Kelebihan Dan Kekurangan Lampu LED Pada Mobil
Kelebihan Dan Kekurangan Lampu LED Pada Mobil

Akhir-akhir ini lampu LED (Light Emitting Diode) begitu populer sebagai perangkat pembantu penerangan pada mobil.

Bahkan, tak sedikit pabrikan menyematkan lampu LED sebagai lampu rem dan juga lampu sein. Memang, lampu LED sangat membantu sebagai penerangan yang baik dimalam hari dengan cahaya yang dihasilkan jika dibandingkan dengan bohlam halogen.

Secara perlahan teknologi dari bohlam halogen mulai ditinggalkan, dengan alasan keamaan saat berkendara dimalam hari.

Baca juga :Tips Untuk Yang Sering Menjadi Korban Dikelabui Oleh Montir Nakal

Perlu diketahui, jika LED sebenarnya bukanlah merupakan teknologi baru, dimana pada tahun 1962 lampu LED tersebut ditemukan dan pada tahun 1980an baru mulai dipopulerkan meski teknologi tersebut belum secanggih saat ini.

Dibandingkan dengan lampu bohlam, lampu LED jauh lebih rendah dalam pengonsumsian dayanya.

Dibalik itu pula, ternyata lampu LED memiliki beberapa kelemahan dan juga kelebihan, diantaranya seperti berikut.

Kelebihan Dari Lampu LED

Cahaya Lebih Terang

Tak sedikit yang mengatakan jika kelebihan dari lampu LED adalah cahayanya yang jauh lebih terang. Jika dibandingkan dengan bohlam, LED 50% lebih terang sehingga mampu menembus kegelapan jika digunakan untuk berkendara dimalam hari.

Lebih Hemat Daya

Perlu diakui jika lampu LED tak membutuhkan banyak aliran listrik yang membuatnya dikenal pula lebih hemat daya.

Dimana lampu halogen itu cukup menguras listrik yang dihasilkan dari alternator. Sedangkan untuk lampu LED sendiri hanya memerlukan daya yang sangat sedikit.

Jauh Lebih Awet

Keunggulan lainnya dari lampu LED adalah masa penggunaannya jauh lebih awet jika dibandingkan dengan bohlam. Umumnya LED dapat bertahan hingga 5 tahun atau lebih masa pemakaiannya.

Ukuran Yang Lebih Ringkas

Ukuran lampu LED lebih ringkas atau simple yang menjadikannya sebagai kelebihan jika dibandingkan dengan bohlam. Walau ukurannya yang lebih kecil, soal cahaya yang dihasilkan tak perlu diragukan lagi. Karena untuk menghasilkan cahaya LED tersebut menggunakan diode, penggunaannya pun tak menghasilkan panas sehingga kaca atau mika lampu tidak akan mudah gosong.

Kekurangan Lampu LED

Harga Yang Lebih Mahal

Memiliki harga yang lebih mahal menjadi catatan pertama dari kekurangan lampu LED pada mobil, dimana harga lampu LED bisa mencapai antara 2 kali lipat atau lebih lebih mahal jika dibandingkan dengan bohlam.

Saat Hujan Lampu Terlihat Kurang Terang

Dikarenakan cahaya yang dihasilkan LED lebih putih jadi ketika hujan terasa agak bias. Dimana cahaya yang dihasilkan bohlam lebih kuning, jadi untuk penggunaan LED di lebatnya hujan terasa kurang bisa diandalkan. 

Panas Pada Bagian Dalam

Kekurangan lain pada lampu LED mobil yang jarang diketahui adalah panasnya pada bagin dalam. Dimana pada lampu bohlam biasanya yang terasa lebih panas itu ada pada bagian kaca yang melindungi kawat saja.

Sedangkan untuk lampu LED sendiri yang akan terasa lebih panas itu ada pada bagian mesin atau yang dekat dengan kabel. Sebagai pendingin agar tidak mudah rusak, beberapa produsen ada yang khusus menyediakan heatsink atau lebih dikenal dengan sebutan fan (kipas).

Itulah beberapa kekurangan dan juga kelebihan yang ada pada lampu LED yang mana sering pula digunakan pada mobil sebagai penerangan yang diunggulkan.

Hal tersebut di dapat berdasarkan dari beberapa pengalaman para pemilik mobil dan juga modifikator yang sudah mengganti lampu halogen lamanya dengan lampu LED.

Biasanya lampu LED yang merupakan lampu bawaan dari pabrikannya akan terasa lebih baik penerangannya jika dibandingkan dengan lampu LED yang sengaja di pasang untuk menggantikan bohlam halogen yang merupakan lampu bawaan standar dari mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here