Hand holding syringe and vaccine vial

Regulasi pemberian vaksin covid-19 sedang dipersiapkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Vaksin ini berasal dari perusahaan farmasi dari Amerika Serikat yang diberi nama, Moderna. Konon katanya vaksin ini bisa dipakai oleh masyarakat umum maupun ibu hamil warga ibu kota Jakarta.

Ngabila Salama, Kepala Seksi Imunisasi dan Epidemologi Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, menyatakan bahwa pihaknya sudah menerima alokasi 200.060 vaksin Moderna lewat Kementrian Kesehatan.

Dosis pemberian jatah vaksinasi platform mRNA ini, kepada masyarakat dilakukan 2 kali , itu artinya, warga ibu kota bakal hanya dapat jatah vaksin moderna 100.030

Melalui pesan singkat,Minggu(15/8) Ngabila Salama mengatakan bahwa pelaksanaan pemberian vaksinasi kepada masyarakat warga kota jakarta akan dilakukan secepatnya, beliau masih menunggu regulasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dan regulasi itu akan segera dikeluarkan.

Beliau juga menegaskan bahwa vaksin moderna untuk masyarakat warga ibu kota Jakarta hanya dengan dosis dua kali suntikan, dosis pertama dan kedua. Sedangkan suntikan vaksin moderna dosis ketiga yaitu suntikan untuk booster hanya diperuntukan kepada tenaga kesehatan (Nakes)

Pemberian suntikan booster untuk tenaga kesehatan sudah dimulai sejak 16 Juli 2021 lalu,dan ini masi belum bisa
dikatakan rampung. Sudah hampir genap satu bulan, namun hanya 30 persen saja nakes di ibu kota Jakarta yang sudah mendapatkan booster yaitu suntikan ketiga vaksin Moderna.

Sementara Nakes mendapatkan alokasi untuk jatah vaksin moderna sebesar 122.050, dan baru tercapai hanya 30 persen yang sudah rampung diberikan.

Sebelumnya alokasi vaksin moderna yang telah diberikan Kementrian Kesehatan melalaui surat edaran (SE) Nomor SR.02.06II/2025/2011 ditujukan kepada seluruh Gubernur serta Bupati di Indonesia, dan ditandatangani oleh Plt Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes pada tanggal 4 Agustus 2021 adalah sebanyak 5.102.300 juta disebarkan untuk masyarakat umum di seluruh penjuru tanah air.

Sejauh ini sebanyak 8.000.160 total dosis dari vaksin moderna yang telah diterima Indonesia dari pemerintah Amerika Serikat lewat skema kerjasama melalui WHO yaitu Multilateral Aliansi Global, program Imunisasi dan Vaksin dikenal dengan COVAX Facility.

Ada sekitar 8 juta dosis vaksin moderna yang digunakan sebagai booster alias dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (Nakes) di tanah air ini.

Kementrian Kesehatan sebelumnya telah menyebutkan bahwa bukan hanya booster saja, namun juga para nakes dibeberapa daerah yang belum mendapatkan dosis pertama vaksin virus corona diberikan vaksin moderna.

Dan untuk masyarakat umum,alokasi dosis vaksin ke 34 provinsi di tanah air yang diberikan Kemenkes sebanyak 5.102.300. Diantara provinsi itu ada 3 provinsi mendapatkan alokasi vaksin terbanyak yaitu masing-masing menerima dosis vaksin sebanyak 500.080, tiga provinsi itu adalah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Sedangkan provinsi Kalimantan Tengah dan Maluku utara masing- masing hanya menerima sebanyak 61.180, disusul Papua barat yang paling sedikit menerima jatah vaksin moderna yaitu 50.120.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here