Himbuan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhonny G. Plate kepada masyarakat Indonesia agar menggunakan applikasi PeduliLindungi.

Hal itu ialah sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air.

“Pihak kami terus menghimbau masyarakat agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam penanganan pandemi. Oleh sebab itu, masyarakat diharap agar segera mengunduh dan menggunkan applikasi PeduliLindungi dengan tujuan skrining kesehatan guna membantu pemerintah melakukan tracing dengan cepat” kata Johnny (4/9/2021)

Menkoinfo menjamin keamanan dari applikasi PeduliLindungi itu.Beliau berharap masyarakat tidak perlu ragu untuk mengunduhnya.

Johnny mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu meragukan keamanan dari applikasi PeduliLindungi karena applikasi itu akan terus diuktahirkan dan terus dikembangkan.

Selain Menkominfo, Juru bicara dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi MEpid memastikan bahwa sampai saat ini belum ada bukti tentang kebocoran data pribadi dari applikasi PeduliLindungi (5/9/2021).

Nadia memberikan penjelasan bahwa ada beberapa pihak tertentu yang mengetahui tentang informasi terkait NIK dan vaksinasi covid-19 milik Presiden Jokowi kemudian mereka gunakan untuk mengakses sertifikat vaksin milik Jokowi.

” Jadi ini suatu penyalahgunaan identitas milik orang lain guna mengakses
informasi dari pihak yang tidak terkait, dan bukanlah kebocoran data “ tegas Nadia

Himbuan diberikan Nadia kepada masyarakat agar tetap memakai aplikasi PeduliLindungi sebab data pribadi dijamin keamanannya sesuai dengan undang- undang yang berlaku.

Lagi pula applikasi itu sudah melewati uji proses keamanan IT security assessment yang dilakukan secara ketat oleh Badan Siber dan Sandi Negara yang disingkat BSSN

Masyarakat masih mempertanyakan soal keamanan data bila menggunakan aplikasi PeduliLindungi, dan ini telah menjadi bahasan publik dalam beberapa hari terakhir. Dikarenakan hal beredar luasnya di internet sertifikat vaksin Covid-19 yang dimiliki oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo.

Hasil penelusuran soal sertifikat vaksin yang dimiliki Presiden Jokowi ini berawal dari setelah warganet menemukan NIK Jokowi di dunia maya.

Selanjutnya agar memastikan soal kebenaran dari NIK Jokowi itu, warganet itu mencoba fitur yang ada di laman PeduliLindungi untuk memeriksa sertifikat vaksin. Dan setelah itu di dapat hasil berupa sertifikat vaksin Jokowi, sehingga menyebar luas di internet sampai menjadi viral.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here