Fitur Smartsense dan Bluelink Yang Disematkan Oleh Hyundai Pada Creta
Fitur Smartsense dan Bluelink Yang Disematkan Oleh Hyundai Pada Creta

Hyundai Creta merupakan produkn teranyar di Indonesia untuk kelas SUV. PT HMID (Hyundai Motors Indonesia) mengatakan jika produk tersebut di produksi di Cikarang, Jawa Barat, dimana mobil tersebut akan disematkan dengan berbagai fitur canggih yang kan memberikan pengalaman berkendara yang maksimal yang akan dirasakan oleh pengendaranya.

Salah satu fitur yang dihadirkan oleh Hyundai adalah SmartSense, sistem bantuan pengemudi yang sangat mutakhir yang di hadirkan oleh Hyundai untuk keamanan dan kenyamanan konsumen saat mengendarai mobil tersebut. Sistem akan memantau sekitar kemudian memberi informasi jika terdapat ancaman bahaya saat mengemudi.

Baca juga : Mengisi Bensin Hingga Melimpah Patut Dihindari

Tersedia pula fitur yang dinamakan FCA (Forward Collision Avoidance Assist) dimana sistem kerjanya akan otomatis memperingatkan apabila terdapat resiko terjadi tabrakan dari arah depan. Apabila akan terjadi tabrakan dari kendaraan lain baik itu pejalan kaki mobil akan melakukan pengeraman dengan cara otomatis. Sayangnya, fitur tersebut hanya tersedia pada varian Prime saja.

Fitur Smartsense dan Bluelink Yang Disematkan  Oleh Hyundai Pada Creta
Fitur Smartsense dan Bluelink Yang Disematkan Oleh Hyundai Pada Creta

Fitur lain seperti fitur lane following assist dan lane keeping Assist (LFA dan LKA). Kedua fitur tersebut yang akan membatu mobil agar tetap berada pada markah jalan dengan diberikannya informasi melalui audio dan visual, apabila dinilai mobil keluar dari jalur mobil pun akan dibantu untuk mengembalikannya ke posisi yang idealnya kembali. Lagi dan lagi fitur tersebut hanya tersedia pada varian Prime.

Peningkatan fitur keselamatan dengan dihadirkannya BCA (Blind Spot Collision Avoidance Assist), yang dapat mendeteksi juga memantau kehadiran kendaraan dari arah belakang sehingga membatu untuk terhindar dari terjadinya potensi tabrakan dengan mengaktifkan rem dengan otomatis saat diperlukan. Dari sistem keamanan tersebut ikut mencangkup situasi pada saat dilakukannya parkir parallel. Dan fitur tersebut disematkan pada varian Prime dan juga Style.

Fitur berikutnya ada RCCA ( Rear Cross Traffic Collisions Avoidance Assist, adalah fitur dengan fungsi sensor yang akan mendeteksi apabila ada kendaraan baik dari arah kanan, kiri maupun belakang yang mendekat ketika mobil sedang melakukan parkir mundur. Peringatan audio akan diberikan apabila hal tersebut terjadi dengan otomatis pula rem akan di aktifkan saat diperlukan. Fitur tersebut juga tersedia pada Varian Prime dan Style.

Pada semua varian akan disematkan fitur hill start assist control dan juga rear view monitor. Berikutnya terdapat pula 6 airbag sistem di vairan Prime dan juga Style, untuk membantu kendaraan tetap stabil di jalan yang licin, basah atau tidak rata akan terbantu dengan adanya sistem emergency stop signal dan juga vehicle stability management.

Tak hanya fitur-fitur canggih seputar keselamatan saja, Hyundai turut memperkenalkan teknologi yang inovatif dengan sebutan Hyundai Bluelink. Ini adalah inovasi Connected Car Service yang telah di sediakan oleh Hyundai agar pelanggan dapat terhubung selalu dengan mobil melalui smart phone miliknya.

Fitur Smartsense dan Bluelink Yang Disematkan  Oleh Hyundai Pada Creta
Fitur Smartsense dan Bluelink Yang Disematkan Oleh Hyundai Pada Creta

Akses yang diberikan Hyundai Bluelink kepada pemilik Creta antara lain fitur-fitur mengetahui kondisi terbaru kendaraan, mematikan atau menyalakan mesin, membuka atau pun mengunci pintu, mengatur suhu kabin, mematikan atau menyalakan lampu, menyalakan klakson, mengetahui posisi kendaraan saat di parkir.

Pelanggan bisa mengakses beberapa fitur canggih sperti Stolen Vehicle Tracking dan Stolen Vehicle Notification, apabila terjadinya upaya pencurian terhadap kendaraan sedang terjadi kedua fitur tersebut akan beroprasi dengan mengirimkan notifikasi ke smartphone sehinga pengguna Hyundai Bluelink dapat mengetahui posisi dari mobil yang dicuri.

Fitur tersebut juga didukung oleh Stolen Vehicle Immobilization, merupakan layanan yang telah tersedia pada Hyundai Bluelink yang memudahkan pengguna untuk menghubungi Call Center kemudian meminta agar diberhentikannya pengoprasian untuk sementara waktu terhadap mobil yang dicuri. Ada pula fitur CAN (Auto Collision Notification), Roadside Assistance (RSA) dan tombol SOS/Emergency Asistance untuk digunakan ketika dalam situasi darurat seperti saat butuh bantuan medis atau ketika mobil dalam keadaan rusak.

Pemilik mobil juga dapat memastikan kondisi kendaraannya dalam keadaan baik melalui fitur Hyundai Bluelink, dimana teknologi tersebut sudah dilengkapi dengan Manual/Automatic Diagnostic Report yang dapat melakukan diagnosis apabila terdapat kejanggalan terhadap mobil secara otomatis, fungsi lain yang dapat diterapkan degan manual seperti Vehicle Health Report dan Driving Information and Vehicle yang akan memberikan laporan bulanan mengenai aktifitas yang dilakukan oleh mobil dan juga Vehicle Status Check/Notification yang akan membantu memberikan informasi mengenai kondisi perawatan mobil berupa notifikasi pada aplikasi.

Masih terdapat fitur lainnya pada Hyundai Bluelink yang akan menjaga keamanan mobil tersebut, seperti Geo Fence Notifikasi sebagai pengatur perimeter, untuk mengatur batas digital, jika batasan dilewati akan diinformasikan kepada pemilik mobil tersebt, Speed Notification sebagai pengatur batas yang ditentukan untuk kecepatan mobil, Time Fence Notification sebagai pengatur waktu operasional untuk mobil, Valet Mode sebagai pelindung saat mobil menerima layanan dari parkir valet, kemudian Idling Time Notification yang akan memberikan peringatan ketika mesin mobil sedang menyala lebih dari batas waktu yang sudah ditetapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here