Pekanbaru, Dangmerdu – Bantuan social saat ini terus digulirkan guna membantu masyarakat agar terus bertahan dalam kondisi pandemi saat ini. Setidaknya menurut informasi data yang didapatkan, ada lima macam jenis bansos yang akan cair bulan September 2021 ini. Tentu ini akan menjadi kabar gembira bagi banyak orang.

Bansos apa sajakah itu yang akan cair pada bulan September 2021 ini? Berikut anda bisa lihat daftarnya yang kami uraikan di bawah ini.

Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Bantuan subsidi upah atau BSU, dengan jumlah besaran Rp 1.000.000 akan diberikan kepada pekerja dengan gaji maksimal sebesar Rp 3.500.000 atau setara juga dengan UMK daerah.

Sebelum Anda dapat menerima bantuan ini, Anda bisa memastikan terlebih dahulu status penerimaan pada situs resmi Kemnaker, atau pada situs resmi yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Subsidi Diskon Listrik

Subsidi diskon listrik juga masih akan diberikan mulai pada bulan September 2021 ini, dan kabar baiknya lagi tariff diskon ini akan diperpanjang sampai ke bulan Desember 2021 nanti. Siapa saja Yang akan mendapatkan diskon listrik ialah pelanggan yang menggunakan 450 VA dan 900 VA, dengan tentunya syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pernyataan Diskon Listrik ini sendiri muncul langsung dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Baca juga: Sekarang Di Pekanbaru Pengunjung Indomaret dan Alfamart Harus Bayar Parkir

Program Keluarga Harapan, Bansos Akan Cair Bulan September 2021

Program Keluarga Harapan ini sendiri akan diberikan kepada ibu hamil sampai anak sekolah, yaitu berupa uang tunai dan juga sembako. Secara umum, orang yang menerima manfaat PKH akan menerima sejumlah manfaat yang telah disesuaikan dengan kondisi keluarga, apakah sedang memiliki ibu hamil, balita, anak SD, anak SMP, atau anak SMA.

Bantuan ini juga pastinya memperhatikan keberadaan lansia dan penyandang disabilitas. Setiap perorangan atau kategori akan diberikan dengan jumlah yang berbeda.

Bantuan Kuota Internet bagi Pelajar

Karena sistem belajar di rumah atau disebut juga daring yang saat ini sedang berlangsung, maka pemerintah juga memberikan berupa bantuan dalam bentuk kuota internet. Bansos ini cair pada bulan September 2021, dan bantuan kuota ini sendiri diberikan berdasarkan tingkat pendidikan.

Untuk PAUD, diberikan sebesar 7 GB. Untuk SD hingga SMA, akan diberikan sebesar 10 GB, untuk tenaga pendidik PAUD-SMA mendapatkan sebesar 12 GB, dan mahasiswa atau dosen juga mendapatkan sebesar 15 GB per bulan.

Bantuan UKT Kuliah

Bantuan ini juga diberikan dalam bentuk UKT kuliah, diperuntukkan kepada mahasiswa. Bantuan ini besarannya juga berdasarkan pada tingkat semester yang tengah ditempuh. Dan yang akan menerima manfaat ini ialah mahasiswa yang aktif semester daro III, V, dan VII, dengan memenuhi syarat bahwa tidak sedang menerima bantuan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here