Ini Penyebab Utama Menurunnya Performa Mesin Diesel
Ini Penyebab Utama Menurunnya Performa Mesin Diesel

Harus diakui bahwa mesin diesel kurang begitu ramah lingkungan jika dibandingkan dengan mesin bensin, terlebih lagi di Indonesia untuk jenis mesin ini dimana pasar otomotifnya masih diterapkan standar misi gas buang euro 2.

Walau begitu, mobil dengan mesin diesel masih memiliki basis penggemarnya sendiri. Dengan alasan, karakter yang dimiliki jauh lebih tinggi terlebih dari sisi torsi.

Mesin diesel yang dikenal tangguh akan menjadi kurang bertenaga. Apabila hal tersebut terjadi, masalah terdapat pada system penyaring BBM, ruang bakar atau sitem distribusinya.

Ada beberapa penyebab yang menjadikan mesin diesel kurang bertenaga. Hal tersebut terjadi khususnya pada mesin diesel konvensional bukan yang sudah mengusung teknologi commond rail.

Filter Solar Kotor

Filter solar yang kotor, dapat mereduksi debit serta volume dari bahan bakar yang dibutuhkan. Pada akhirnya mesin jadi kekurangan campuran bahan bakar sehingg produksi tenaga dari dapur pacu tersebut menjadi kurang optimal.

Baca juga : Begini Seharusnya Posisi Kaki Saat Berkendara Yang Benar

Proses penyaringan akan menjadi terhambat apabila filter solar kotor, dan kotoran juga dapat masuk hingga ke pompa injeksi, sehingga menyebabkan masalah pada tekanan injeksi. Apabila filter solar bermasalah dapat pula di indikasikan dengan menyalanya lampu indikator water separator yang menyala tanpa adanya penyebab yang pasti.

Melemahnya Pompa Tekanan Solar

Posisi dari pompa tekanan solar ada di filter solar atau pula dekat dengan pompa injeksi. Fungsi dari komponen tersebut untuk menyedot bahan bakar dari tangki. Kurangnya tenaga dari mobil diesel dapat pula disebabkan dengan melemahnya pompa tekanan solar, sehingga pendistribusian yang di lakukan ke ruang bakar menjadi tak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Pada akhirnya, pencampuran bahan bakar dengan udara menjadi tidak ideal. Daya yang dihasilkan oleh mesin pun menjadi tidak maksimal. Apabila mesin susah dinyalakan pada saat pagi hari kamu patut curigai kondisi dari pompa tekanan solar yang mulai melemah.

Masalah Pada Pompa Injeksi

Mesin diesel dapat dipastikan kurang bertenaga atau pula bermasalah apabila tekanan dari pompa injeksi berkurang atau bahkan lebih dari yang seharusnya, dimana pompa injeksi sendiri adalah komponen yang berfungsi untuk meneruskan bahan bakar ke setiap injector.

Pertanda lainnya jika injection pump bermasalah dengan keluarnya asap yang berwarna hitam pekat dari knalpot.

Nilai/ Posisi Injection Timing

Nilai ataupun posisi injection timing dapat berubah dan tidak tepat, sehingga proses pembakaran dan produksi tenaga berpengaruh. Injection timing adalah momen dari injection yang membuka nozzle untuk menyemburkan bahan bakar.

Kepulan asap hitam dari knalpot menjadi salah satu indikasi dari injection timing yang bermasalah.

Tekanan Kompresi Ruang Bakar

Kompresi ruang bakar pada mesin yang terlalu rendah, sehingga performa dari mobil menjadi tak bertenaga. Dimana yang dibutuhkan cukup tinggi sekitar 30 kgm.

Ada terdapat beberapa keunggulan yang di miliki oleh mobil yang mengusung mesin diesel dibandingkan dengan mobil bermesin bensin diantaranya cukup efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar, karena mesin diesel mempunyai efisiensi panas lebih besar. Mesin diesel juga dikenal lebih awet dan tahan lama, tori yang dihasilkan juga besar.

Meski dikenal tangguh perawatan secara berkala tetap harus dilakukan agar mesin tetap awet dan juga tahan lama.

Berikut cara merawat mesin diesel yang tepat untuk di praktekkan di rumah.

Panaskan mobil

Sebelum digunakan, sebaiknya mesin mobil dipanaskan terlebih dahulu sekitar 10 menit. Dilakukan hal tersebut agar oli dapat bersirkulasi dan melumasi komponen yang ada di dalam mesin.

Pilihan Oli

Gunakan oli yang tepat seperti yang kita ketahui, banyak oli yang beredar luas di pasaran, dimana secara umum oli mesin memiliki fungsi sebagai pendingin suhu mesin, melindungi dan membersihkan komponen mesin.

Hanya gunakan oli mesin sesuai spesifikasi yang telah direkomendasikan pabrikan dan lakukan pula penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku manual atau buku service kendaraan.

BBM berkualitas

Gunakan bahan bakar yang berkualitas, seperti solar yang memiliki kadar CN (Cetane Number) tinggi atau yang kandungan sulfurnya lebih rendah.

Dimana, kandungan sulfur yang tinggi bisa merusak komponen injektor dan menyebabkan pembakaran jadi tak sempurna. Sebaliknya, kandungan sulfur yang rendah akan membuat emisi gas buang, filter solar , saluran bahan bakar, dan ruang bakar lebih bersih.

Ganti filter secara berkala

Dikarena filter bahan bakar bisa dipakai untuk menyaring kandungan solar yang kadang masih terdapat kandungan air atau kotoran sehingga penggantian filter bahan bakar memang harus dilakukan.

Proses pembakaran jadi tak sempurna dan besar kemungkinan mobil menjadi mogok, apabila kandungan air atau kotoran sampai masuk ke sistem pembakaran

Pastikan filter bahan bakar diganti sesuai dengan jadwal perawatan berkala sesuai pada buku manual atau buku service kendaraan, untuk menghindari kemungkinan adanya kandungan air atau pun kotoran pada diesel.

Selain mengganti filter bahan bakar, kendaraan mesin diesel juga harus dilakukanya perawatan terhadap filter udara. Proses pembakaran pada mesin yang sempurna dipengaruhi juga oleh faktor udara yang bersih. Kotoran atau debu yang ukurannya sangat kecil sering pula terbawa angin hingga masuk melalui pori-pori filter udara.

Kotoran dan debu yang masuk tersebut sangat mempengaruhi proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

Servis Rutin 

Lakukan perawatan atau service secara berkala, usahakan pula melalukan service dibengkel resmi. Hal tersebut dilakukan karena bengkel memiliki mekanik atau tenaga ahli yang dapat menangani berbagai masalah pada mobil anda serta dilengkapi pula dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here