Olahraga Terbaik untuk Meringankan Stres dan Kecemasan

DANG MERDU – Stres adalah sebuah fakta kehidupan, tetapi bisa menjadi pedang bermata dua. Dalam dosis kecil, hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja. Tetapi ketika Anda terus-menerus stres, itu dapat memiliki kerugian yang signifikan.

Kita memiliki sistem respons stres yang sangat luar biasa di dalam tubuh yang dilengkapi untuk bersiap ketika tuntutan melebihi kapasitas. Dan ini bagus ketika Anda mencoba melarikan diri dari pemangsa, seperti yang mungkin dilakukan oleh nenek moyang paleolitikum kita. Tapi itu kurang mengagumkan ketika dipicu terus-menerus oleh tekanan masyarakat modern, seperti kotak masuk email yang penuh tanpa henti atau lalu lintas yang buruk.

Sistem respons stres melepaskan hormon sebagai respons terhadap stresor. Dalam semburan kecil, ini dapat membantu Anda berlari lebih cepat atau mengurangi rasa sakit. Tetapi ketika fluktuasi hormonal itu menjadi kronis, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan. Stres kronis telah dikaitkan dengan kondisi kesehatan kronis, termasuk depresi, penyakit kardiovaskular, diabetes dan bahkan mungkin kanker.

Tetapi latihan fisik secara teratur dapat membantu mengembalikan sistem respons stres Anda ke keseimbangan yang lebih normal. Olahraga rutin membantu melepaskan endorfin alami yang dapat mengurangi stres.

Olahraga Penghilang Stres Terbaik

  • Jalan cepat
  • Joging atau lari
  • Renang
  • Bersepeda
  • Tarian
  • Tinju

Aerobik mungkin merupakan cara tercepat untuk mendapatkan manfaat penghilang stres. Aerobik meningkatkan detak jantung Anda, yang melepaskan endorfin di otak. Bahan kimia saraf ini adalah bahan kimia yang membuat Anda lebih tangguh. Ketahanan membantu Anda mengatasi situasi stres dengan cara yang sehat.

Baca Juga: Cara Memilih Pola Makan yang Tepat untuk GERD

Contoh aerobik yang sangat baik yang dapat mengurangi stres dan kecemasan meliputi:

  • Jalan cepat. Mungkin cara paling sederhana untuk melakukan olahraga penghilang stres adalah dengan jalan cepat. Para ahli melaporkan bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki 10 menit bisa cukup untuk memulihkan ketenangan dan mungkin sama membantunya dengan berjalan kaki 45 menit atau lebih lama untuk mengurangi stres dan kecemasan.
  • Joging atau lari. Jika persendian Anda mampu melakukannya, cobalah untuk menambah kecepatan untuk melepaskan lebih banyak kecemasan dengan jogging atau berlari. Pastikan Anda memiliki rute yang aman dan sepatu yang cukup untuk menopang dan melindungi kaki Anda.
  • Berenang. Latihan seluruh tubuh, berenang sangat bagus untuk sistem kardiovaskular dan menawarkan beberapa elemen latihan ketahanan juga karena air lebih padat daripada udara dan akan menahan gerakan Anda lebih banyak daripada saat Anda bergerak di darat. Berendam dalam air juga bisa sangat menenangkan bagi sebagian orang dan mengurangi stres dengan lebih baik.
  • Bersepeda. Bersepeda mudah dilakukan pada persendian dan dapat memberikan latihan yang memompa jantung. Jangan lupa helm Anda dan hati-hati dengan mobil dan lubang di jalan.
  • Menari. Apakah ada hal yang lebih menggembirakan hidup daripada sekadar beralih ke musik yang bagus? Menari bisa menjadi cara yang bagus untuk meredakan stres sambil berolahraga. Ini juga bisa menjadi aktivitas sosial yang intens, yang juga dapat membantu menumbuhkan rasa konektivitas dan dukungan, yang selanjutnya dapat membantu Anda mengurangi kecemasan.
  • Tinju. Ketika Anda benar-benar stres atau marah, apakah Anda pernah ingin memukul sesuatu? Nah, jika Anda memiliki sarung tinju atau pasangan sparring, tinju bisa menjadi cara yang bagus untuk membakar stres, kemarahan, dan emosi intens lainnya sambil memberikan latihan yang memompa jantung yang luar biasa.

Berkenaan dengan olahraga mana yang terbaik, para ahli mengatakan olahraga yang dapat Anda lakukan secara teratur dan paling Anda nikmati mungkin adalah pilihan terbaik Anda karena kemungkinan besar Anda akan terlibat dengan aktivitas itu secara teratur. Jika Anda benar-benar benci berlari tetapi menikmati menari, pilihlah latihan menari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here