Mengisi Bensin Hingga Melimpah Patut Dihindari
Mengisi Bensin Hingga Melimpah Patut Dihindari

Saat melakukan pengisian bahan bakar di SPBU dengan permintaan pengisian penuh, tak jarang kita temui operator yang melakukan pengisian hingga benar-benar penuh dan nyaris tumpah tanpa diketahui resiko apa saja yang dapat terjadi.

Kita selaku pemilik kendaraan harus memahami juga, bahwa pengisian bahan bakar minyak sampai benar=benar penuh ternyata memiliki resiko yang berbahaya juga bagi keselamatan kendaraan ataupun penumpang yang ada di dalam kendaraan tersebut. Resiko apa saja kah yang akan terjadi jika tindakan seperti itu tetap dilakukan, diantaranya seperti berikut.

BBM Tumpah dan Menguap

Posisi normal ketika pengisian bahan bakar minyak adalah ketika posisi jalan benar-benar datar sehingga pengisian tangki dalam kondisi full dapat dilakukan. Di tiap SPBU taka da yang melakukan pengisian dalam kondisi miring, sehingga pengisian yang dilakukan penuh hingga menyentuh tutup tangki bisa saja dilakukan.

Perlu disadari pula jika tak semua kondisi jalan dalam keadaan datar. Ada yang bergelombang bahkan ada pula yang menanjak. Apabila pengisian bensin dilakukan dalam keadaan benar-benar penuh, kemudian melintasi jalanan seperti yang disebutkan tadi. Pastinya bensin akan bisa tumpah, rembes atau bahkan menguap. Ditambah lagi jika kondisi tutup tangki tidak dalam keadaan yang baik, seperti drat yang aus, berkarat atau tidak tertutup dengan rapat.

Baca juga : Resmi Meluncur Honda CB150X Dibanderol Dengan Harga Rp 32 Jutaan

Seperti kita ketahui pula, jika uang yang dihasilkan oleh bensin itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu penyumbang polusi udara disebabkan oleh bensin yang tertumpah atau menguap.

Pemicu Kebakaran

Bensin adalah bahan yang sangat mudah terbakar, apabila pengisian dilakukan hingga benar-benar penuh dan tumpah didekat sumber api kemudian api akan sulit dicegah hingga menjalar ke mobil tentunya. Sebagai pencegahan, sebaiknya jangan dilakukan pengirisan bahan bakar minyak hingga benar-benar penuh atau bahkan sampai melimpah hingga ke permukaan.

BBM Juga Butuh Ruang Udara

Tekanan dari bensin saat mengembang akan berkurang apabila pengisian dilakukan hingga penuh. Dimana pada ruang tangki tak terdapat cukup udara untuk sirkulasi bensin hal tersebut sangat berbahaya. Pada setiap tangki bensin pada kendaraan itu selalu dilengkapi dengan lubang hawa.

Dimana lubang tersebut berfungsi sebagai pengurang tekanan yang dihasilkan oleh bahan bakar minyak ketika berada di dalam tangki tersebut. Apabila seluruh ruang tangki terisi penuh oleh bahan bakar, maka gas yang keluar hasil dari ekspansi bahan bakar tersebut bisa keluar melalui selang.

Hindari pula pengisian yang dilakukan hingga menyentuh tutup tangki ketika ditutup, apabila ini terjadi ruang udara tak lagi optimal. Fungsi dari ruang udara yang ada pada tangki itu untuk mengurangi tekanan ketika bensin mengembang.

Tangki pada mobil sudah di desain khusus agar aman ketika pengisian bahan bakar dilakukan. Jika proses pengisian dilakukan dengan benar, pada saat bensin menguap kemudian uap tersebut akan keluar melalui selang agar aman. Dan jika seluruh ruang penuh dengan bensin, pembuangan bahan bakar tersebut tidak akan terjadi dengan maksimal dan terbuangnya dengan sia-sia.

Mengisi Penuh BBM Sangat Merugikan

Pada beberapa SPBU saat ini juga sudah dilengkapi dengan detector bensin otomatis, dimana fungsinya untuk menghisap uap bensin yang ada pada lubang pengisian bahan bakar apabila bensin terisi penuh. Tujuannya untuk memberi keamanan pada saat pengisian bahan bakar sehingga tidak meluap atau bahkan tersulut api hingga berpotensi terjadinya kebakaran. Hal tersebut justru sangat merugikan khususnya pemilik kendaraan, dikarenakan pengisian yang tak maksimal tetapi pemilik kendaraan sudah melakukan pembayaran penuh untuk bahan bakar tersebut.

Berdasarkan dari beberapa resiko yang telah dijelaskan, hal yang sepatutnya dilakukan saat melakukan pengisian bahan bakar sepatutnya perlu diperhatikannya indikator saat melakukan pengisian bahan bakar hingga terdengar bunyi klik pada nozzle yang mengartikan jika bahan bakar yang di isi telah penuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here