Dangmerdu – Memulai dengan pengembangan aplikasi React Native bisa sedikit kacau. Jangan khawatir.

Posting ini berisi saran yang Anda butuhkan untuk memulai pengembangan aplikasi seluler React Native.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, React Native adalah kerangka kerja yang kuat yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi seluler lintas platform. Ini adalah teknologi terbaik untuk mengembangkan aplikasi untuk android dan ios dengan anggaran satu. Anda tidak perlu menghabiskan waktu, tenaga, dan sumber daya, hanya React Native yang akan melakukannya. React Native adalah favorit industri dan dipercaya oleh beberapa merek populer seperti Walmart, Tesla, uber eats, dll.

Tetapi sebelum memilih RN untuk pengembangan aplikasi, Anda perlu mengingat hal-hal tertentu. Berikut adalah daftar 10 hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk pengembangan aplikasi React Native.  

Apa tujuan Anda? 

Ini adalah kecenderungan umum manusia untuk memilih pilihan yang paling populer ketika diberi pilihan. Penerimaan oleh orang lain menambah lapisan kepercayaan ekstra. Tetapi memilih teknologi paling populer tidak tepat untuk mengembangkan aplikasi untuk setiap bisnis.

Jika tujuan Anda adalah membuat aplikasi untuk semua platform, itu dapat dilakukan melalui alat seperti WebView. Tapi itu tidak menjamin kinerja yang optimal dan UI yang hebat. alat bawaan aplikasi sering kali gagal menangani lalu lintas yang padat, pemrosesan yang rumit, dan visual yang memukau. Mereka tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan aplikasi asli.

Tetapi aplikasi React Native sama bagusnya dengan aplikasi asli (hanya sedikit lebih sedikit) tetapi masih jauh lebih baik daripada aplikasi yang dibangun menggunakan alat.

Pustaka navigasi mana yang Anda gunakan? 

React Native masih belum memiliki alternatif untuk komponen navigator lama. Sebagian besar tim pengembangan masih menggunakan solusi komunitas. Sangat penting untuk memilih perpustakaan navigasi yang tepat dari dua yang utama: navigator JavaScript dan navigator asli. Anda harus memilih perpustakaan navigasi berdasarkan persyaratan proyek. Pustaka JavaScript mudah untuk memulai sementara pustaka asli memberikan kinerja yang lebih baik.

Daripada berfokus pada fungsionalitas perpustakaan, fokuslah pada persyaratan lalu pilih dari opsi yang tersedia.

Perangkat mana yang ingin Anda skalakan? 

Ketika sebuah aplikasi dibangun, tujuan utamanya adalah untuk menarik audiens dan pelanggan. Dan seiring popularitas aplikasi Anda, Anda menginginkan sekumpulan audiens baru. Untuk menargetkan audiens yang berbeda, Anda perlu menskalakan aplikasi untuk berbagai perangkat dan ukuran layar. Ada dua opsi untuk mengelola UI/UX aplikasi, baik memiliki yang sama untuk semua ukuran layar atau mengembangkan yang berbeda sesuai dengan ukuran layar.

Yang terakhir adalah pilihan yang lebih baik untuk aplikasi umum. UI/UX yang sama untuk semua perangkat diadopsi untuk aplikasi game. Untuk melihat ukuran layar mana yang perlu Anda optimalkan, gunakan Dimensions API atau layanan pihak ketiga seperti React Native Responsive UI.

Baca juga: 6 alasan mengapa situs web e-commerce penting untuk bisnis Anda

Apakah Anda ingin animasi di aplikasi Anda?

Jika Anda berencana untuk memasukkan animasi ke dalam pembuatan aplikasi Anda dengan React Native, Anda mungkin ingin memikirkan kembali. Setiap platform digital saat ini menggunakan animasi, baik itu situs web, youtube, atau aplikasi media sosial. Animasi itu penting tetapi React Native masih bekerja untuk meningkatkan kemampuan animasinya.

Kami tidak menyarankan Anda untuk tidak menggunakan animasi sama sekali. Tetapi untuk memastikan dan untuk kinerja yang lebih baik, selalu uji animasi pada perangkat atau gunakan driver Asli. Jangan percaya emulator karena mereka tidak memberikan umpan balik yang dapat diandalkan.

Pertunjukan seperti apa yang Anda inginkan?

React Native dikenal dengan aplikasi yang berkinerja cepat. Itu karena pengembang bekerja dalam siklus pengembangan singkat dan menyelesaikan aplikasi dalam timeline yang ditetapkan. Karena fitur-fiturnya seperti reload langsung dan reload panas, tidak ada penundaan. Pengembang dapat membuat perubahan dalam kode sumber tanpa mengkompilasi ulang aplikasi.

Anda dapat melihat perubahan dengan cepat di perangkat dalam waktu singkat. Kerja React Native cepat dan mempercepat proses pengembangan berlipat ganda.

Apakah Anda ingin menggunakan kembali kode yang sama untuk semua platform? 

Inilah yang membuat React Native sukses di antara merek besar dan bisnis kecil. Fitur mahkota dari React Native adalah penggunaan kembali kode yang ekstensif. Dengan RN, pengembang tidak perlu menulis set kode terpisah untuk setiap platform. Hampir 90% kode dapat digunakan kembali antara Android dan iOS.

Penggunaan kembali kode juga dapat digunakan untuk merilis pembaruan pada kedua platform secara bersamaan. Lebih mudah untuk mendeteksi bug dan memperbaikinya juga. Bahkan jika Anda menyewa pengembang baru hanya untuk pembaruan, ia dapat memahami kode dan masalah dengan mudah.

React Native juga meningkatkan koordinasi antara anggota tim dan meningkatkan fleksibilitas. Ini juga mengurangi waktu yang dihabiskan untuk pengujian kualitas dan lebih banyak waktu yang diinvestasikan dalam membuat ide menjadi aplikasi seluler.

Apakah Anda ingin menggunakan gaya React Native?

Gaya React Native memiliki cara kerja yang mirip dengan CSS, tetapi tetap saja, itu tidak sebagus yang Anda harapkan. Tidak ada teknologi yang sempurna dan React Native juga memiliki kekurangan.

Lihat saja bahwa fungsionalitas yang Anda cari dicapai dengan cara lain. Jika Anda bisa mengatasinya maka semuanya baik-baik saja. Jaga agar komponen aplikasi tetap pendek sehingga Anda tidak akan menghadapi masalah besar.

Apakah Anda ingin menggunakan solusi yang sudah jadi?

React Native memiliki banyak solusi dan library siap pakai yang dapat memfasilitasi pengembangan aplikasi seluler. Ada library untuk testing, type checking, setting workflow, state management, dan lain-lain. Selain itu, platform React Native juga dapat berfungsi dengan pustaka JavaScript.

Solusi siap pakai bagus untuk mempercepat proses pengembangan. Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi seluler dengan fitur dasar dalam waktu singkat, React Native dapat memberi Anda dukungan teknis yang Anda cari.

Kesimpulan 

React Native adalah sebuah revolusi teknologi untuk pengembangan mobile. Tapi tetap saja, tidak semua jenis aplikasi seluler dapat dibangun dengannya. Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan semua faktor yang disebutkan di atas sebelum membuat keputusan akhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here