5 Langkah yang Dapat Anda Lakukan untuk Mencegah Alzheimer

DANG MERDU – Apakah Anda melangkah ke dapur Anda dan melupakan apa yang Anda butuhkan di sana? Atau mungkin lelucon yang sempurna untuk lelucon yang Anda bagikan dengan seorang teman tiba-tiba luput dari perhatian Anda. Anda mungkin bertanya-tanya apakah korsleting otak ini normal atau apakah itu sesuatu yang perlu Anda khawatirkan.

Penyakit Alzheimer adalah kondisi yang ditakuti dan terkait dengan jumlah berlebihan dua protein yang menghancurkan sel-sel otak. Memikirkannya mungkin bisa membuat ketakutan terburuk bagi Anda yang seperti: kehilangan ingatan jangka panjang dan pendek Anda, menjadi bingung, dan tidak mengenali anggota keluarga Anda sendiri.

Sebelum Anda melompat ke kesimpulan yang menakutkan, penting untuk dicatat bahwa tidak semua kesalahan kognitif menyebabkan kekhawatiran. Alzheimer mungkin merupakan penyakit demensia yang paling umum, tetapi hanya 1% kasus yang memiliki komponen genetik. Ini berarti bahwa Anda dapat melakukan hal-hal untuk menurunkan risiko dan mencegahnya.

Di banyak tempat perawatan kesehatan memberikan berbagai saran sebagai bagian dari fokusnya untuk perawatan. Di sini, kami membahas strategi pencegahan yang dapat Anda terapkan untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk menghindari demensia dan lebih lanjut lagi, Alzheimer.

Gejala Demensia yang Disebabkan oleh Alzheimer

Salah satu hal rumit tentang demensia adalah bahwa ia memiliki banyak gejala yang bervariasi dan terjadi secara bersamaan. Biasanya tidak semuanya akan muncul sekaligus, dan Anda mungkin tidak mengalami semuanya, tetapi spektrum gejalanya meliputi beberapa hal sebagai berikut ini:

  • Disorientasi dan kebingungan
  • Masalah dengan pemikiran dan penalaran logis
  • Depresi
  • Kecemasan
  • Pengakuan
  • Perubahan kepribadian
  • Agresi, bahkan paranoia
  • Perasaan kewalahan dengan tugas dan kewajiban rutin
  • Kelupaan, bahkan di sekitar orang yang sebenarnya familiar

Baca Juga: Cara Berolahraga di Rumah Selama Pandemi COVID-19

Daftar gejala ini mungkin membuat Anda takut pada awalnya, tetapi penting untuk diketahui bahwa jika Anda dipersenjatai dengan pemikiran ke depan, pengetahuan tentang riwayat keluarga Anda, dan keterbukaan terhadap konseling kami tentang pencegahan, Anda dapat menjadi pasien yang memiliki masa depan yang lebih baik. Adapun penyebab spesifik Alzheimer, masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada pemikiran yang berkembang bahwa faktor gaya hidup dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit ini.

Langkah-Langkah untuk Mengurangi Risiko Alzheimer

Praktik yang dianggap dapat menunda atau membantu mencegah penyakit Alzheimer seharusnya sudah Anda kenal seperti kebiasaan gaya hidup sehat yang telah Anda dengar selama bertahun-tahun. Lima tips pencegahan Alzheimer teratas adalah sebagai berikut:

  • Berolahraga secara teratur
  • Jaga tekanan darah Anda tetap terkendali
  • Terlibat dalam pelatihan kognitif (puzzle, permainan yang melibatkan ingatan, menjahit, dll.)
  • Makan makanan yang sehat dan seimbang
  • Pertahankan hubungan dan koneksi yang sehat

Penelitian sedang berlangsung, tetapi sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa bergerak setiap hari dapat membantu mengurangi penurunan kognitif, dan hal yang sama berlaku untuk makan makanan berbasis makanan utuh yang kaya buah dan sayuran. Praktik-praktik ini pada akhirnya akan dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda, dan kesehatan pembuluh darah yang terganggu juga telah dikaitkan dengan Alzheimer.

Bagian paling menyenangkan dari resep anti-Alzheimer ini adalah membuat otak Anda sibuk dengan teka-teki, hobi seperti memainkan alat musik, dan menghabiskan waktu melakukan hal-hal dengan orang yang Anda sukai. Karena tips ini juga disarankan untuk mencegah banyak kondisi kesehatan lainnya, mereka tidak asing atau terlalu sulit. Dan mengetahui bahwa cara-cara tersebut dapat membantu melindungi Anda dari diagnosis Alzheimer, hal tersebut tentunya dapat meningkatkan faktor motivasi Anda secara eksponensial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here