Tips Untuk Yang Sering Menjadi Korban Dikelabui Oleh Montir Nakal
Tips Untuk Yang Sering Menjadi Korban Dikelabui Oleh Montir Nakal

Apabila sudah memiliki sebuah kendaraan pastinya harus dilakukannya pengecekan pada kendaraan tau service rutin baik dilakukan sendiri atau pun ke bengkel mobil. Walaupun ketersediaan bengkel resmi dan bengkel umum banyak tersedia tetapi, bengkel umum lebih banyak diminati karena harganya yang lebih terjangkau.

Walau begitu, dengan membawanya ke bengkel umum tak selalunya menjadi solusi yang terbaik. Terlebih jika montir yang ada pada bengkel tersebut adalah montir nakal, yang membuat anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak seberapa. Perlu kiranya untuk diketahui agar anda dapat terhindar dari kejadian yang kurang mengenakkan tersebut. Tanda-tanda dari nakalnya montir di bengkel seperti berikut.

Tak Dijelaskannya Rincian Dari Kondisi Mobil

Memang tugas montir dalam menangani seluk beluk dari setiap detail kendaraan, hingga ke detail yang paling kecil. Terlebih dengan penggunaan alat bantu seperti komputer untuk melakukan pengecekan, dengan seketika kondisi dari kendaraan akan dengan sangat mudah terdeteksi.

Baca juga : Antara Nitrogen dan Angin Biasa, Pilihan Terbaik Ada Pada

Apa jadinya jika montir bengkel tak memberikan penjelasan dengan sangat rinci mengenai apa yang terjadi pada kendaraan anda. Ada  baiknya untuk sedikit lebih kritis dengan menanyakan mengenai kondisi kendaraan yang sedang ditangani sedetail mungkin, walau untuk urusan seperti itu tak begitu anda pahami. Dan jika montir tak memberikan respon yang baik untuk menjawab tentang apa yang terjadi pada kendaraan anda secara rinci, sebaiknya pindah ke bengkel lain yang lebih terpercaya atau bengkel resmi.

Mengatakan Kondisi Yang Tak Sebenarnya

Seringnya montir bengkel yang nakal menakut-nakuti apa yang sedang terjadi pada mesin kendaraan anda. Apabila hal tersebut terjadi, pastikan terlebih dahulu kondisi mesin kendaraan anda apakah benar-benar harus dilakukan perbaikan atau tidak. Atau lebih mudahnya dengan membawanya ke bengkel resmi, sehingga dapat dipastikannya kondisi yang terjadi sebenarnya.

Montir Berusaha Mengganti Parts Yang Tak Seharusnya

Pernahkah mengalami kejadian diaman harusnya mengganti parts yang kecil saat kebengkel justru malah mengganti parts yang kondisinya masih terbilang baik. Apabila hat tersebut sudah terjadi, dapat dipastikan kalau anda menjadi korban dari montir bengkel yang nakal.

Agar terhindar dari hal seperti ini, usahakan untuk mengetahui secara pasti bagian mana saja yang benar-benar rusak dari kendaraan anda sebelum pergi kebengkel. Kemudian apabila terdapat permintaan untuk mengganti parts yang tak semestinya, lakukan pemeriksaan apakah penggantian dari parts tersebut memang harus benar dilakukan.

Dilakukannya Penggantian Parts Dengan Jumlah Yang Banyak

Wajib memang dilakukannya penggantian parts dengan teratur, untuk menjaga agar kendaraan tetap dalam keadaan yang baik. Tetapi jika dilakukannya penggantian dengan jumlah yang tak sedikit, maka harus bersiap dengan biaya yang harus dikeluarkan setelahnya.

Untuk menghindari kejadian yang seperti ini, patut dipertanyakan kepada montir yang bertugas mengenai part tersebut apakah perlu diganti secara keseluruhan atau hanya beberapa bagian saja. Dan juga perlu untuk mengetahui kondisi fisik dari parts yang memang benar-benar harus diganti.

Diberikan Parts Yang Kurang Meyakinkan

Ketika penggantian parts sedang dilakukan, sering pula terjadi montir menawarkan parts yang masih asing terdengar di telinga, untuk menggantikan sparepart aslinya atau keluaran pabrikan yang biasanya memiliki harga lebih mahal. Mau kah anda menggunakan sparepart yang masih diragukan dari segi merek dan juga kualitas.

Ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai spare part yang ditawarkan oleh montir. Usahakan pula untuk tetap menggunakan spare part yang original, agar kondisi kendaraan anda tetap dalam keadaan yang baik dan pastinya parts dari kendaraan juga lebih awet. Dan jika diharuskan untuk menggunakan merek aftermarket, gunakan merek yang memang benar-benar sudah diakui kualitasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here