5 Manfaat Berbagi Tempat Tidur dengan Bayi

DANG MERDU – Bayi dan tidur cukup banyak berjalan beriringan. Sejak si kecil lahir, Anda pasti selalu ditanya oleh banyak orang, “Bagaimana dia tidur?”. Dengan banyaknya metode, buku, dan pakar tidur bayi, mudah untuk melihat bahwa kita semua sedikit terobsesi dengan tidur bayi. Mengapa? Tidur itu penting! Orang tua membutuhkan tidur, namun bayi membutuhkan perawatan sepanjang waktu. Bagaimana kebutuhan tidur setiap orang dapat terpenuhi?

Bayi diciptakan Tuhan untuk sering makan dan merasa aman saat dekat dengan mama. Desain ini berarti mereka membutuhkan perawatan dan perhatian, bahkan di malam hari. Namun ibu yang sangat kurang tidur lebih rentan terhadap gangguan mood pascakelahiran.

Saat mama dan bayi dekat, keduanya istirahat lebih nyenyak. Saat bayi berada tepat di sampingnya, mama tidak perlu beranjak dari tempat tidur untuk menggendong bayinya, menyusuinya, dll. Bagi banyak ibu dan bayi, tidur bersama adalah jawaban untuk mengurangi kurang tidur sambil tetap selalu siap akan semua kebutuhan bayi di malam hari. Ada banyak manfaat untuk tidur bersama. Berikut 8 manfaat menjaga bayi tetap dekat di malam hari.

1. Bayi Secara Alami Memiliki Pola Siang dan Malam

Bukan hal yang aneh bagi bayi baru lahir untuk mencampuradukkan siang dan malam mereka. Banyak bayi tidur ekstra nyenyak sepanjang hari tetapi bisa gelisah atau terjaga hampir sepanjang malam. Menjaga bayi tetap dekat di siang hari dengan lampu dan kebisingan di sekitar pada akhirnya dapat membantu bayi tetap sedikit lebih terjaga di siang hari. Menjaga bayi tetap dekat di malam hari, memenuhi kebutuhan mereka di lingkungan yang tenang dan redup, dapat membantu mereka belajar lebih banyak istirahat di malam hari.

Bayi juga beristirahat lebih nyenyak ketika mereka merasa aman. Jika kita dekat dengan kebisingan di siang hari, tidak mengherankan jika mereka tidur nyenyak. Jika kita mencoba membaringkannya sendirian di lingkungan yang tenang, mereka mungkin merasakan ketidakhadiran Anda dan tidak bisa tidur nyenyak di malam hari.

Bayi sering diarahkan untuk menyusu, terutama di malam hari. Ini tidak berarti mereka bingung tentang siang atau malam, itu hanya berarti mereka harus sering disusui. Tidur bersama dan menemukan pola siang malam yang baik dapat berarti mereka beristirahat dengan baik di antara sering menyusu dan mama juga bisa beristirahat.

2. Tidur Bersama Membantu Bayi Berlatih Membangunkan Diri Sendiri

Sementara bayi Anda yang baru lahir terlelap dan tetap tidur nyenyak mungkin terdengar menarik, itu bukan jenis tidur yang dirancang untuk mereka miliki. Seorang profesor kesehatan menemukan bayi yang tidur bersama sering terangsang ketika dekat dengan ibunya. Mereka tidak sepenuhnya bangun, tetapi mereka berada dalam tidur yang lebih ringan dan lebih aman untuk bayi yang baru lahir.

Latihan membangunkan ini dapat membantu bayi belajar menggunakan insting pertahanan diri mereka untuk bangun ketika ada satu hal yang tidak nyaman seperti kepanasan, terlalu dingin, atau sesuatu yang menghalangi jalan napas mereka. Mampu membangunkan dirinya sendiri dengan mudah dapat mengurangi risiko SIDS.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stres Berkelanjutan Akibat Bekerja dari Rumah

3. Penuhi Kebutuhan Bayi Tanpa Bangun

Sebagian besar bayi perlu diberi makan, ditenangkan, dan diganti popoknya di malam hari. Jika bayi berada di dekatnya, mama dapat melakukan semua hal ini saat di tempat tidur dan tetap dalam keadaan tenang. Bangun dari tempat tidur, berjalan menyusuri lorong, berganti pakaian di alas ganti, dan menenangkan bayi untuk kembali tidur membutuhkan kesadaran penuh dan terjaga.

Mampu memenuhi kebutuhan bayi hanya dengan berguling dapat membantu ibu dan bayi lebih banyak beristirahat. Ketika kebutuhan bayi terpenuhi dengan cepat dan di dalam atau di dekat lokasi tidurnya, bayi sering cepat tertidur kembali dengan sedikit bantuan dari mama.

4. Kurangi Menangis di Malam Hari

Bayi tidur nyenyak ketika mereka merasa aman. Mengetahui mamanya dekat kemungkinan akan membantu bayi tidur lebih nyenyak dan lebih sedikit rewel. Mama yang tidur bersama dapat memperhatikan tanda-tanda lapar lebih awal. Seringkali mama bisa bangun selama tanda-tanda awal ini dan memenuhi kebutuhan bayi sebelum mereka mulai menangis.

Saat Anda tidur bersama, upaya untuk membuat bayi tidur sebelum merebahkannya lebih sedikit. Ini berarti lebih sedikit menangis. Anda tidak akan memiliki bayi yang lelah dan rewel untuk memprotes dibaringkan di ranjang mereka.

5. Tidur Bersama Membantu dengan Ikatan dan Keterikatan yang Aman

Keterikatan yang aman antara bayi dan pengasuh adalah ikatan emosional yang membuat bayi merasa aman dan diperhatikan. Keterikatan yang aman ini, yang dipupuk pada masa bayi, diterjemahkan menjadi seorang anak yang merasa aman dan mengetahui bahwa pengasuh mereka akan selalu kembali untuk memenuhi kebutuhan mereka. Anak-anak dengan kelekatan aman sering kali merespons situasi dengan tepat, menunjukkan sedikit kesusahan ketika ibu mereka pergi, dan bahagia ketika ibu mereka kembali.

Tidur bersama membantu menumbuhkan keterikatan karena kedekatan mama dan bayi membantu melepaskan ‘hormon cinta’ oksitosin. Hormon oksitosin berperan besar dalam keterikatan. Tidur bersama juga membantu dalam menanggapi kebutuhan bayi dengan cepat, membantu mereka untuk belajar bahwa Anda akan selalu memenuhi kebutuhan mereka. Meskipun sangat mungkin untuk menjalin ikatan tanpa tidur bersama, itu memang menawarkan kesempatan lain untuk lebih banyak menjalin kedekatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here