Haruskan Mematikan AC Mobil Sebelum Start Mesin?
Haruskan Mematikan AC Mobil Sebelum Start Mesin?

Beberapa pengendara mobil mungkin sudah terbiasa dengan prosedur yang biasa dilakukan sebelum atau sesudah menyalakan mesin dengan mematikan AC terlebih dahulu. Dalam kondisi mati AC dianggap dapat mengurangi beban aki saat memutar mesin. Lalu, apakah kebiasaan tersebut harus dilakukan?

Terlihat sepele memang, namun untuk urusan mematikan mesin mobil tak dapat dilakukan dengan sembarangan. Perlu diketahui, ternyata mematikan mesin mobil dengan cara yang tepat itu termasuk dari bagian perawatan mobil. Beberapa hal yang harus dihindari saat hendak menyalakan atau mematikan mesin mobil diantaranya :

Hindari Mematikan Mesin Mobil Ketika Putaran Sedang Tinggi

Sebuah kesalahan jika anda menekan gas kemudian dengan tiba-tiba mematikan mesin mobil saat putaran mesin mobil sedang tinggi. Hal tersebut dikarenakan putaran mesin sedang tinggi otomatis piston masih dalam pergerakan naik turun. Pergerakan yang terjadi itu membuat piston dan komponen lainnya membutuhkan pelumas dari oli mesin.

Baca juga : Fitur Smartsense dan Bluelink Yang Disematkan Oleh Hyundai Pada Creta

Ketika mesin dimatikan dengan cara tiba-tiba maka pelumas pastinya berkurang. Dampaknya pada komponen yang bergerak di dalam mesin akan keausan. Sangat disarankan untuk menunggu mesin benar-benar dalam keadaan putaran mesin idle barulah boleh untuk mematikan mesin mobil.

Jangan Mematikan Mesin Mobil Ketika AC Masih Bekerja

Mematikan mesin mobil ketika AC masih dalam keadaan menyala dapat mempengaruhi kondisi kompresor pada AC. Dimana akan menimbulkan hentakan pada kompresor apabila kompresor masih berputar kemudian mesin tiba-tiba dimatikan. Kompresor AC akan cepat rusak apabila hal tersebut terus-menerus dilakukan. Jadi, sebaiknya matikan terlebih dahulu AC sebelum mematikan mesin begitu pula saat menyalakan mesin mobil, pastikan AC dalam keadaan mati.

Jangan Mematikan Mesin Mobil Ketika Audio Masih Menyala

Apabila mematikan mesin mobil dalam keadaan audio mobil menyala hal tersebut akan membuat sistem audio mobil tak akan berumur panjang. Dikarenakan audio mobil akan langsung menyala pula ketika mesin mobil dinyalakan nantinya, tegangan dari aki atau baterai yang masuk juga kurang stabil kemudian dapat merusak komponen yang terdapat didalamnya.

Pada saat mesin mobil kembali dinyalakan, sistem audio mobil akan mendapatkan tegangan yang kurang stabil dari baterai atau aki, hal tersebut dapat merusak komponen yang ada didalamnya. Itu mengapa untuk memastikan sistem audio dalam keadaan mati sebelum mesin dimatikan agar komponen yang ada bisa lebih awet.

Resiko Menyalakan AC Ketika Mesin Dalam Keadaan Mati

Pendingin udara (AC) dapat dinyalakan tanpa harus menyalakan mesin mobil, hal tersebut dapat dilakukan terhadap beberapa jenis mobil, ketika posisi kunci ON kemudian langsung menyalakan AC.

Meski demikian, tak semua jenis mobil boleh dilakukan. Apabila diterapkan pada mobil yang belum mendukung teknologi tersebut, maka dapat merusak kendaraan.

AC yang menyala memang membuat kabin akan terasa nyaman tentunya, terlebih jika mobil yang terparkir pada ruangan yang terbuka. Tetapi, ketika mesin dalam keadaan tidak menyala lalu AC mobil dinyalakan justru akan berpotensi terjadi kerusakan pada kompresornya. Tentunya akan berdampak pada mesin mobil beserta kompresor AC tersebut. Karena, saat mesin baru dinyalakan kondisinya belum benar-benar stabil, kemudian diharuskan untuk menggerakkan kompresor AC pula. Sehingga kerjanya akan menjadi lebih berat.

Aki mobil juga akan menjaadi lebih boros dan resiko lainnya mesin akan menjadi susah untuk di starter apabila kebiasaan menyalakan AC dalam keadaan mesin mati kerap dilakukan.

Dimana resiko pada aki mobil yang menjadi cepat habis, dimana aki yang belum mendapat suplai dari alternator tetapi sudah dipakai pada motor blower AC. Yang dikhawatirkan tidak bisanya dilakukan starter pada mesin kemudian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here