Cara Memilih Pola Makan yang Tepat untuk GERD

DANG MERDU – Jika Anda mengalami mulas atau gejala penyakit refluks gastroesofageal (GERD) lainnya, kemungkinan besar pola makan Anda adalah salah satu hal pertama yang akan ditanyakan oleh dokter Anda. Makanan tertentu memang cenderung mendorong gejala GERD. Anda mungkin disarankan untuk makan makanan ini lebih jarang, atau menghentikannya sama sekali dari menu makan Anda.

Apabila kerongkongan Anda rusak karena GERD, penting juga untuk menghindari beberapa jenis makanan yang bisa mengiritasi jaringan yang lebih sensitif ini dan merusaknya secara berkesinambungan. Cara Anda makan juga bisa menjadi faktor dalam gejala Anda. Mengubah ukuran dan waktu makan Anda dapat secara signifikan mengurangi mulas, regurgitasi, dan gejala GERD lainnya. Anda mungkin juga disarankan untuk makan dengan cara yang membantu Anda menurunkan berat badan, karena kelebihan berat badan dapat memberi tekanan pada perut Anda dan meningkatkan risiko gejala GERD.

Makanan yang Harus Dihindari

Makanan dan minuman tertentu dapat memperburuk gejala GERD , termasuk mulas dan rasa asam dari regurgitasi. Barang-barang yang sering disarankan untuk dihindari oleh penderita GERD meliputi:

  • Alkohol
  • Kafein
  • Minuman berkarbonasi
  • Cokelat
  • Buah jeruk dan jus
  • Tomat dan makanan berbahan dasar tomat
  • Bawang putih
  • Daun mint
  • Bawang
  • Makanan pedas
  • Makanan berlemak
  • Makanan yang digoreng

Beberapa item ini termasuk makanan berlemak, coklat, peppermint, dan alkohol dianggap memperburuk gejala GERD dengan mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah (LES), cincin otot yang memisahkan perut dari kerongkongan. Hal ini memungkinkan isi perut masuk ke kerongkongan, menyebabkan mulas.

Menu yang lain termasuk tomat dan buah jeruk juga diyakini memperburuk gejala dengan meningkatkan keasaman perut Anda. Makanan semacam ini juga bisa mengiritasi lapisan kerongkongan yang rusak. Minuman berkarbonasi pun dapat meningkatkan keasaman serta tekanan di perut, sehingga asam lambung lebih mudah untuk mendorong melalui LES dan mengalir ke kerongkongan. Karena berkarbonasi dan juga sering mengandung kafein, soda bisa menjadi minuman yang sangat bermasalah bagi penderita GERD.

Baca Juga: 5 Langkah yang Dapat Anda Lakukan untuk Mencegah Alzheimer

Cokelat mungkin salah satu makanan terburuk bagi penderita GERD karena mengandung kadar lemak dan kafein yang tinggi. Makanan berlemak yang paling bermasalah termasuk produk susu tinggi lemak, serta potongan daging berlemak dan daging olahan seperti hot dog dan daging makan siang. Orang yang berbeda akan memiliki reaksi yang berbeda terhadap makanan seseorang. Perhatikan pola makan Anda, dan jika makanan atau minuman membuat Anda mulas, pertimbangkan untuk menghindarinya.

Makanan yang Perlu Dipertimbangkan

Karena Anda mungkin perlu menghilangkan makanan tertentu dari pola makan Anda untuk mengurangi gejala GERD, mungkin bermanfaat untuk mengetahui tentang makanan alternatif yang cenderung tidak menimbulkan masalah. Penggantian berikut dapat membantu Anda menghindari gejala.

Produk susu

Daripada susu murni dan produk susu penuh lemak, cobalah susu rendah lemak atau bahkan bebas lemak, yogurt, keju, atau es krim. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba pilihan nondairy seperti susu kedelai atau almond, atau alternatif es krim nondairy.

Makanan yang dipanggang

Daripada makanan berlemak tinggi seperti biskuit, donat, atau roti gulung manis, cobalah roti tawar atau roti gulung, panekuk, wafel, bagel, atau muffin rendah lemak.

Daging dan protein lain

Daripada daging yang mengandung lemak, daging yang digoreng, atau sosis, cobalah daging yang tidak mengandung lemak, daging unggas tanpa kulit, ikan, tahu, atau telurnya.

Buah-buahan

Daripada buah jeruk seperti jeruk, lemon, limau, dan jeruk bali, cobalah buah segar, beku, atau kalengan atau jus buah lain yang dapat Anda toleransi dengan baik.

Sayuran

Daripada sayuran goreng atau krim, bawang, tomat dan produk tomat, atau jus sayuran, cobalah berbagai sayuran segar, beku, atau kalengan lainnya yang disiapkan tanpa tambahan lemak.

Sup

Daripada sup krim atau berbasis tomat, cobalah sup kaldu tanpa lemak atau sup buatan sendiri yang dibuat dengan bahan-bahan tanpa lemak, termasuk susu rendah lemak atau bebas lemak, bukan krim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here