Daimler Reitwagen, Motor Pertama Di Dunia
Daimler Reitwagen, Motor Pertama Di Dunia

Saat ini, sepeda motor memiliki berbagai jenis hingga modelnya pun beragam. Hal tersebut berkaitan pula dengan semakin banyaknya minat masyarakat untuk menggunakannya. Pernahkah terpikir dalam benak, seperti apa sepeda motor pertama di dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, Daimler Reitwagen adalah sepeda motor pertama yang ada di dunia.

Mungkin terlihat seperti mesin jahit jika dilihat dari tampilannya, dimana bodinya terbuat dari bahan kayu dan mesinnya menggunakan bahan-bakar bensin yang ada pada tengah motor.

Baca juga : Hal Kecil Yang Dianggap Sepele Ini Bisa Bikin Ban Mobil Kamu Rusak

Pada tahun 1889 Daimler Reitwagen pertama kali diciptakan oleh Gottlieb Daimler dengan rekannya Wilhem Maybatch.

Nama Reitwagen sendiri diambil dari bahasa Jerman yang artinya mengendarai kereta atau trek tunggal.

Alasan mengapa motornya diberi nama Daimler Reitwagen karena dua roda yang digunakan oleh sepeda motor untuk berkendara pada trek tunggal.

Gottlieb Daimler merupakan seorang insinyur mesin dari Jerman yang telah dikenal sebagai tokoh utama dalam sejarah dunia otomotif.

Fakta dari Daimler Reitwagen

Dikatakan sebagai sepeda motor pertama di dunia, terdapat fakta menarik terkait Daimler Reitwagen. Berikut beberapa fakta dari motor tersebut.

Telah Dipatenkan

Daimler Reitwagen telah dipatenkan sebagai sepeda motor pertama setahun sebelum Gottlieb Daimler mengembangkan mobil.

Motor tersebut diciptakan dari hasil pengembangan mesin 4 tak yang telah dibuat oleh Nicoulas Otto selaku bos ditempat kerjanya. Daimler yang dibantu oleh Wilhelm Maybatch menciptakan mesin baru yang dilengkapi dengan karburator berbahan bakar bensin dengan mesin 4 tak dan 1 silinder. Tenaga yang dapat dikeluarkan oleh mesin tersbut sebesar 0,5 hp pada 600 rpm.

Pada bulan April 1885 desain dari mesin motor tersebut resmi dipatenkan.

Untuk Pertama Kali Uji Coba Cukup Sukses

Pertama kali di uji coba pada November 1885 oleh putra Daimler yaitu Paul yang saat itu berusia 17 tahun. Dengan jarak tempuh 8 mil atau setara dengan 12,8 km dari cannstatt menuju Untertukheim.

Hasil dari uji coba tersebut cukup sukses, yang membawanya sampai ketujuan dengan kecepatan 11 km per jam.

Jok yang didudukinya terasa panas dikarenakan mesin yang berada tepat dibawahnya melakukan pengoperasian sistem pengapian yang menyebabkan kurang nyaman saat dalam perjalanan. Sehingga Daimler dan Maybach mencoba memperbaiki dan mengembangkannya.

Gottlieb Daimler Hanya Membuat Daimler Reitwagen

Mesin yang ada pada Daimler Reitwagen pada akhirnya digunakan ada kendaraan roda empat yang mulai dirancang sebagai awal dari sebuah mobil.

Setelah berhasi pada Reitwagen, Daimler tak lagi memproduksi motor lain kemudian beralih pada proyek yang lebih besar.

Jadi, Daimler Reitwagen merupakan satu-satunya sepeda motor yang dibuat oleh Daimler Reitwagen.

Setahun kemudian Daimler mulai memproduksi sebuah mobil. Bersama rekannya, Carl Benz yang dikenal sebagai penemu dari kendaraan mobil. Sedangkan Wilhelm Maybach bersama putranya Carl memproduksi mesin Zeppelin dengan mendirikannya Maybach-Motorenbau GmbH pada tahun 1909.

Bersama organisasi Zeppelin, mereka berdua membuat mesin pesawat juga pembangkit listrik untuk kapal udara.

Dari tahun 1922 sampai dengan 1939 mobil dengan merek Maybach telah diproduksi. Maybach juga meningkatkan desain dari mesin 24 hp ciptaannya serta diselipkan katup masuk mekanis yang mana bisa digerakkan oleh penggunanya.

Pada tahun 1919 perusahaan tersebut mulai memproduksi kendaraan mewah dengan ukuran yang besar dengan merek Maybach. Dan pada tahun 1940 Maybach menghentikan produksinya kemudian bergabung terhadap upaya perang Jerman dan membuat mesin tank berat yaitu Tiger I dan juga Tiger II, kendaraan pun kembali diproduksi oleh perusahaan setelah perang di Jerman.

Masih Diperdebatkan Siapa Penemu Motor Pertama di Dunia

Siapa sebenarnya penemu motor pertama di dunia masih jadi bahan perdebatan. Berdasarkan dari berbagai sumber, terdapat beberapa nama lain yang juga dianggap sebagai penemu dari motor tersebut.

Seperti, Ernest Michaux, pria asal Prancis. Yang dikatakan telah membuat motor pada tahun 1800-an bermesin uap Louis-Guillaume Perreax dimana rangka yangb dibuat mirip dengan sepeda sirkus. Dimana, motor yang diberi nama Velocipede Michaux-Perreaux hingga kini masih berada di Guggenheim Museum’s 1998 Art of the Motorcycle.

Nama lain yang disebut sebagai penemu motor pertama adalah Sylvester Roper pada akhir 1800an berasal dari Boston, Amerika Serikat, yang mulai menjual motor bertenaga uap yang diberi nama Roper Steam Velocipidie.

Berbeda dengan motor uap asal Perancis, dimana motor buatan Roper dapat melaju dengan kencang pada masanya dengan angka kecepatan maksimal hingga 65 km per jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here