Bingung antara Motor Matic atau Manual? Berikut Perbandingannya
Bingung antara Motor Matic atau Manual? Berikut Perbandingannya

Saat ini, sarana transportasi merupakan kebutuhan utama, tak sedikit pabrikan yang memunculkan inovasi pada produknya untuk bersaing dengan competitor, termasuk dengan hadirnya motor matic dan juga manual.

Tak hanya untuk memberikan kemudahan konsumen dalam memilih, hal tersebut juga semakin membuat bingung dalam menentukan kendaraan seperti apa yang menjadi pilihan terbaik. Sebagai solusi, perlu pula diketahui perbandingan dari kedua jenis motor tersebut.

Bodi

Motor matic memiliki dimensi yang lebih kecil

Perbedaan yang sangat mencolok dari kedua jenis motor tersebut terletak pada bodinya. Dimana motor matic memiliki dimensi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan motor manual. Lantas, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap bobot kendaraan, sehingga kaum hawa cenderung untuk memilih motor dengan transmisi otomatis, dengan alasan mudah untuk dikendalikan.

Transmisi

Transmisi motor matic memakai sistem penggerak roda yang bernama CVT (Continuously Variable Transmission)

Sesuai dengan namanya, dimana penggunaan motor manual yang berarti pengendara diharuskan mengoper gigi secara manual, berbeda dengan motor matic cukup tuas gas dan juga rem yang digunakan untuk mengoperasikan kendaraan. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan yang terdapat pada sistem penggerak roda yang bernama CVT (Continuously Variable Transmission).

Baca juga : Daimler Reitwagen, Merupakan Motor Pertama Di Dunia

Dari perbedaan transmisi itu lah yang membuat kedua motor tersebut memiliki kecenderungan yang lebih unggul pada medan tertentu. Motor matic cocok untuk digunakan sebagai transportasi harian yang rutenya sering terjebak macet dan akan terasa lebih nyaman pula apabila digunakan untuk menempuh perjalanan diatas 10 km.

Sedangkan untuk motor manual, torsi manual akan dicapai saat melintasi medan yang kurang bersahabat dikarenakan perpindahan transmisi dan didukung pula oleh posisi saat berkendara yang terasa lebih pas ketika melakukan perjalanan.

Pengereman

Ketika melewati turunan pengereman yang dilakukan oleh motor matic tidak akan langsung berhenti.

Apabila motor matic melewati turunan, pengendara akan terasa meluncur begitu saja dikarenakan sistem penghentian pada motor matic tidak otomatis dan juga melekat pada ban, berbeda dengan motor yang pakai gigi (manual) lebih terasa ringan dan juga efektif berkat bantuan rem mesin.

 Biaya Perawatan

Dibanding dengan motor manual, motor matic memiliki komposisi mesin tertutup. Sehingga biaya perawatan yang dibutuhkan sedikit lebih besar. dan apabila terjadi kerusakan akan lebih sulit pula untuk dideteksi. Dibandingkan dengan kompetitornya, soal ketahanan pasca perbaikan motor matik masih kalah tangguh.

Konsumsi BBM

Motor manual adalah juaranya dari jenis lain dari segi bahan bakar. Contohnya saja, dengan satu liter Honda Supra X 125 PGM-FI dapat mencapai jarak hingga 56,1 km sedangkan motor Vario Techno 125 hanya mampu menempuh jarak 52,1 km dengan bahan bakar yang sama.

Dimana motor manual lebih sedikit mengkonsumsi BBM dibandingkan motor matic. Pada motor manual pengendara dapat menurunkan atau mengoper gigi apabila tarikan terasa kurang, sedangkan motor matic perputaran pada transmisi terjadi secara otomatis, yang membuat kerja mesin seolah dipaksakan.

Harga

Biasanya motor manual lebih murah dari jenis lainnya, tetapi hal tersebut masih tergolong relatif dikarenakan terdapat dua tipe antara lyper underbon dan juga lower underbone.

Yang menjadikan pembeda dari harga motor tersebut terletak pada fitur dan juga teknologi tak disematkan pada masing-masing tipe motor manual. Walau lower underbone seperti halnya Honda Revo FI yang disebut sebagai kendaraan konvensional, dikarenakan harga yang lebih terjangkau dan didasarkan pada kegunaannya sehari-hari, masih banyak konsumen yang meminati motor tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Dari Motor Matic

Transmisi matic cocok buat pemula

Motor matic sangat cocok untuk digunakan oleh pemula karena menggunakan transmisi otomatis, untuk desain dan juga warna cukup bervariasi.

Tersedia pula varian pria yang memiliki kubikasi mesin hingga 400 cc. kapasitas dek dan juga bagasi bisa menampung barang secara maksimal.

Kekurangan pun ada pada ukuran roda yang lebih kecil, suspensi belakang pun rentan ambles dan juga memerlukan perawatan lebih. Proses perbaikan pada onderdil juga terbilang rumit disebabkan oleh komposisi mesinnya.

Kelebihan dan Kekurangan Pada Motor Manual

Motor manual menunjukkan kesan tangguh

Motor manual terkesan lebih tangguh apabila dilihat dari bodinya. Terbukti dari jarangnya terdapat masalah pada mesin ketika terkena hujan misalnya. Atau bahkan jika terlambat melakukan service rutin selama satu bulan pun kendaraan masih dapat dikendarai dengan normal.

Dengan mudahnya ditemukan onderdil dengan harga yang terjangkau menjadikannya populer dengan julukan ekonomis kemudian disempurnakan dengan akselerasi yang andal saat mesin dinyalakan.

Pengendara harus benar-benar terampil dalam mengoper gigi saat mengendarai motor manual yang membuatnya kurang cocok untuk pemula. Jika digunakan untuk melewati tanjakan motor manual kalah tangguh terlebih jika lama dikendarai.

Berdasarkan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, kedua jenis motor tersebut tampak imbang. Apabila ingin kemudahan dalam penggunaan, warna yang beragam serta desain maka motor matic lah pilihannya terlebih jika berada diwilayah perkotaan atau ruta jarak yang ditempuh cukup jauh. Jika menginginkan kendaraan yang lebih ekonomis hingga medan yang ditaklukkan kurang bersahabat, motor manual adalah jawabannya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here