Dangmerdu – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa akan ada potensi hujan lebat selama bulan ini pada 13 sampai 20 September 2021, di 27 provinsi tanah air.

Menurut perkiraan BMKG,potensi lain juga akan ada petir, kilat dan angin kencang yang menyertai hujan lebat tersebut.

Deputi Bidang Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto mengatakan bahwa ada sekitar 14,6 persen yang mengawali musim hujan pada bulan september 2021, mulai dari Sumatera bagian tengah hingga wilayah Kalimantan.

Ke-27 Provinsi yang berpotensi hujan lebat tersebut ialah, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh.

Baca juga : 50 Tahun Lagu Imagine Karya Jhon Lennon di Rayakan Seluruh Dunia

Kemudian, di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Selain itu, Guswanto juga mengatakan akan ada terjadi potensi bencana hidrometeorologi berdasarkan prediksi cuaca BMKG yang berbasis dampak (IBF-Impact Based Forecast )

Guswanto mengatakan bahwa bencana yang terjadi bisa berupa banjir bandang atau tanah longsor dari dampak cuaca ekstrim yang akan tejadi pada 15 September nanti.

Menurutnya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten adalah 4 provinsi yang akan berstatus level siaga.

Untuk informasi yang lebih spesifik wilayah terkait soal dampak dari potensi cuaca ekstrim silahkan kunjungi laman resmi BMKG.

Guswanto juga mengajak masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencna alam untuk selalu waspada.

“BMKG menghimbau semua warga agar selalu waspada terhadap dampak dari potensi cuaca ekstrim yang akan terjadi selama sepekan ke depan” kata Guswanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here