mesir datang lewat Hindia Belanda pada tahun 1870 sampai 1888, datang dan memperkenalkan alat musik Gambus dan memainkan musik Arab.

Kemudian menjadi satu dengan musik tradisional berupa syair Gurindam dipadukan dengan alat musik nusantara seperti Gong, Serunai, dan lain sebagainya. lalu pada tahun 1940 hadirlah musik Melayu Deli.dan pastinya gaya bermain telah jauh beda dengan lagu asalnya qasidah, pada masa kini tidak hanya melantunkan syair tapi sudah lebih meluas sebagai musik hiburan dengan ditemani tarian khusus orang melayu di pesisir timur sumatera dan dijazirah malaysia.

Dizaman era teknologi yang maju pada tahun 1950 diawali mengenalkan alat pengeras suara seperti speaker, gitar listrik dan keyboard. terlebih lagi paling khusus adalah kemajuan industri rekaman pada tahun tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here