Pandemi telah mengubah kehidupan masyarakat secara drastis. Dulu para pelaku UMKM sering mengikuti acara bazar untuk menjualkan produk mereka. Namun begitu pandemi virus covid-19 melanda dunia, kegiatan kita semua digiring ke arah digital.

Untuk dapat berjualan secara online, salah satu hal yang menjadi penentu ketertarikan konsumen dalam promosi adalah foto produk yang cantik.Agar hasil foto produk anda menarik, anda harus mengerti sedikit tentang photography khususnya di bidang foto produk.

Photography adalah seni lukis dengan cahaya, jadi yang perlu anda perhatikan dalam foto produk adalah cahaya. Cahaya dalam photography ada 2 yaitu cahaya alami dari matahari, dan cahaya buatan yaitu dari lampu. Jika anda memotret dengan memanfaatkan cahaya dari alam maka temperatur suhu dari matahari akan mempengaruhi hasil foto anda.

Sebagai contoh,,anda memotret produk pada siang hari menjelang sore yaitu sekitaran jam 2 siang – jam 4 sore. Saat itu temperatur suhu di udara berkisar 4.500-5.500 Kelvin. Semakin kecil nilai temperaturnya maka akan memberikan efek warna hangat atau kekuningan.

Hal berikutnya setelah anda memahami tentang cahaya pada foto produk, ialah teknik motret yang dapat memberikan kesan emosi pada foto dan dimensi ukuran dari produk yang akan difoto.

Dengan kata lain, bila anda memotret makanan maka orang akan lansung merasa lapar karena tergiur melihat hasil foto makanan itu. Foto itu juga menampilkan dimensi seberapa tinggi atau sebesar apa makanan itu.

Bila anda benar-benar ingin memperdalam ilmu photography produk, maka anda perlu pelajari komposisi foto untuk tata letak suatu objek foto, pengambilan sudut atau angel foto, serta warna. Untuk hal komposisi tata letak, anda harus pelajari yang namanya triangle komposisi, komposisi sepertiga atau rules of third,dan komposisi melengkung.

Selanjutnya adalah warna, anda perlu mempelajari ilmu dasar komposisi warna, ini berguna agar produk anda terlihat dalam hasil foto. Contohnya jika produknya berwarna kuning atau jingga maka kita gunakan tema atau latar belakang nuansa biru.

Terakhir yang penting anda pelajari dalam foto produk ialah tata letak pemotretan produk. Ini gunanya untuk menghasilkan dimensi pada foto prouk anda. Setiap objek dengan sudut pandang dan tata letak yang berbeda dapat memberikan efek yang berbeda pula.

Agar anda dapat menemukan sudut pandang yang pas maka yang perlu anda lakukan adalah eksplorasi. Misalna cari referensi foto yang bisa dijadikan untuk alat bantu di proses pemotretan. Bila perlu melakukan riset target pasar, riset pesaing produk dan riset produk.

Setelah anda berhasil mempelajari ilmu Photography produk dan menghasil foto-foto produk yang menarik. Selanjutnya ilmu yang harus kamu pelajari dalam bisnis digital atau bisnis online ialah strategi rencana promosi produk. Menggunakan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan produk tersebut, misalnya promo di akun instagram anda.

Terutama bagi anda yang telah memiliki brand dari produk anda tersebut, anda harus membuat perncanaan promosi secara rinci.Hal ini berkaitan terhadap kesan yang kita tampilkan pada instagram, sehingga kita telah memberikan karakter dari pilihan tematik yang baik dari desain dan warna yang kita gunakan terhubung menjadi satu kesatuan dari seluruh unggahan anda.

Setelah anda menentukan warna dan tema untuk unggahan produk anda, selanjutnya anda harus menjadi manusia yang disiplin dalam hal unggahan konten produk di instagram. Anda jadwalkan secara terperinci kapan anda akan melakukan unggahan,apakah setiap minggu, atau setiap bulan.

Media sosial apa yang akan anda gunakan untuk tempat promosi produk, itu juga perlu anda tetapkan. Beda platform maka beda pula ukuran file unggahannya, selanjutnya anda harus putuskan jenis file apa yang akan diunggah, apakah jpg atau foto, file gif atau animasi, dan video dalam bentuk file mp4.

Mulailah belajar mempraktekan desain foto produk untuk promosi di applikasi yang sederhana, sepeti Canva, applikasi ini bisa anda gunakan di hp anda. Dengan adanya ilmu photography produk dan pemasaran maka akan meningkatkan omzet penghasilan dari produk anda, terutama bagi pebisnis UMKM yang secara digital.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here