Review Film The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)

DANGMERDU – The Devil Made Men Do It menceritakan kisah terberat yang pernah dihadapi pasangan paranormal, Ed dan Lorraine Warren dalam karier mereka. Cerita dalam film ini berfokus pada kasus pembunuhan nyata yang terjadi pada tahun 1981 oleh Arne Johnson. Conjuring 3 Devil Made Me Do It didasarkan pada kasus pengadilan terkenal dengan nama yang sama. Cerita ini diambil dari kisah yang terjadi pada tanggal 24 November 1981 di Brookfield, Connecticut. Pada hari itu Arne Cheyenne Johnson diadili dalam kasus pembunuhan tingkat pertama atas kematian seorang tuan tanah yang bernama Alan Bono. Kasus ini menjadi terkenal karena, untuk pertama kalinya, melibatkan unsur “kerasukan setan” dalam persidangan pembunuhan. Yuk simak sinopsisnya berikut ini:

Semuanya dimulai ketika keluarga Arne Johnson (Ruairi O’Connor) pindah ke sebuah rumah baru. Sejak awal, penonton akan ditunjukkan suasana rumah yang angker, gelap dan kacau, dengan banyak goresan di dinding. Kemudian terjadilah adegan pengusiran setan yang intens dan juga menakutkan. Sebagai sebuah adegan awal, ini adalah pemanasan yang cukup menarik.

Alih-alih merasakan kebahagiaan, apa yang mereka rasakan adalah banyak terjadi kejadian aneh. David, adik ipar dari Arne, telah menjadi sasaran roh jahat sejak hari pertama masuk ke rumah baru tersebut. Kehadiran hantu jahat yang merasuki David membuatnya sengsara secara fisik.

Setelah melihat adik iparnya yang  tersiksa seperti ini, Arne memutuskan untuk menantang roh jahat tersebut. Dia meminta roh jahatnya untuk masuk ke tubuhnya, bukan David. David berhasil terlepas diri dari cengkeraman roh jahat. Namun sejak proses pengusiran setan dari tubuh David, Arne lah yang kemudian diganggu oleh roh jahat tersebut.

Semakin hari kondisi Arnie semakin parah dan mengerikan akibat gangguan tersebut. Sampai pada suatu hari dia membunuh seorang tuan tanah. Arne bahkan tidak tahu apa yang telah dia lakukan. Arne mengaku melakukan pembunuhan tersebut tanpa sadar karena saat itu ia dirasuki setan. Kemudian Ed dan Lorraine ingin membuktikan apakah pengakuan Arne itu benar atau hanya alasan belaka. Mengingat bahwa hukum hanya berlaku untuk hal-hal yang nyata, bukan hal-hal yang bersifat gaib.

Baca Juga: Review Film Selesai yang Bikin Gemas

Karena ingin menguak kasus yang terjadi pada Arne, Ed (Patrick Wilson) dan Lauren (Vera Farmiga) terlibat dalam kasus pembunuhan dan kerasukan setan. Kemudain banyak sekali misteri yang menyelimutinya. Akting dan penampilan ke dua pasangan tersebut dalam film tidak akan membuat penonton bosan. Dalam film ini, Wilson muncul sebagai Ed, seorang suamin yang selalu melindungi istrinya, Lauren, meskipun dia tidak memiliki kekuatan supranatural seperti istrinya. Namun, keberanian dan cintanya pada Lauren mampu menghapus rasa takutnya terhadap iblis yang mereka hadapi.

Roh jahat yang merasuki Arne memiliki kemampuan untuk menyakiti manusia. Namun, Ed dan Lorraine tetap ingin membantu Arne dan mempertaruhkan hidup mereka untuk menyelamatkan Arne. Semakin banyak Ed dan Lorraine mencari tahu, semakin besar pula bahaya yang mengancam mereka.

Segalanya menjadi semakin rumit karena Ed dan Lauren juga berpacu dengan waktu sebelum pengadilan menjatuhkan hukuman mati kepada Arne. Mereka terus menemui banyak haangan dan rintangan saat berhadap dengan roh jahat tersebut. Pada akhirnya pengadilan memutuskan Arnie bersalah atas pembunuhan, dan dia harus menghabiskan lima tahun di penjara.

Kisah Ed dan Lauren benar-benar seperti menemukan oase dalam padang pasir. Di tengah cerita horor, kisah cinta mereka bisa menjadi panutan. Karena bahkan pencobaan dan tipu daya setan tidak mampu memisahkan keduanya. Adegan terakhir dalam film The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It memperlihatkan Ed dan Lorraine berada di gazebo yang ia bangun. Mereka mengenang saat mereka pertama kali berkencan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here