Dangmerdu – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Wilayah Kota Pekanbaru sudah membuat program penghapusan denda uji KIR kendaraan bermotor. Program ini akan direncanakan bakal mulai berjalan pada tahun depan.

“Karena adanya pandemi ini, sekarang banyak orang yang tidak melakukan pengurusan KIR kendaraannya. Karena alasan persoalan keuangan sehingga adanya denda. Jadi program ini kita kedepankan dalam penghapusan denda,” terang dari Kepala UPT PKB Dishub, Bapak Zulfahmi, pada Kamis (11/11).

Menurutnya, dari usulan program ini bakal akan disampaikan kepada Walikota Pekanbaru untuk mendapatkan persetujuan langsung. Jika disetujui, maka penghapusan denda KIR ini bisa kami terapkan mulai dari awal tahun 2022 ini.

Baca juga: Perkim Sudah Targetkan Dalam Pembangunan RLH Akan Tuntas Akhir Tahun ini

Dirinya menilai juga dengan adanya program dalam penghapusan denda ini bakal menarik kembali masyarakat untuk melakukan pengurusan uji KIR kendaraan mereka. Mereka yang saat ini telah memiliki denda sekian bulan dari akibat pandemi ini, dapat memanfaatkan program penghapusan denda ini kedepan.

“Umpamanya jika ada denda enam bulan kan bingung masyarakat ini. Kemarin uangnya gak ada, sekarang sudah ada uang sedikit tapi malah ada denda pula. Kita akan hapuskan denda, animo masyarakat kami rasa cukup pasti tinggi,” terangnya.

Penghapusan denda ini akan terhitung sejak KIR yang tertunda mulai pada tahun 2020 kemarin. Namun program penghapusan denda ini baru sebatas usulan. Ia juga berharap agar program ini dapat disetujui langsung oleh pemerintah kota pekanabru sehingga akan dapat meningkatkan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu dari sektor retribusi KIR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here