Penyebab Utama Aki Mobil Sering Tekor
Penyebab Utama Aki Mobil Sering Tekor

Agar dapat menyala dan berjalan, mobil membutuhkan aki sebagai suplai utama kelistrikan. Apabila aki tersebut rusak, pastinya kenyamanan saat berkendara pun terganggu. Mobil yang tidak bisa distarter biasanya disebabkan oleh aki yang lemah atau tekor.

Hal yang menjengkelkan pastinya ketika hendak melakukan aktifitas dipagi hari terlebih jika sedang terburu-buru menggunakan mobil tapi dengan tiba-tibanya mobil tidak bisa distarter. Dugaan awal pasti menyatakan jika aki mobil tekor.

Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Lampu LED Pada Mobil

Agar dapat terhindar dari peristiwa menjengkelkan seperti itu, sebagai pencegahan perlu kiranya diketahui apa penyebab aki mobil bisa sampai tekor.

Mobil Jarang Dipanaskan/Digunakan

Salah satu penyebab aki menjadi soak atau tekor dikarenakan mobil yang jarang digunakan/dipanaskan. Karena aki yang tak mendapat suplai kelistrikan, sehingga kapasitas dari aki tersebut menjadi kurang optimal. Oleh sebab itu, perlu kiranya membawa mobil setidaknya satu kali dalam seminggu, supaya asupan listrik ke aki tetap optimal.

Penggunaan Mobil Sangat Intens

Penyebab lain aki mobil tekor bisa karena intensitas dari penggunaan mobil yang sangat tinggi. Penggunaan mobil secara terus menerus itu membutuhkan daya listrik yang cukup besar, membuat kerja aki lebih ekstra otomatis dengan aktifitas tersebut membuat usia aki tak bertahan lama.

Habisnya Air Aki

Keunggulan dari aki mobil dengan tipe basah adalah dapat dilakukan pengisian ulang, yang membuat masa pakai dari aki tersebut lebih lama dan masalah perawatannya pun jauh lebih mudah. Tetapi pemilik aki basah sering terlena sehingga lupa jika air aki sudah habis karena lambat melakukan pengecekan. Hal tersebut jika dibiarkan dapat menyebabkan aki menjadi soak, ada baiknya sebelum bepergian untuk mengecek kondisi aki terlebih dahulu.

Kecilnya Kapasitas Aki Mobil

Sebelum membeli aki untuk sebaiknya pastikan kapasitas yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan dari kelistrikan mobil anda. Usia pakai aki akan berkurang apabila aki yang digunakan memiliki kapasitas yang kecil akibatnya akan terjadinya over suplai.

Menggunakan Aksesoris Mobil Yang Berlebihan

Sebelum melakukan modifikasi pada mobil khususnya perangkat audio, perlu kiranya diperhatikan kapasitas dari aki.

Biasanya, sistem audio menggunakan daya listrik yang cukup besar. Pastinya kapasitas aki yang digunakan harus besar pula. Jika hal tersebut dibiarkan, dapat dipastikan daya aki akan terus terkuras hingga mengakibatkan aki mobil menjadi tekor atau rusak.

Penggunaan lampu HID/lampu projector

Penggunaan dari lampu yang tidak sesuai standar pun bisa menjadi penyebab aki tekor. Perlu diperhatikan daya yang dibutuhkan selain untuk perangkat audio juga untuk penggunaan lampu HID atau lampu projector. Agar penggantian aki dengan amper yang besar agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Usia Aki Yang Tak Lagi Muda

Apabila usia aki yang tak lagi muda, tentu kemampuan penyimpanan dayanya juga semakin berkurang. Solusi yang harus dilakukan adalah dengan membeli aki yang baru dengan kondisi yang masih normal. Untuk penggantian aki mobil biasanya dapat dilakukan setidaknya antara 2 sampai 3 tahun sekali, supaya mobil dapat terhindar dari yang namanya mogok tak bisa distarter.

Untuk usia dari masa pakai aki pada umumnya dealer mobil biasanya memberi garansi selama 2 tahun atau 5000 km untuk aki yang ditawarkan. Apabila terjadai tekor sebelum garansi habis biasanya aki akan diganti dengan yang baru. Jadi dengan melihat dari masa garansi tersebut dapat di ambil kesimpulan jika usia standar pada aki adalah dua tahun lamanya.

Namun, apabila dilakukan perawatan aki mobil dengan benar tentunya masa pakai dari aki mobil mampu bertahan jauh lebih lama dari batas waktu yang telah di tentukan oleh pihak pabrikan. Dimana usia pakai aki mobil juga bisa dilihat berdasarkan dari cara pakai pemilik mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here