Dangmerdu – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Sumeru (BB-TNBTS) telah membuka tempat wisata Bromo melalui pintu masuk dari Kabupaten Probolinggo – Jawa Timur. Wisata dibuka untuk umum namun dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan.

Novita Kusuma Wardani, Plt Kepala Balai Besar TNBTS kota Malang – Jawa Timur, Menyampaikan bahwa kegiatan pembukaan tempat wisata gunung Bromo dengan jalur pintu masuk melalui Kabupaten Probolinggo tersebut karena sebelumnya Kabupaten Pasuruan telah dibuka.

” Objek wisata alam pada kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Sumeru dengan jalur melalui Kabupaten Probolinggo sebagai pintu masuknya, dibuka untuk wisatawan dengan daya tampung maksimal 25 persen saja “ kata Novita

Ada empat jalur pintu masuk yang dimiliki oleh kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Sumeru, yaitu di wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Saat ini, dua jalur dari empat pintu masuk telah dibuka untuk wisatawan oleh Balai Besar TNBTS.

Baca juga : Pameran Bond in Motion Memajang Kendaraan yang Menjadi Ikonis James Bond

Kegiatan pemukaan wisata bromo ini dilakukan secara bertahap, berlaku mulai kamis 9 September 2021. Pembukaan objek wisata alam Taman Nasional Bromo Tengger Sumeru (TNBTS) melalui jalur masuk Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan tertuang dalam Pengumuman PG.27/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/9/2021.

Saat ini, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, para wisatawan dapat mengunjungi lima titik yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Sumeru.

Lima titik itu ialah Bukit Kedaluh dengan kapasitas 107 orang, View poin penanjakan kapasitas diperbolehkan 222 orang, Savana Teletubbies dengan maksimal kapasitas 319 orang, Mentingen dengan batas 55 orang, dan Bukit Cinta 31 orang. Dan jika dihitung secara keseluruhan maka wisata Bromo diperbolehkan dengan kapasitas 734 orang.

Para wisatawan yang berkunjung diharuskan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus COVID-19 di kawasan Taman Nasional. Tiket untuk berkunjung ke kawasan Bromo bisa anda dapatkan di laman resmi TNBTS.

Sekedar informasi, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Sumeru (TNBTS) telah dibuka kembali sejak penutupan pada 3 Juli 2021, pada waktu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan oleh pemerintah.

Pembukaan tempat wisata Bromo melalui jalur pintu masuk Kabapaten Pasuruan ini disesuikan dengan status level tiap-tiap wilayah yang diterapkan PPKM.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here