Dangmerdu – Di masa sekarang ini saat kita diharuskan kerja dari rumah dan pandemi ini, ada peningkatan tajam dan kebutuhan ketersediaan brand secara online. Setelah wabah virus dan pembatasan selama satu setengah tahun yang penuh gejolak, para brand baru memperluas bisnis mereka dan sekarang mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Kebutuhan akan kehadiran media online tidak pernah lebih dan brand baru telah menjadi bagian dari perang penawaran di seluruh platform digital untuk mendapatkan lebih banyak bisnis dan pengikut bagi produk mereka. Pada tulisan kali ini, kita akan melihat sekilas mengapa dan bagaimana pemasaran digital telah menjadi batu loncatan dalam kesuksesan perusahaan rintisan, UMKM, dan perusahaan kecil lainnya.

Mengapa pemasaran penting di era digital?

Seperti sebelumnya, ada satu jalur linier untuk mencapai tujuan dan brand Anda, tetapi sekarang, ada beberapa jalur pemasaran yang tersedia untuk setiap pengusaha, besar atau kecil, di dunia digital yang terus berubah. Konsumen baru menuntut untuk melihat dan membeli produk di saluran yang sama dengan situs web.

Selain itu, konsumen digital pertama tidak segan untuk mengambil inisiatif mempromosikan produk mereka dengan bekerja dengan satu atau lebih platform online. Bahkan jika mereka offline untuk berbelanja atau membeli produk lain, mereka sering membagikan gambar produk mereka di halaman media sosial mereka untuk mengumpulkan lebih banyak follower.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka sangat aktif di saluran digital merek dan dapat menjadi saluran pemasaran prioritas tertinggi suatu produk.

Bagaimana menyesuaikan strategi pemasaran tradisional Anda untuk teknologi baru

Kami telah melihat munculnya teknologi sebagai pengubah permainan dalam hidup, menjadi lebih baik dalam banyak hal. Teknologi ini juga telah mulai mempengaruhi dan berperan dalam kehidupan kita sehari-hari yang secara drastis akan mempengaruhi strategi bisnis dan pemasaran produk tersebut.

Tidak pernah semudah ini untuk memperluas dan mempromosikan produk, tetapi suatu brand harus siap untuk menawarkan gaya baru, aplikasi baru, dan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

Baca juga: Bagaimana Rempah-Rempah Organik Menambah Rasa Yang Otentik ?

Pemasaran tradisional dan digital

Pemasaran tradisional, sebagaimana disebutkan sebelumnya, difokuskan pada metode tradisional yang digunakan untuk menciptakan kesadaran akan suatu produk dan produknya melalui iklan, media cetak, radio, TV, atau outdoor. Pemasaran digital di sisi lain, telah berkembang dari pengalaman mobile menjadi solusi multi-channel yang menjadikannya segmen penting bagi produk itu untuk ditampilkan.

Adopsi pemasaran digital dalam industri perjalanan dan pariwisata mengejutkan bagi banyak orang. Menurut laporan baru-baru ini, hampir 70% pelaku bisnis perhotelan memiliki platform digital yang sangat rendah dari satu situs web dan kehadiran media sosial yang terbatas.

Media sosial dan internet

Media sosial dan internet telah mendefinisikan ulang industri pemasaran. Menurut laporan terbaru, orang sekarang terlibat dalam 1/5 dari aktivitas sehari-hari mereka melalui media sosial. Menurut Korn Ferry, 53% tenaga kerja memiliki akses ke media sosial dan 21% lagi menggunakannya untuk memperbarui akun media sosial perusahaan.

Semua angka ini menunjukkan betapa pentingnya media sosial untuk menjangkau audiens kita. Hal ini menyebabkan beberapa konglomerat dan merek terbesar berinvestasi besar-besaran di pasar media sosial.

Kemudahan berinteraksi melalui media sosial menjadikan suatu keharusan bagi perusahaan untuk menggunakannya untuk terlibat dengan audiens mereka di tingkat yang berbeda. Bukan hanya perusahaan yang aktif di media sosial, tetapi juga konsumen tersebut.

Digital Marketing dan Start-up, UMKM dan pengaturan yang lebih kecil

Digital Marketing untuk UMKM dan start-up adalah pra-kursor untuk kegiatan penggalangan dana ventura. Ini membantu untuk meningkatkan modal awal yang diperlukan untuk promosi startup dan juga mendapatkan distribusi produk. Konsep ini sudah cukup lama dikenal di ekosistem.

Di sini, pemasaran digital terbukti cukup menguntungkan bagi para pemula dan telah membantu mereka meningkatkan permintaan, dengan meningkatkan visibilitas terhadap nilainya. Hal yang sama berlaku dalam kasus start-up lainnya, besar atau kecil. Pemasaran digital selalu menjadi mode yang sangat baik untuk inisiatif pemasaran.

Hal ini didukung oleh fakta bahwa sebagian besar start-up dan UMKM memiliki dana terbatas dan memenuhi kebutuhan hanya dengan menjual produk di pasar.

Kesimpulan

Digital Marketing untuk bisnis telah menjadi salah satu alat pemasaran yang efektif yang telah berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, jelas bahwa pemasar mengeksplorasi sejumlah besar strategi untuk menjual produk atau layanan mereka dan mendapatkan perhatian.

Dengan massa yang menjadi sangat sibuk dengan kewajiban profesional dan peristiwa dalam kehidupan umum mereka, bisnis digital lah yang mengikuti perubahan ini dan menerapkan strategi baru untuk mendapatkan perhatian dan mengumpulkan uang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here