Dangmerdu – Dari dekade terakhir, telah terjadi pertumbuhan berkelanjutan dalam bisnis e-commerce. Karena pelanggan menjadi berkembang secara teknologi dan pengecer terus meningkatkan fungsionalitas operasi e-commerce, telah terjadi peningkatan yang konsisten dalam popularitas e-commerce sejak lama. Namun, dalam 18 bulan terakhir, Covid-19 telah memicu tren ini pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan kami telah menyaksikan peningkatan eksponensial dalam uang yang dihabiskan untuk belanja online.

Akibatnya, seiring dengan permintaan belanja online, persaingan pasar juga meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, untuk bisnis e-commerce saat ini, lebih penting dari sebelumnya untuk memanfaatkan strategi pemasaran ECommerce yang direncanakan secara memadai untuk membangun tempat mereka di pasar yang kompetitif ini dengan sukses.

Ketika Anda baru di pasar E-Commerce, mungkin sulit untuk memahami dinamika pasar dan menentukan strategi mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Dalam artikel ini, kami telah membahas semua aspek penting dari strategi pemasaran e-commerce, untuk memberikan pemahaman konsep yang menyeluruh. Lanjutkan membaca untuk menguasai seni pemasaran e-commerce.

Apa itu E-commerce Marketing?

E-Commerce telah membuka pintu baru peluang pembelian bagi pelanggan. Dari sikat gigi hingga perhiasan emas semuanya tersedia di toko online. Dan, pemasaran e-commerce adalah proses untuk meningkatkan kesadaran tentang merek online ini dan mengarahkan konsumen ke arah mereka. Ini adalah proses mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke E-store Anda dan meningkatkan tingkat konversi.

Pasar online berkembang terus menerus karena perubahan konstan dalam preferensi konsumen. Oleh karena itu, untuk mengikuti pasar yang terus berubah dan sangat kompetitif ini, bisnis perlu memanfaatkan lebih dari satu saluran pemasaran untuk mendapatkan popularitas. Berikut ini adalah berbagai jenis saluran pemasaran yang dapat digunakan e-commerce.

Jenis E-commerce Marketing

Media sosial 

Platform media sosial adalah cara yang bagus untuk membuat audiens mengetahui bisnis e-commerce Anda, menampilkan produk Anda, dan terhubung dengan konsumen secara langsung. Namun, tidak semua platform media sosial harus cocok untuk bisnis Anda. Anda harus mengingat beberapa faktor sebelum merancang kampanye media sosial Anda, seperti preferensi audiens target, jenis produk, demografi audiens, dan tujuan kampanye pemasaran Anda.

Misalnya, jika Anda adalah merek pakaian untuk individu muda, Instagram mungkin merupakan platform yang tepat untuk Anda karena memungkinkan Anda untuk menampilkan merek Anda dengan cara yang menarik secara visual.

Jika Anda mengkhususkan diri dalam produk digital seperti kursus online atau e-book, platform seperti LinkedIn mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Baca juga: Album Pre-Order “comeback” ABBA Pecahkan Rekor Penjualan

Blogging 

Bisnis sering meremehkan efektivitas blogging dan dengan demikian mengabaikannya saat membuat kampanye pemasaran. Alasan utama di baliknya mungkin karena blogging memakan waktu dan mungkin membutuhkan waktu lama untuk menuai keuntungan. Namun, ketika Anda meneliti sedikit tentang manfaat blogging, Anda akan menyadari bahwa semua waktu dan upaya yang Anda investasikan dalam blogging tidak sia-sia.

Berikut adalah beberapa manfaat blogging yang akan membantu Anda memahami keefektifannya-

  • ‘Konten’ memang raja dalam hal praktik SEO. Blogging adalah cara terbaik untuk memperbarui konten segar di situs web Anda dan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Anda dapat mengoptimalkan konten Anda dengan kata kunci yang tepat dan menambahkan tautan di halaman dan di luar halaman yang relevan, yang pada akhirnya mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.
  • Dengan menerbitkan blog yang informatif, Anda dapat memantapkan posisi Anda sebagai pakar industri dan memenangkan pangsa pasar yang kompetitif.
  • Seiring dengan media sosial dan email, blog adalah alat yang luar biasa untuk terhubung dengan audiens Anda dan membangun kepribadian bisnis Anda yang sesuai dengan audiens target.

Video Marketing

Youtube adalah mesin pencari paling populer kedua setelah Google dan memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif. Dan angka-angka ini cukup menjadi alasan untuk memanfaatkan pemasaran video untuk bisnis Anda. Jadi, jika Anda mencari platform dengan basis pemirsa yang luas, youtube adalah tempat untuk Anda!

Anda dapat memanfaatkan youtube untuk menjalankan iklan atau membuat video promosi yang menarik tentang produk atau layanan Anda, yang akan meningkatkan peringkat Anda. Video juga merupakan alat yang hebat untuk mendidik audiens Anda dan membimbing mereka menggunakan produk Anda, yang meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah praktik bekerja dengan orang-orang yang bekerja di niche Anda dan memiliki pengaruh signifikan terhadap audiens target Anda. Misalnya, jika Anda adalah merek couture, Anda dapat mendekati influencer mode untuk memakai produk Anda dan berbagi foto dan video dengan audiens Anda. Ini adalah sumber spektakuler untuk menciptakan kesadaran merek dan mendapatkan lalu lintas media sosial di halaman bisnis Anda. Strategi pemasaran ini mungkin relatif baru, tetapi sama efektifnya dengan teknik kuno lainnya.

Email Marketing

Email marketing mungkin merupakan teknik pemasaran tertua dan terus menjadi sangat efektif sepanjang perjalanannya. Anda dapat merancang kampanye email marketing otomatis yang membantu Anda terhubung dengan pelanggan di berbagai tahap siklus pembelian mereka.

Untuk Misalnya, Anda dapat mengirim email promosi dingin untuk menarik pelanggan baru; setelah mereka masuk, Anda dapat menyarankan produk yang mungkin mereka minati dan akhirnya mengirim email tindak lanjut setelah pembelian untuk mempertahankan hubungan yang berkelanjutan.

Bagian terbaik tentang email marketing adalah sederhana dan tidak merepotkan. Anda dapat mengotomatiskan proses dan membiarkan email bekerja dengan ajaib – satu kotak dicentang dari salah satu daftar strategi pemasaran Anda.

Cara Membangun Strategi Email Marketing

Sekarang Anda berpengalaman dengan berbagai saluran e-commerce marketing, mari kita tinjau bagaimana membuat strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis online Anda.

Tetapkan tujuan marketing 

Anda dapat mencapai berbagai sasaran melalui pemasaran, seperti mendapatkan lebih banyak prospek, meningkatkan lalu lintas, meningkatkan penjualan, dll. Bandingkan rencana Anda dengan situs web e-commerce lain di industri yang sama dan gunakan tolok ukur industri untuk mengukur keberhasilan kampanye Anda.

Fokuskan strategi Anda

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa strategi marketing untuk situs web e-commerce, tetapi berfokus pada semuanya pada saat yang sama tidak hanya membosankan tetapi juga berdampak negatif pada keberhasilan strategi pemasaran Anda.

Oleh karena itu, Anda harus fokus pada beberapa strategi sekaligus yang akan menghasilkan ROI maksimum. Setelah strategi ini mulai membuahkan hasil, Anda dapat menerapkan metode lain.

Jangan berhenti di penjualan

‘Penjualan’ bukanlah tujuan akhir marketing. Namun, setelah Anda mendapatkan pelanggan, Anda harus terus terlibat dengan mereka dan memberikan layanan pelanggan berkualitas tinggi. Dengan cara ini, loyalitas pelanggan bisnis Anda akan meningkat, dan ketika pelanggan yang senang membagikan ulasan mereka melalui komentar online dan dari mulut ke mulut, itu akan menarik lebih banyak pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here