Keistimewaan Motor Suzuki Gixxer SF 250
Keistimewaan Motor Suzuki Gixxer SF 250

Divisi roda dua dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah menampilkan produk sport keluaran terbarunya yang bernama Gixxer SF 250 pada pameran Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada jum’at 11 November 2021. Pabrikan sendiri sudah melakukan penjualan sebelum dimulainya pameran terebut.

Suzuki menilai bahwa pasar sepeda motor 230cc cukup menarik berdasarkan karakter dari konsumennya yang menyukai petualangan dan eksklusivitas.

Suzuki yakin dapat semakin meningkatkan eksistensinya dengan adanya Gixxer SF 250 pada segmen sepeda motor premium di Indonesia.

Dengan hadirnya Suzuki Gixxer SF 250 dipasar domestic menjadi strategi oleh perusahaan yang dikatakan sangat menarik. Sebab, motor tersebut hanya berbekal mesin dengan konfigurasi mesin 1-silinder dimana mesin 2-silinder telah disematkan oleh para kompetitornya, bahkan diantaranya sudah ada yang menyematkan mesin 4-silinder.

Entah terburu-buru atau memang berdasarkan riset pasar oleh PT Suzuki Indomobil Sales yang telah meluncurkan.

Desain

Memiliki desain facia dengan siluet dari moge Suzuki GAXR 600. Dapat dilihat berdasarkan desain pada lampu depan yang tampak sipit namun agresif.

Baca juga : Mitsubishi New Xpander Yang Makin Modern

Keistimewaan Motor Suzuki Gixxer SF 250
Keistimewaan Motor Suzuki Gixxer SF 250

Bentuk dari Gixxeer SF 250 fairing tampak menarik juga mengimpretasikan aerodinamika. Apabila dilihat sekilas, desainnya tampak mirip dengan Kawasaki Ninja 250 karburator.

Dimana pada lampu bagian belakang menggunakan lampu stop yang terkesan minimalis. Dikarenakan sebagai motor sport touring, disediakan pula behel tanduk sebagai pegangan untuk penumpang yang ada dibelakang agar mudah pula untuk menggeserkan kendaraannya.

Produk tersebut tak jauh berbeda pula dengan motor yang di pasarkan di India, bahkan mudguard (spakbor ban) masih disematkan meski kurang di minati oleh konsumen di Indonesia.

Dimensi

Memiliki bentuk tubuh yang kompak bila dilihat secara umum, dengan panjang 2.010 mm dengan lebar 740 mm serta tinggi 1.035 mm dan ground clearancenya 165 mm. dimana bobotnya mencapai 161 kg dengan volume tangki BBMnya dapat mencapai 15 liter.

Spesifikasi

Suzuki Gixxer SF 250 dibekali dengan mesin 249 cc, 4 katup, SOHC, 4 tak, 1 silinder, pendingin oli dan injeksi tentunya. Dengan penggunaan jantung pacu tersebut, pabrikan mengklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 25,6 PS pada 9.000 rpm dengan rotasi puncak 22,6Nm pada putaran mesin 7.500 rpm. Pengeluaran itu disalurkan melalui transmisi manual pada kopling 6 percepatan.

Tak hanya mengusung mesin 1 silinder, tipe mesin SOHC pun masih disematkan, setara dengan motor bebek Suzuki FU150 dan juga GSX R150.

Motor tersebut tak dibekali oleh sistem pendingin radiator. Tetapi diganti dengan pendingin oli atau yang disebut Oil Cooling System (SOCS).

Dengan teknologi tersebut bobot mesin menjadi ringan, yang berpengaruh pada kemampuan manuver bahkan pada kecepatan tinggi.

Rancang Kaki-Kaki

Gixxer SF 250 berbekal suspensi depan dengan jenis teleskopik dengan ukuran ban 110/70 menggunakan ring 17.  Pada bagian belakang menggunakan suspensi tunggal swing arm, ban 150/60 dengan ring yang sama yaitu 17.

Kelengkapan Fitur

Pada lampu depan sudah di sematkan dengan LED dan juga pada bagian belakangnya. Hanya saja pada lampu seinnya masih menggunakan bohlam konvensional.

Untuk bagian kokpitnya, telah dilengkapi panel meter yang sudah full digital.  Dari speedometer, posisi gigi, tachometer, indikator fitur dan fitur-fitur lainnya.

Untuk keamanannya menggunakan fitur Anti lock Braking System (ABS) dimana sistem tersebut telah terintegrasi pada seluruh bagian roda.

Harga

Berdasarkan sumber yang diterima, motor tersebut dijual dengan status Completely Build Up (CBU) yang artinya diimpor langsung dari India dengan harga berkisar Rp. 49,3 juta.

Dibandingkan di Thailand, harga tersebut terbilang lebih murah dimana harga disana mencapai 60 jutaan jika dirupiahkan.

Tetapi jika dibandingkan dengan Kawasaki Ninja 250 SL, motor Gixxer SF 250 terbilang lebih mahal Rp 13,4 juta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here