5 Manfaat Muay Thai yang Menakjubkan untuk Anak

DANG MERDU – Muay Thai, atau dikenal sebagai “Thai Boxing”, adalah seni bela diri yang dinamis dan menarik yang dapat ditelusuri hingga pertengahan abad ke-18. Olahraga ini juga disebut sebagai “Seni Delapan Tungkai” karena memanfaatkan pukulan, tendangan, siku, dan berbagai serangan lutut.

Jenis seni bela diri secara khusus ini pada awalnya digunakan sebagai keterampilan bertarung untuk membantu orang melindungi diri mereka sendiri dari lawan yang kuat. Akhirnya, Muay Thai dimodernisasi menjadi olahraga populer di Thailand yang disponsori oleh raja sendiri. Dan oleh karena itu segera mendapatkan rasa hormat di seluruh negeri. Para pegiatnya dipuji karena keterampilan mereka yang luar biasa dan kemampuan unik untuk menggunakan bagian tubuh mereka sebagai senjata.

Hari ini, Muay Thai dipraktekkan di seluruh dunia. Dan meskipun mungkin tampak seperti olahraga kontak yang berbahaya atau ekstrim, mayoritas praktisi Muay Thai modern sebenarnya tidak kompetitif, dan banyak yang melakukannya untuk meningkatkan kondisi mental dan fisik mereka. Seorang instruktur Muay Thai yang baik akan membuat tujuannya untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal dari setiap kelas.

Lantas, Bagaimana dengan Muay Thai untuk Anak-Anak?

Dapat dimengerti untuk berpikir bahwa Muay Thai mungkin terlalu berbahaya untuk diikuti oleh anak Anda. Namun kenyataannya, jenis seni bela diri ini tidak lebih berbahaya daripada olahraga lain yang dipraktikkan oleh anak-anak. Faktanya, para ahli di bidang ini mendorong orang tua untuk mempertimbangkan untuk mendaftarkan anak mereka di kelas Muay Thai sedini mungkin. Perlu lebih meyakinkan? Berikut adalah lima manfaat luar biasa yang akan diterima anak Anda dari mendaftar di kelas Muay Thai.

1. Muay Thai Mendorong Penetapan Tujuan

Muay Thai dipraktekkan dengan cara yang menekankan pada tujuan pribadi. Misalnya, seperti sistem sabuk Karate, Muay Thai memungkinkan praktisi untuk bekerja menuju tingkat pencapaian yang lebih tinggi dalam sistem Prajioud (pita lengan). Jadi, apa artinya ini bagi anak Anda? Dengan menetapkan tujuan, anak Anda akan mendapatkan lebih banyak tekad, yang dapat meningkatkan kemampuannya untuk belajar di sekolah serta menyelesaikan tugas-tugas lain dengan fokus dan semangat.

Baca Juga: 4 Alasan Wanita Harus Berlatih Muay Thai Hari Ini

2. Muay Thai Mengajarkan Perhatian

Muay Thai dikembangkan dalam budaya yang didominasi orang Buddha di mana pentingnya perhatian, rasa hormat, dan kedamaian sangat ditekankan. Karena pelatihan Muay Thai, pada intinya, berpusat pada tradisi bersejarah ini, anak Anda akan belajar untuk menjadi lebih sadar dalam kehidupan sehari-harinya. Baik itu di rumah, di sekolah, dan saat berinteraksi dengan teman-teman.

3. Muay Thai Meningkatkan Kebugaran Fisik

Kebugaran jasmani penting bagi anak untuk tumbuh sehat, baik secara fisik maupun mental. Untuk membantu anak Anda mengembangkan kebiasaan yang akan bertahan seumur hidup, gaya hidup aktif dan sehat harus dimulai sejak dini. Dengan obesitas, masa kanak-kanak menjadi lebih umum saat ini, bahkan lebih penting bagi anak-anak untuk terlibat dalam aktivitas fisik. Muay Thai adalah aktivitas yang sempurna untuk membuat anak Anda tertarik pada kebugaran fisik, sambil mendorong konsentrasi dan koordinasi. Selain itu, kelas Muay Thai umumnya diajarkan di dalam ruangan.

4. Muay Thai Mengajarkan Bela Diri

Meskipun para ahli di bidang ini tidak mendukung perkelahian, akan bermanfaat bagi anak Anda, atau siapa pun dalam hal ini, untuk mengetahui cara membela diri. Selama kelas Muay Thai, anak Anda akan diajari tanggung jawab pribadi tentang cara menangani konfrontasi dan cara menghindari hal yang berpotensi mengancam.

5. Muay Thai Meningkatkan Kesadaran Mental

Muay Thai adalah latihan mental yang luar biasa seperti halnya fisik. Olahraga itu sendiri sangat teknis, praktisi harus memastikan semua gerakan dan teknik dilakukan dengan benar. Ini sangat meningkatkan jiwa mental, memberdayakan anak Anda dengan kepercayaan diri tertinggi, disiplin ulet, dan fokus mutlak. Dimana semua hal ini digabungkan dan menempatkan anak Anda ke dalam kondisi mental dan spiritual yang optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here