Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Terlambatnya Menurunkan Rem Tangan
Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Terlambatnya Menurunkan Rem Tangan

Hand brake atau dikenal dengan sebutan rem tangan adalah salah satu sistem keamanan yang terdapat pada mobil dengan prinsip yang sangat sederhana, namun tak sesederhana perannya. Untuk menjaga mobil tetap berada pada posisinya saat sedang berhenti, peran yang dimiliki oleh rem tangan tersebut terbilang sangat penting.

Seiring dengan penggunaan rem tangan tersebut, tak jarang pengendara lupa untuk menurunkan hand break (rem tangan) tersebut saat hendak melajukan kendaraannya.  Hal seperti ini sering kali tak dirasakan oleh para pengendara dikarenakan ketidak maksimalan rem kaki untuk menghentikan kendaraan.

Baca juga : Haruskan Mematikan AC Mobil Sebelum Start Mesin?

Walau bagaimana pun, tak berarti jika rem tangan yang lupa diturunkan itu tidak berdampak terhadap kendaraan, terlebih pada kampas rem.

Kemungkina besar dampak buruk yang akan terjadi pada kampas rem adalah seperti berikut.

Copotnya Kampas Rem

Apabila rem tangan masih dalam dinaikkan (aktif)  kemudian roda mobil dipaksa untuk berputar, maka tenaga yang harus dikeluarkan oleh mesin akan tertahan. Sehingga, tenaga yang tertahan itu dapat dipastikan akan terus menekan kampas rem mobil yang masih menempel.

Apabila hal tersebut sering dilakukan, dapat mengakibatkan kampas rem jadi terlepas dari penyangganya. Terlebih lagi jika pedal gas yang di injak terlalu dalam, resiko copotnya kampas rem kemungkinan besar akan terjadi.

Biasanya, kampas rem yang terlepas pada bagian belakang mobil yang berjenis tromol, mengapa demikian? Dikarenakan pada rem tromol memiliki bidang kotak yang panjang apabila dibandingkan dengan rem cakram pada umumnya.

Menempel Pada Tromol

Kemudian, peluang menempelnya kampas rem pada tromol apabila mobil dipaksa untuk melaju saat rem tangan masih dalam keadaan ditarik (aktif). Lebih beresiko besar pula jika kondisi dari kampas rem dalam keadaan basah, hal tersebut juga berlaku ketika rem tangan dipakai untuk parkir.

Oleh sebab itu, untuk menghindari menempelnya kampas rem pada tromol sebaiknya terlebih dahulu dengan mengganjal ban menggunakan balok kayu atau batu  hingga kampas rem benar-benar kering.

Kampas Rem Jadi Cepat Aus

Penggunaan hand brake atau rem tangan dengan waktu sangat lama akan berdampak terhadap kampas rem yang menjadi cepat aus dikarenakan terkikisnya sehingga lama-kelamaan menjadi tipis. Apabila hal tersebut sudah terjadi, mau tidak mau bengkel menjadi satu-satunya tujuan akhir dari permasalahan yang terjadi  untuk melakukan penggantian kampas rem.

Ausnya kampas rem dapat di ukur sendiri dirumah, umumnya kampas rem mobil yang sudah harus diganti memiliki ketebalan yang sudah mencapai 2 milimeter. Tetapi ada baiknya pula jika penggantian kampas rem mobil diganti setiap 10.000 kilometer atau ketika melakukan service rutin untuk menjaga keamanan pada saat berkendara.

Tugas Rem Tangan Sebagai Rem Darurat

Agar dapat digunakan secara maksimal, perlu kiranya untuk selalu dilakukan  perawatan.

Kehadiran dari rem tangan bukan hanya digunakan untuk menjaga mobil tetap pada posisinya ketika sedang berhenti saja. Kegunaan lainnya juga bisa digunakan untuk bantuan ketika terjadinya rem blong. Bagaimana caranya? Cukup dengan menarik tuas rem tangan dengan hati-hati.

Imbangi pula kecepatan yang pada mobil dengan daya pengeraman, hindari menarik rem tangan tersebut secara langsung. Cukup dengan menariknya secara perlahan. Apabila menarik rem tangan secara langsung, hal tersebut dapat membuat mobil menjadi kehilangan kendali sehingga dapat mobil berpotensi besar untuk terbalik.

Tarik dan turunkan lah tuas rem tersebut berkali-kali disertai dengan menyeimbangi kecepatan pada mobil sambil mengarahkan mobil hingga ke tepi jalan. Pastikan pula untuk tetap menekan tombol rem tangan dan jangan sampai dilepas.

Sangat disarankan untuk selalu memperhatikan komponen-komponen yang terdapat pada mobil anda, begitu pun dengan rem tangan. Lakukan pula perawatan mobil secara berkala sesuai dengan waktu yang ditentukan agar kondisi mobil tetap dalam keadaan yang baik dan siap untuk digunakan berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here