Berita terkini ekonomi dan bisnis hingga siang hari ini, Rabu, 21 Juli 2021, dimulai dari alasan pemerintah resmi memperpanjang PPKM Darurat.

Berikutnya ada berita tentang turunnya harga sepeda dan insentif Rp 1,2 juta untuk usaha mikro. Lalu ada berita mengenai alasan Menteri Investasi ke luar negeri saat PPKM Darurat dan Faisal Basri yang menilai Jokowi lebih memilih menyelamatkan Ari Kuncoro ketimbang UI.

Kelima topik tersebut paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Bisnis Tempo.co. Berikut selengkapnya lima berita bisnis yang trending tersebut:

1. PPKM Darurat Resmi Diperpanjang Hingga 25 Juli 2021, Ini Sebabnya

ADVERTISEMENT

Pemerintah resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021. Kegiatan ekonomi akan diperlonggar pada 26 Juli 2021 jika indikator rata-rata penambahan kasus positif Covid-19 harian menunjukkan perbaikan.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjelaskan keputusan perpanjangan diambil setelah pemerintah mengevaluasi pelaksanaan PPKM Darurat yang dimulai pada 3 Juli 2021. Kebijakan PPKM Darurat ini, menurut dia, tidak bisa dihindari.

“Yang harus diambil pemerintah meskipun sangat berat,” ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual bertajuk Pernyataan Presiden RI tentang Perkembangan Terkini PPKM Darurat yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 20 Juli 2021.

2. Tren Bersepeda Meredup Berbagai Sebab, Harga Sepeda Turun 30 Persen

Di awal pandemi, bersepeda menjadi tren yang meningkat tajam di masyarakat. Tren bersepeda terus berlanjut hingga pertengahan 2020. Namun, mulai akhir tahun tren bersepeda mulai mengalami penurunan. Mengapa?

Melansir dari Koran Tempo, pasar sepeda sudah memasuki titik jenuh. Redupnya euforia bersepeda saat masa pandemi menyebabkan permintaan semakin turun dan harganya menjadi anjlok.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo), Eko Wibowo, mengatakan harga sepeda turun sekitar 30 persen. Selain karena permintaan yang turun, Eko mengatakan penurunan harga terjadi karena ada fenomena yang tak wajar.

Simak lebih jauh tentang sepeda di sini.

3. Usaha Mikro Akan Dapat Insentif Rp 1,2 Juta, Begini Cara Mendapatkannya

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan ada sekitar 1 juta pengusaha mikro yang bakal mendapatkan insentif berupa bantuan tunai, masing-masing senilai Rp 1,2 juta karena dinilai bakal terpukul akibat PPKM Darurat.

“Pemerintah memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar Rp 1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro,” kata Jokowi melalui konferensi pers virtual yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa malam, 20 Juli 2021.

Jokowi menjelaskan, insentif itu berasal dari tambahan alokasi anggaran perlindungan sosial sebesar Rp 55,21 triliun pada masa perpanjangan PPKM Darurat. Selain insentif usaha UMKM Informal, Jokowi mengatakan, tambahan anggaran perlindungan sosial itu juga bakal disalurkan pada program bantuan sosial berupa BST, BLT Desa, PKH, bantuan sembako, bantuan kuota internet dan subsidi listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here