Begini Seharusnya Posisi Kaki Saat Berkendara Yang Benar
Begini Seharusnya Posisi Kaki Saat Berkendara Yang Benar

Dengan berbagai transmisi matik dan juga manual saat ini banyak disediakan di pasaran sebagai pilihan. Tapi, tahukah anda bagaimana posisi kaki yang benar saat mengendarai mobil matik dan juga manual. Karena ada beberapa orang yang merasa bingung untuk meletakkan kaki pada saat menginjak pedal mobil.

Seperti yang kita ketahui jika mobil manual memiliki tiga pedan pada bagian bawah kaki yaitu kopling, rem dan juga gas. Membahas seputar posisi dari pedal, ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebagian pengendara seperti, meletakkan kaki kiri pada bagian kiri atas kopling

Norman Syam selaku Trainer dari ISDC (Indonesia Safety Driving Center) mengatakan jika kebiasaan dari meletakkan kaki kiri pada bagian atas koping itu salah. Karena dapat membuat pengendara reflek menginjakkan kopling saat dalam keadaan darurat.

Baca juga : Sepeda Motor Mendadak Mati Mesinnya, Dengan Gejala Seperti Kehabisan Bensin

Sedangkan posisi kaki pada mobil yang benar itu, disarankan agar kaki kiri tidak bergeser dari kopling yang mana hanya akan difungsikan untuk mengoperasikan kopling. Tapi juga tak harus menginjakkan kopling terus dengan istilah menggantung kopling, kopling akan menjadi aus atau slip jika hal tersebut terus dilakukan. Hal lain yang dikhawatirkan juga ketika menginjak rem, kopling ikut terinjak juga. Sedangkan untuk posisi kaki kanan berada diantara pedal gas dan juga rem (di tengah), apabila hendak melaju kaki tinggal menginjakkan gas dan jika ingin mengerem tinggal injak pedal rem.

Posisi Kaki Ketika Mengendarai Mobil Matic

Umumnya akan ada perasaan kaku saat mengendarai mobil matik bagi beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan mobil dengan transmisi manual. Dimana biasanya pengemudi menggunakan dua kaki untuk berkendara tapi saat menggunakan mobil matik hanya menggunakan satu kaki saja (kaki kanan).

Begini Posisi Kaki Kiri Yang Tepat Saat Mengemudikan Mobil Matik :

Letakkan Kaki Di Bagian Floor Board

Posisi yang tepat untuk kaki kiri saat mengendarai mobil matik yaitu dengan meletakkan kaki di bagian floor board. Posisi kaki yang pas dengan menekuknya kurang lebih 90 derajat dan pastikan kaki untuk tidak selonjoran agar posisi kaki kiri dalam keadaan siap.

Dari berbagai vendor yang memproduksi mobil matik flor board adalah salah satu bagian yang sering disediakan. Agar pengendara dapat merasa nyaman saat mengemudi, tempat tersebut pun dibuat khusus untuk meletakkan kaki.

Jangan Menekuk Kaki Lebih dari 90 Derajat

Mengapa posisi kaki tidak dianjurkan untuk ditekuk lebih dari 90 derajat, supaya saat berkendara pengemudi tetap aman. Meletakkan kaki kiri di mobil matik dengan sembarangan pada seluruh bagian mobil adalah hal yang harus di hindari.

Terlebih lagi jika hendak melakukan perjalanan jauh, apabila kaki terlalu ditekuk bisa mengganggu peredaran darah. Jika darah kurang lancar bisa menimbulkan rasa letih sehingga lebih mudah capek. Itu sebabnya mengapa sangat tidak dianjurkan untuk terlalu menekuk bagian kaki sebelah kiri ketika sedang mengendarai mobil matik.

Hal tersebut juga telah dijelaskan dalan peraturan safety riding, dimana tidak dianjurkannya untuk kaki kiri dalam mengambil tugas menekan atau menginjak pedal mobil. Jangan pula gunakan kaki kiri untuk menginjak rem karena kaki kiri tidak bisa berfungsi dengan seimbang sehingga tenaga yang dikeluarkan bisa berlebih.

Istirahatkan Kaki Kiri di Area Foot Rest

Ketika mengendarai mobil matik, sangat dianjurkan untuk membiarkan kaki kiri beristirahat pada area food rest. Apabila tak tersedia, biarkan saja kaki tetap di area pedal. Hal tersebut sebagai antisipasi apabila terjadi suatu keadaan yang memang mengharuskan  penggunaan kaki kiri saat mengemudi.

Pastinya anda bisa mendapatkan safety riding jika meletakkan kaki kiri di tempat yang benar-benar tepat, saat mengendarai mobil matik tak menjadi mudah lelah.

Seperti itulah posisi yang tepat jika berkendara baik menggunakan mobil dengan transmisi matik maupun manual. Dan semoga tips tersebut dapat membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here