Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) menistruksikan kepada para pejabat terkait di Kemenparekraf agar mempercepat kegiatan regulasi yang menyangkut dengan Intellectual Property (IP) atau hak kekayaan intelektual yang diharap bisa menjadi anggunan pinjaman (collateral).

“Ini perintah! Segera percepat proses untuk suatu aturan yang menyangkut dengan hak kekayaan intelektual (HKI) yang direncakan sebagai collateral atau anggunan dari pinjaman,” tegas Sandiaga di acara seminar yang dilakukan secara daring pada hari Minggu di Jakarta.

Kemenparekraf juga mengatakan bahwa para timnya saat ini bekerja dalam penyiapan regulasi pada Kementerian Hukum dan HAM, dan diprediksikan dalam hitungan minggu beliau meminta kepada semua pejabat yang terkait di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi supaya mempercepat proses peraturan soal HKI tersebut.

Dengan adanya konsep ini maka Kemenparekraf dapat melakukan kolaborasi karena regulasi sudah ada. Salah satu rencana Sandiaga uno ialah berkolaborasi dengan Erick Thohir Menteri BUMN menghimbau semua bank Himbara untuk memberi kemudahan kredit kepada Hak Kekayaan Inteleltual (HKI) Indonesia, dari yang dikelola oleh BUMN dan juga yang dikelola oleh pihak swasta agar dimudahkan akses untuk mendapatkan pinjaman modal.

Menparekraf mengatakan bahwa dengan adanya aturan yang mengikat soal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ini, maka para kreator diharapkan tidak berhenti disitu saja. Beliau juga berencana untuk pengembangan mechandise-nya, animasinya dan lainya. Sandiaga yakin bahwa hal ini akan menjadi langkah awal untuk berkolaborasi secara konkrit dan kota Jakarta akan menjadi epicentrum-nya kegiatan ekonomi kreatif

“Saya yakin ini adalah potensi Indonesia khususnya Jakarta, kita buat terobosan baru, dan bakal menjadi legacy atau warisan dari pemerintahan Presiden Joko Widodo di periode kedua saat ini, supaya kegiatan industri ekosistem ekonomi dan ekonomi kreatif digital, terobosan ini kita laksananakan dimulai dari segi pembiayaan, saat HKI dapat menjadi akses untuk permodalan” kata Sandiaga Uno

Beliau menambahkan bahwa Jakarta adalah menjadi titik pertama sebagai penggerak ekonomi kreatif di tanah air. Bagi sandiaga ini seperti menciptakan efek bola salju yang dengan adanya HKI maka akan mudah dalam hal pendanaan.

Hal yang sama disampaikan oleh Menparekraf bahwa jika sudah terdaftar dalam hak kekayaan intelektual, maka itu jaminan ke perbankan yang dapat dijadikan sebagai aset tanpa harus pijaman dengan anggunan.Aturan ini beliau buat guna membuat sistem pemasaran pemasaran bagi produk ekonomi kratif berdsarkan kekayaan intelektual.

Rancangan untuk pelaksanaan Undang-Undang telah dipersiapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif, Sandiaga Salahudin Uno. Peraturan tentang Ekonomi Kreatif ini nantinya diatur dalam UU Nomor 24 tahun 2019, yaitu aturan skema mengenai pembiayaan yang berbasis pada intellectual property (IP), kekayaan intelektual.

Para pelaku ekonomi kreatif diharapkan dengan meggunakan skema ini akan mempermudah soal pembiayaan modal usaha.

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here